5 Situs Penyimpanan Data Online Terbaik

0
5 Situs Penyimpanan Data Online Terbaik

Berbicara tentang situs penyimpanan data online, kita kenal ada dua jenis penyimpanan data online yaitu Cloud Storage dan File Sharing.a Keduanya sama-sama memberikan wadah bagi kamu yang ingin menyimpan data secara online serta membagikan file tersebut untuk umum maupun secara pribadi. Namun dibalik layanan yang mereka berikan, ada sedikit perbedaan diantara keduanya.

File Sharing memiliki ketentuan periode expired bagi data yang tersimpan di dalamnya, jadi jika file data yang kamu simpan tidak pernah digunakan (diunduh / diperbarui) dalam kurun waktu tertentu maka file tersebut akan dihapus oleh server. Berbeda dengan Cloud Storage, cloud storage tidak memiliki waktu kadaluarsa, jadi jika kamu menyimpan file data ke dalam cloud storage maka data tersebut akan tersimpan selamanya dan tidak akan hilang kecuali kalau dihapus.

Situs Penyimpanan Data Online Terbaik

Berikut ini ada 10 situs media penyimpanan data online terbaik. Situs apa saja? berikut ulasannya.

1. Dropbox

Dropbox dikenalkan pada public di tahun 2008 sebagai layanan penyimpanan data online berbasis web pertama di dunia. Drop box memberikan kapasitas 2 GB untuk pengguna secara cuma-Cuma, namun anda bisa mendapatkan lebih dengan menggunakan link referral.

Jika ada seorang pengguna yang mendaftar dari link referral yang anda bagikan maka anda akan mendapat 500 MB ruang kosong tambahan. Anda juga bisa mengumpulkan referral maksimal hingga sejumlah 16 GB.


2. One Drive

One Drive adalah salah satu situs penyimpanan data online yang dapat membantu anda menyimpan berbagai file, data dan dokumen apapun yang anda inginkan. Karena situs ini menyediakan kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar. Setiap akun gratis akan diberikan kapasitas ruang 15 GB sehingga anda dapat menyimpan dokumen, foto atau apapun yang anda ingin simpan disana.

One Drive juga memungkinkan anda untuk membuat, mengedit dan berbagi data secara online. Hanya saja kelemahan dari One Drive adalah cara berbagi file atau dokumen yang agak sedikit ribet dibanding cloud storage atau media penyimpanan online lainnya. Namun tidak ada salahnya jika situs ini menjadi pertimbangan anda.

Saat ini Onedrive sudah terintegrasi ddalam fitur Windows 10. Jadi sebagai pengguna windows 10 akan lebih mudah untuk menggunakan Onedrive.


3. Google Drive

Cloud Storage alternatif terbaik lainnya adalah Google Drive. Situs ini juga menawarkan 15GB ruang penyimpanan gratis atau tanpa biaya sepeserpun untuk anda. Namun hanya saja, kapasitas ruang ini akan dibagi antara akun Google Drive, Gmail dan Foto Google+ anda. Jika anda ingin memiliki ruang penyimpanan tambahan disana, anda dapat membelinya dengan biaya tambahan sendiri.

Saya sudah menjadi penggunan aktif Gmail selama kurang lebih 3 tahun, dan sampai sekarang kapasitas Google Drive akun saya masih 85%, itu artinya kapasitas 15GB bukanlah kapasitas yang kecil. Anda dapat menyimpan banyak file dan dokumen untuk dapat menghabiskan kapasitas penyimpanan gratis ini.


4. Box

Box.com juga menyediakan kapasitas ruang penyimpanan 10GB sebagai bentuk layanan gratisnya. Sehingga Box.com juga dapat menjadi alternatif cloud storage gratis yang wajib anda pertimbangkan. Situs Box.com memberikan fitur sinkronisasi yang sangat mudah, sehingga anda dapat mengakses file anda menggunakan tablet atau ponsel kesayangan anda dimana saja.

Kelemahan dari Box.com adalah pada ukuran file yang akan anda bagikan (share) terbatas maksimum 250MB. Jadi jika file anda melebihi kapasitas tersebut, maka anda harus membaginya menjadi beberapa partisi terlebih dahulu.


5. Mediafire

Mediafire adalah salah satu media penyimpanan data terbaik. di Mediafire anda juga bisa mendengarkan musik atau menonton video atau film yang kamu simpan di Mediafire. Anda bisa mengelompokkan tiap-tiap file menurut jenisnya ke dalam folder supaya bisa mempermudah pengaturannya. Mediafire hanya memberikan ruang kosong sebesar 200 MB. Jika anda ingin kapasitas yang lebih maka kamu harus mengupgrade nya menjad pro agar mendapat kapasitas hingga 4GB atau bisnis dengan jumlah 10GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here