Home Umum Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11 di Prakerja.go.id

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11 di Prakerja.go.id

Cara daftar kartu prakerja gelombang 11 wajib diketahui jika anda ingin mendapatkan kartu prakerja melalui gelombang 11 yang rencananya akan dibuka pada November bulan depan.

Dikutip dari detik.com, pemerintah sudah berencana membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 11 pada akhir bulan Oktober ini. Namun, untuk embuka pendaftaran prakerja gelombang ke 11 masih harus menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

Berdasarkan informasi dari Komite Cipta Kerja, pelaksanaan program Prakerja hingga gelombang 9 sudah 373.745 ribu pendaftar yang dicabut kepersertaannya.

Baca Juga: Profil Nabila Syadza, Orator Cantik yang Viral Saat Demo UU Cipta Kerja

Artinya lebih dari 300 ribu orang tersebut sudah dipastikan masuk daftar hitam program Prakerja dan tidak akan bisa mengikuti program tersebut karena program Prakerja ini hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup oleh warga Indonesia yang memenuhi persyaratan.

Dari banyaknya pendaftar yang dicabut kepersertaanya sebagian besar disebabkan karena tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos sebagai peserta program Kartu Prakerja.

Meskipun sampai hari ini belum ada kepastian kapan pendaftaran prakerja gelombang ke 11 dibuka, tetapi anda tidak harus menunggu waktu tiba masa tiba akal.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar program prakerja agar memenuhi syarat yang dibutuhkan. Karena bisa jadi anda mendapatkan peluang untuk mengisi kepesertaan prakerja dari 300 ribu lebih pembatalan kepesertaan sebelumnya.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Apa saja syarat-syarat seseorang bisa mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja?

Mengutip laman resmi prakerja.go.id, beberapa syarat mengikuti program Kartu Prakerja:

  1. Calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal (Kuliah).

Dari syarat-syarat tersebut, pemerintah akan melakukan verifikasi data calon peserta terlebih dahulu sebelum memutuskan ke langkah selanjutnya.

Untuk mendaftar Prakerja peserta harus menyediakan Kartu Keluarga sebelum melakukan registrasi. Selain itu, karena semua data-data yang diinput merupakan privasi maka anda harus memberikan persetujuan terkait penggunaan data-data tersebut.

Selain tiga syarat diatas, Prakerja juga dibuka untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan.

Untuk bisa lulus dalam seleksi Kartu Prakerja, pastikan anda bisa lulus dari beberapa verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia sampai tes Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Berikut ini cara membuat akun prakerja gelombang 11 di situs prakerja.go.id.

  1. Buka situs prakerja.go.id.
  2. Masukkan nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru.
  3. Cek e-mail dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
  4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id.

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftar program Kartu Prakerja.

  1. Login akun yang sudah didaftar dengan Klik Daftar Kartu Prakerja.
  2. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamt tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP).
  3. Klik Selanjutnya.
  4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP yang dikirim melalui SMS
  5. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Siapkan alat tulis dan kerja bila diperlukan.
  6. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.
  7. Setelah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pelamar harus bisa melewati tahapan verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor HP, NIK, usia, riwayat pendidikan, sampai foto selfie yang telah dilakukan masing-masing peserta.

Pastikan semua data dan syarat foto selfie sudah memenuhi syarat sesuai imbauan dari tim penyelenggara Program Kartu Prakerja.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA