Blogger Penebar Amal Jariyah dan Amal Shaleh

0
Blogger Penebar Amal Jariyah dan Amal Shaleh

Blogger Penebar Amal Jariyah – Menjadi seorang blogger itu memang menyenangkan walaupun kenyataanya sekarang masih banyak yang belum tau tentang blog.

Secara umum kegiatan ngeblog adalah berbagi. Hampir setiap saat jari jemari kita menari-nari diatas papan ketik untuk merangkai kata demi kata agar menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tapi sadarkah kita bahwa selain kita dapat berbagi, satu hal yang tidak disadari bahwa bukan saja dollar yang bisa kita dapatkan tetapi juga PAHALA yang yang berlipat ganda???

Mungkin fenomena ini juga terjadi pada anda. Disaat kita menulis artikel yang ada difikiran hanyalah Keyword, Anchor Text, Internal Link, dsb. Bagaimana agar blog kita SEO Friendly, dan selalu kita bersimpuh didepan Robot mesin pencari. Bukan tidak pernah, tetapi jarang difikiran kita bahwa berbagi adalah hal yang meraup Pahala yang tak terhingga.

Kalau bisa saya contohkan seperti ini. Misalkan anda menulis artikel “Cara mencuci tangan yang baik dan benar” kemudian datang satu orang pengunjung blog anda membaca artikel tersebut.

Disitulah anda mendapatkan pahala yang berlipat ganda sebagai ilmu bermanfaat yang diberikan kepada pengunjung blog anda. Kemudian pengunjung tadi membagikan kepada teman-temannya dimedia sosial seperti Facebook, Twitter, dll kemudian teman-temannya pun yang jumlahnya ribuan bahkan lebih dari itu membaca artikel anda dan hal itu terjadi seterusnya. Bisakah anda bayangkan seberapa besar pahala yang anda dapatkan. Subhannalllahhh…

Kegiatan ngeblog alias berbagi ini merupakan Amal Jariyah yang tidak kita sadari. Saya hanya berpegang pada sebuah hadist shahih yang diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah Shallallahualaihi wasallam bersabda :

Apabila seorang anak Adam meninggal dunia, maka akan terputuslah semua amalannya kecuali tiga perkara, yaitu :

  1. Shadaqoh jariyah atau Amal Jariyah
  2. Ilmu yang bermanfaat,
  3. Anak sholeh yang mendoakan kepadanya.

Untuk itu maka berbahagialah kita yang selalu memberikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain sebagai Amal Jariyah kita kelak. Sungguh mulia amalan seorang blogger jika dimanfaatkan untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat.

Tetaplah semangat berbagi sobat, tetaplah semangat berbuat kebajikan walau hanya dengan sebuah kata itu lebih baik daripada diam sama sekali karena setiap kebajikan yang kita perbuat kelak kita akan mendapat balasannya.

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Az-Zalzalah ayat 7-8:

Yang artinya:

“Dan barang-siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarah, niscaya ia akan menerima pahala-nya, dan barangsiapa yang melakukan keburukan sebesar biji zarah, niscaya ia akan menerima balasannya”(Q.S. Az-Zalzalah ayat 7-8).

Itulah yang bisa saya curhatkan kepada sobat semua. Mungkin saja sobat berfikiran kalau saya ini Ustadz atau sok Ustadz, tapi saya hanya sekedar mengingatkan sesama sobat blogger, bahwa mengingatkan sesama muslim itu lebih baik. Jadi jangan pernah berhenti menebarkan kebaikan dan berbuat amalan soleh sebagai penebar amal jariyah. Salam blogger.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here