Home Blogging Wordpress Cara Install Theme di WordPress Self Hosting

Cara Install Theme di WordPress Self Hosting

66
0
Cara Install Theme di WordPress Self Hosting

Cara install theme di WordPress – Untuk menginstall theme atau tema di wordpress bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tentunya cara install theme di wordpress ini bisa anda praktekkan dengan mudah tanpa hambatan apapun. Anda hanya perlu memahami cara install theme agar tidak terjadi error saat melakukan instalasi theme wordpress.

WordPress adalah CMS yang banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan dalam mengaturnya. Misalnya, untuk mengatur tampilan situs agar seperti yang diinginkan, anda tinggal melakukan instalasi theme wordpress gratis maupun yang berbayar. Hal tersebut karena wordpress banyak didukung oleh theme gratis maupun theme berbayar jika anda menginginkan banyak fitur melimpah.

Untuk menggunakan theme gratis sangat mudah untuk menemukannya melalui library wordpress.org yang memang menyediakan banyak pilihan theme yang bisa langsung anda gunakan. Anda akan menemukan theme wordpress mulai yang terbaru sampai theme yang banyak digunakan pengguna wordpress di dunia.

Untuk anda yang menginginkan tampilan yang lebih professional, kumpulan theme premium sudah menanti anda di themeforest.net dan mythemeshop. Kedua situs tersebut sangat terkenal dengan kredibilitasnya untuk mendapatkan theme premium. Selain itu, harge theme premium disana sangat terjangkau dan seringkali juga mereka memberikan potongan harga yang jauh lebih murah pada waktu-waktu tertentu.

Baca: 5 Tema WordPress Premium Untuk Google Adsense

Ketika anda ingin menggunakan wordpress sebagai platform blogging, anda tidak perlu khawatir soal desainsitus anda nantinya. Anda bisa leluasa dalam menggunakan semua theme gratis dari wordpress.org maupun membeli theme premium dari situs penyedia theme premium yang banyak di internet. Karena sebagai CMS, banyak pengembang yang selalu membuat theme terbaru dengan mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Pada artikel kali ini saya asumsikan anda ingin mengganti tampilan situs anda dengan menggunakan theme yang di download dari wordpress.org ataupun theme premium yang telah anda beli melalui situs penyedia theme wordpress.

Untuk theme gratis ada dua pilihan, bisa anda mencarinya melalui halaman theme wordpress atau mendownload langsung dari wordpress.org.

Baca: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress (Panduan Lengkap Untuk Pemula)

Untuk panduan cara install theme di wordpress ikuti panduan berikut ini agar anda bisa memilih cara yang paling mudah menurut anda untuk menginstall theme wordpress.

Panduan Cara Install Theme atau Tema Baru di WordPress Self Hosting

Untuk menginstall theme wordpress ada 3 cara paling mudah, yaitu:

1. Install Theme WordPress Dari Dashboard WordPress

Cara ini adalah cara yang paling mudah bagi semua orang termasuk pengguna baru sekalipun. Seperti yang saya jelaskan diatas, ketika anda menggunakan wordpress self hosting, library theme sudah menyediakan banyak theme gratis yang siap anda gunakan.

Nah untuk menggunakannya, berikut panduannya.

1. Dari Dashboard Admin, pilih Appearance > Themes.
2. Pilih Add New di bagian atas.

add theme

3. Selanjutnya akan muncul beberapa tema wordpress yang berada di tab featured. Anda juga bisa mencari theme lainnya dengan mengklik tab Popular, Latest dan Favorites. Jika adna masih belum menemukan tema yang anda cari, gunakan fitur search untuk mencari theme berdasarkan nama theme.

upload theme

Untuk melakukan instalasi, arahkan kursor anda pada salah satu thumbnail theme yang ingin anda istall dan klik “Install“. Anda juga bisa memilih untuk pratinjau tampilannya sebelum anda memutuskan untuk menginstall theme tersebut.

2. Install Theme WordPress Dengan Cara Upload

Selain cara diatas, anda juga bisa menginstall theme wordpress dengan cara melakukan upload theme langsung dari dashboard wordpress.

Caranya sangat mudah, pastikan anda sudah memiliki file theme tersebut dengan format .zip.

Cara install theme dengan cara upload mirip dengan cara pertama, caranya:

  • Dari Dashboard Admin, pilih Appearance > Themes.
  • Pilih Add New di bagian atas.
  • Pilih Upload Theme
Cara Install Theme di WordPress Self Hosting
  • Pilih theme yang akan anda upload (file .zip)
  • Klik Install Now
  • Tunggu proses instalasi (tergantung kapasitas theme dan jaringan internet anda)
  • Jika sudah selesai, akan ada pemberitahuan “Theme Installed Succesfully”
  • Anda bisa langsung mengaktifkan theme tersebut, atau melakukan pratinjau dahulu.

Cara ini hanya tersedia bagi pengguna wordpress.org. Bagi anda yang menggunakan wordpress gratis di wordpress.com, maka fitus ini tidak tersedia.

2. Install Theme WordPress Menggunakan FTP Client

Cara ini tidak disarankan bagi pemula, tetapi jika anda ingin belajar ikuti panduan ini selengkapnya.

Untuk menggunakan cara ini, anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti FileZilla. Anda harus menginstall aplikasi FileZilla pada komputer anda dan login menggunakan akun FTP yang telah anda buat.

Jika anda pengguna cPanel, anda terlebih dahulu harus membuat akun FTP melalui Cpanel anda.

Cara membuat akun FTP, ikuti panduan berikut:

1. Login ke cPanel dengan user dan password yang diberikan penyedia hosting anda.
2. Dari tampilan cPanel, pilih FTP Account

Cara Install Theme di WordPress Self Hosting

3. Selanjutnya buat akun FTP

Cara Install Theme di WordPress Self Hosting

4. Jika akun FTP sudah siap, selanjutnya login menggunakan akun FTP tersebut pada aplikasi FileZilla.

Jika sudah terhubung, buka public_html/wp-content/themes/ dan upload folder theme anda disana.

File yang anda unggah adalah folder hasil unzip dari file theme yang akana anda unggah. Jika sudah selesai, silahkan kembali ke halaman appearance > themes dan aktifkan theme yang anda upload tadi.

Kesimpulan:

Dari beberapa cara diatas, kami sangat merekomendasikan anda menggunakan cara pertama dan kedua agar tidak membuat anda kebingungan. Cara upload themes menggunakan FTP banyak digunakan bagi pengguna wordpress yang menggunakan VPS tanpa panel untuk mengupload file. Anda juga bisa langsung mengupload file melalui cPanel jika anda menggunakan cPanel melalui File Manager.

Demikianlah cara install theme di wordpress, semoga bermanfaat.

Leave a Reply