Cara Daftar Website Di Google Search Console

0
95
Cara Daftar Website Di Google Search Console

Mendaftarkan website di Google Search Console adalah salah satu cara agar cepat terindeks google. Mendaftarkan website ke google search console ini adalah salah satu teknik SEO yang paling utama. Agar situs muncul dihalaman google, perlu dilakukan pendaftaran di google search atau google webmaster tools.

Google search console adalah layanan baru google yang dulunya bernama google webmaster tools. Google search console ini adalah pengganti google webmaster tools, namun pada kenyataannya saat ini Google Search Console belum sepenuhnya terlihat menggantikan Google Webmaster Tools. Anda masih bisa menggunakan google webmaster tools meskipun hampir semua fiturnya sudah berada di dashboard google search console.

Apa itu Google Webmaster Tools / Google Search Console

Sebelum anda mendaftarkan website, perlu diketahui bahwa google search console adalah tools dari google pengganti google webmaster tools yaitu alat yang disediakan google bagi para pemilik situs untuk mengetahui bagaimana kinerja website mereka di mesin pencari Google.

Pada tampilan google search console, and akan melihat laporan dan data-data yang membantu pemilik website memahami dan mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah dalam perayapan. Google Search console juga akan membantu anda dalam meningkatkan tampilan situs menjadi AMP atau Mobile Friendly.

Baca Juga:
1. Cara Mengoptimalkan SEO pada WordPress
2. Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google
3. Sumber Lalu Lintas Traffic Situs WordPress

Alat google search console ini akan menampilkan kepada anda banyak hal terkait masalah situs. Mulai dari kata kunci yang membuat orang berkunjung ke situs anda, Jumlah klik pengunjung, dan seberapa banyak halaman situs yang terindeks dengan baik di google.

Jika pada saat google mengindeks situs anda dan terjadi kesalahan, google search console akan memberitahu anda beserta solusinya.

Alat ini juga akan menunjukkan kepada anda jika website anda Down atau tidak bisa diakses.

Untuk mengindeks halaman situs anda, google search console juga menyediakan fitur submit sitemap yang bisa memudahkan anda untuk mengirimkan semua artikel beserta halaman lain, kategori, tag, author, dll agar terindeks oleh google.

Semua fitur yang terdapat pada google search console ini akan menjadikan website anda sehat dimata google. Data-data yang ditampilkannya tentu sangat berguna anda tidak perlu melakukan analisa secara manual.

Baca Juga:
1. Cara Daftar Google Analytics Untuk WordPress
2. Apa Itu Bounce Rate Dalam Google Analytics
3. Niche Blog Terbaik Untuk Google Adsense

Google search console juga akan menampilkan seberapa banyak link yang menuju situs anda. Selain itu, jumlah domain yang melink situs anda tentu juga ditampilkan dengan lengkap. Hal ini akan menjadi panduan anda dalam menganalisa backlink untuk mendongkrak ranking situs di google search engine.

Cara Daftar Website Di Google Search Console

tambahkan properti

  • Anda kemudian akan diminta untuk menambahkan situs Anda dengan memasukkan URL-nya. Pada kolom Awalan URL, masukkan url situs anda dengan lengkap misalnya jika menggunakan HTTPS maka tuliskan https://www.situsanda.com.
  • Anda akan diberi kode verifikasi yang direkomendasikan, yaitu mengupload file HTML ke situs.
  • Tempat anda mengupload sebagaimana dimaksud diatas yaitu di lokasi folder Public_HTML. Silahkan anda upload menggunakan FileZilla atau langsung melalui cPanel File Manager.
  • Jika anda sudah melakukannya dengan benar, silahkan kembali ke google search console untuk melakukan verifikasi.
  • Jika berhasil anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

verifikasi

Penting !!!
Jangan menghapus kode html yang anda unggah tadi karena jika anda hapus maka status kepemilikan situs di google search console akan hilang.

Itulah Cara Daftar Website Di Google Search Console. Sebenarnya ada 5 cara untuk melakukan verifikasi kepemilikan situs di google search console. Namun agar lebih detail akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here