Cara Install Themes WordPress Dengan Mudah

0
15
Cara Install Themes Wordpress Dengan Mudah

Cara install themes di wordpress – Menginstall themes atau tema di wordpress biasa dilakukan ketika selesai melakukan instalasi wordpress. Setidaknya ada 3 cara install themes wordpress dengan mudah yang bisa kita lakukan.

Membuat website dengan menggunakan wordpress adalah alasan yang sangat tepat karena anda tidak perlu khawatir tentang themes atau tema yang akan anda gunakan.

Untuk lebih mengetahui mengapa harus menggunakan wordpress, baca artikel tentang Alasan Menggunakan WordPress Bagi Pemilik Situs.

WordPress adalah salah satu CMS yang menyediakan banyak themes baik itu gratisan yang terdapat di library wordpress.org maupun themes berbayar yang banyak dikembangkan oleh para pengembang wordpress.

Sebenarnya, tanpa harus membeli tema premium pun anda sudah bisa menggunakan wordpress dengan optimal, tetapi selera masing masing pemilik situs tentunya berbeda.

Dengan banyaknya themes gratis yang tersedia di wordpress tentu hal ini menjadi kemudahan bagi pengguna wordpress dalam mengembangkan situsnya karena lebih leluasa dalam memilih dan menentukan themes apa yang mereka akan gunakan sesuai dengan tema dan niche blog mereka.

Jika anda pengguna wordpress yang kurang menyukai themes gratisan karena mungkin fiturnya kurang lengkap atau tampilannya kurang menyenangkan, anda bisa mencari themes premium yang banyak tersedia seperti di themeforest atau banyak juga di mythemeshop.

Themes yang tersedia pada themeforest maupun mythemeshop adalah tema yang telah dibuat oleh para pengembang wordpress. Tampilan themes disitus tersebut memang sangat keren dan menarik untu dimiliki.

Jika anda memiliki budget yang cukup, saya sarankan untuk membeli themes premium karena akan menambah tampilan situs anda semakin menarik. Tentunya juga membuat situs anda lebih dari pada yang lain.

Cara Install Themes di WordPress

Biasanya, cara install themes di wordpress dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

  1. Install Themes WordPress Melalui Dashboard WordPress
  2. Install Themes WordPress Secara Manual
  3. Install Themes WordPress Mengunakan FTP

Pada pembahasan kali ini, saya ingin menjelaskan tentang Cara Install Themes WordPress tersebut diatas. Anda bisa menggunakan salah satu cara dibawah ini untuk menginstall themes anda.

1. Melalui Dashboard WordPress

Cara install themes wordpress melalui dashboard wordpress adalah cara yang paling mudah dilakukan. Anda tidak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketika untuk mengupload themes wordpress anda.

Bisa dikatakan bahwa hampir semua pemilik situs menggunakan cara ini karena lebih simple dan langsung terkoneksi dengan ratusan themes dari library wordpress.org. Kita tinggal mencari themes yang kita inginkan sesuai kebutuhan kemudian langsung menginstallnya.

Dalam menggunakan cara ini, anda tinggal login ke dashboard wordpress, kemudian masuk ke menu Appearance > Themes. Selanjutnya klik Add New yang berada pada bagian kiri atas. Anda akan masuk ke library themes wordpress.org dan melihat banyak themes gratis disana.

Themes akan ditampilkan dalam menu featured, popular, latest, dan favorites. Selain itu, terdapat juga feature filter yang dapat anda gunakan untuk mencari themes sesuai keinginan anda.

Silahkan anda mencari themes sesuai dengan keinginan anda, pastikan themes tersebut telah anda preview sebelumnya. Jika sudah yakin, klik Install.

Jika themes tersebut telah terinstal, anda tinggal mengklik aktifkan jika anda ingin mengaktifkan themes tersebut.

2. Install Secara Manual

Cara install themes wordpress secara manual adalah cara install themes wordpress dengan cara upload. Cara ini mirip dengan cara yang pertama, hanya saja pada cara yang pertama setelah anda mengkilk Add New, maka akan ada tombol upload theme pada bagian kanan atas.

Nah penggunaan cara install themes wordpress secara manual ini dilakukan jika tehems tersebut anda download, baik itu themes gratis maupun themes berbayar. File yang akan diupload adalah file yang berekstensi ZIP.

Untuk menggunakannya, klik Upload theme, Pilih File, kemudian upload. Setelah berhasil anda akan diberikan tiga link pilihan yaitu, activate, live preview, dan?Return to Theme Installer.

Untuk mengaktifkannya, klik link activete dan themes tersebut akan tampil di situs anda.

3. Mengunakan FTP

Cara Install Themes WordPress Mengunakan FTP sedikit rumit karena melibatkan aplikasi lain. Diperlukan keahlian khusus untuk menggunakan cara ini karena jika salah penempatan maka themes tersebut tidak akan berfungsi.

Tetapi saya yakin bahwa dengan melakukan cara ini maka akan meningkatkan pengalaman anda dalam mengelola website.

Jika anda menggunakan webuzo panel dalam mengelola wordpress anda cara yang ke tiga ini lebih mudah lagi karena di webuso panel terdapat File Manager yang bisa anda gunakan untuk menggunggah file-file wordpress anda melalui akun FTP. Jika anda tertarik menggunakan Webuzo panel, silahkan baca artikel tentang Cara Install Webuzo di VPS CentOS 7.

Untuk melakukannya, gunakan softwere FTP Client seperti FileZilla atau bisa juga winSCP. Saya anggap anda sudah memiliki salah satu softwere tersebut, misalnya FileZilla.

Caranya, silahkan login ke Filezilla dengan akun FTP anda. Jika belum atau apa itu akun FTP, silahkan minta ke penyedia hosting anda. Jika anda menggunakan VPS, maka anda dapat mengakses FileZilla dengan menggunakan Ip adress dan password root anda.

Jika sudah login, cari folder Public_HTML > wp-content > themes. Silahkan anda unggah file themes wordpress anda di folder themes. File yang anda unggah adalah file yang telah diekstrak dari ZIP.

Jika sudah berhasil, anda masuk lagi ke dashboard wordpress di bagian appearance > themes. Disana akan ada themes yang baru saja anda unggah tadi. Untuk mengaktifkannya, klik preview dan activate. Selesai.

Jika anda menggunakan VPS dan Webuzo Panel, anda dapat mengupload Theme di menu aplikasi explorer webuzo, kemudian mengekstrak file tersebut disana. Cara ini mirip dengan menginstal themes wordpress menggunakan FTP, hanya saja ketika anda menggunakan FTP berarti anda perlu aplikasi tambahan untuk melakukannya.

Itulah cara install themes wordpress yang bisa anda lakukan dengan mudah. Saya sarankan untuk menggunakan cara yang pertama atau yang ke dua jika anda belum terbiasa mengutak-atik file wordpress anda menggunakan FTP. Jika anda memiliki pertanyaan, jangan lupa sampaikan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here