Cara Daftar Google Analytics Untuk WordPress

0
cara-daftar-google-analytics

Cara Daftar Google Analytics – Sebagai blogger, anda harus tau cara daftar google analytics untuk mengetahui statistik pengunjung dengan lengkap. Untuk mendaftar di Google Analytics anda hanya perlu satu akun google saja.

Dikutip dari Wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.?Google Analytics ini punya kemampuan menelusuri data pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, yang datang dari berbagai sumber, termasuk dari mesin pencari milik Google sendiri hingga mesin pencari lain.

Google analytics sangat berguna bagi pemilik situs. Melalui akun google analytics anda bisa mengetahui seberapa banyak trafik dari sebua situs. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Kita juga bisa membandingkan trafik dari waktu ke waktu.

Google analytis juga bisa membantu pemilik situs untuk mengetahui seberapa cepat waktu loading perhalaman situs. Bisanya, semakin tinggi angka tersebut menunjukkan situs anda lambat diakses.

Selain berguna bagi pemilik situs, jika anda adalah seorang pengiklan, google analytics sangat berguna untuk menganalisa keberhasilan promosi anda. Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs anda, dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menentukan target pasar anda.

Banyak keuntungan yang didapatkan jika anda menggunakan google analytics. Sebenarnya masih banyak tools untuk mengetahui statistik sebuah situs. Tetapi, google analytics adalah tools gratis yang memberikan hasil yang lebih akurat dengan laporan segmen yang beragam.

Saat ini google analytics sudah menjadi bagian dari Google Marketing Platform bersama beberapa akun google lainnya. Google Marketing Platform adalah media iklan dan analisis yang memungkinkan kolaborasi lebih erat bagi tim pemasaran dengan berlandaskan pada integrasi yang ada antara DoubleClick dan Google Analytics 360 Suite.

Untuk lebih jelasanya apa itu Google Marketing Platform anda bisa membaca penjelasannya disini.

Cara Daftar Google Analytics

Jika anda ingin menggunakan google analytics, hal yang pertama tentunya anda harus tau cara daftar google analytics. Anda juga harus memiliki akun google, jika belum baca dulu cara membuat akun email di Gmail.

Untuk mendaftar google analytics, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Masuk ke situs Google Analytics
  • Klik Sign in to?Google Marketing Platform dan anda akan dibawa masuk ke halaman Google Marketing Platform.
  • Didalam halaman Google Marketing Platform, anda akan melihat beberapa tools marketing yang tergabung didalamnya, termask salah satunya adalah google analytics.
  • Pada deretan paling atas, pilih google analytics dan klik Siapkan.
  • Anda akan masuk ke halaman depan google analytics, selanjutnya pilih Pendaftaran.
  • Nah pada bagian ini, silahkan anda memilih untuk menggunakan google analytics untuk situs.

– Pada bagian nama akun, isikan nama akun anda misalnya bumianoa
– Pada bagian nama situs, isikan nama situs anda dengan benar, misalnya Diarytips.com
– Pada bagian URL, silahkan isi URL situs anda. Pilih juga protokol yang digunakan situs anda apakah HTTP atau HTTPS. Baca Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS.
– Bagian kategori industri, pilih salah satu, misalnya Kompuer dan Elektronik.
– Pada bagian Zona Waktu Pelaporan, sesuaikan dengan dimana lokasi anda.

Pada bagian Setelan Berbagi Data, jagan lupa centang saja semua pilihan yang tersedia.

  • Selanjutnya pada bagian bawah, klik Dapatkan ID Pelacakan
  • Jika perjanjian persyaratan layanan google analytics muncul, centang saja semua klom yang tersedia dan pada bagian bawah, klik Saya Setuju.
  • Sampai disini akun google analytics anda sudah jadi. Anda tinggal melengkapinya saja agar google analytics bisa bekerja dengan maksimal.
  • Google Analytics Anda akan memberika kode pelacakan yang harus di tempelkan ke situs anda.

Silahkan anda tempelkan kode pelacakan tersebut ke situs anda, bisanya di letakkan antara kode <head> dan </head>.

Bagi pengguna wordpress, kode pelacakan google analytics bisa anda tempelkan secara otomatis ke situs anda dengan menggunakan plugin?Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) yang bisa anda gunakan secara gratis.

Baca Juga: Apa Itu Google Adsense, Uang Online dari Blog

Itulah cara daftar google analytics dengan mudah. Sebenarnya tidak menghabiskan banyak jika anda sudah mengerti tentang cara daftar akun google analytics.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here