Cara Install Webuzo di VPS CentOS 7

0
Cara Install Webuzo di VPS CentOS 7

Cara Install Webuzo di VPS CentOS 7 – Cara Install Webuzo Panel di VPS CentOS 7 Webuzo tersedia bagi linux centos 7. Webuzo adalah singkatnya dapat digambarkan sebagai panel kontrol hosting single user cocok untuk Dedicated atau Virtual Private Server (VPS).

Namun, kontrol panel keren ini juga menyebarkan-bisa di lingkungan awan. Webuzo dapat dengan mudah diinstal pada server virtual Anda.

Hal ini kompatibel dengan server virtual didukung oleh Xen PV atau HVM, KVM, OpenVZ, dll Webuzo memiliki begitu banyak pengguna dan penggemar di luar sana karena user interface yang mudah digunakan dan ramping. Hal ini seperti cPanel tanpa WHM.

Tidak seperti panel gratis yang lainnya, webuzo adalah satu-satunya panel gratis yang menyediakan fitur yang super lengkap dengan pelayanan kelas premium yang super mewah dan super simple.

Dengan webuzo, anda tidak perlu repot-repot mengetikan berbagai macam command untuk mengaktifkan atau menginstall aplikasi yang mendukung kebutuhan server anda.

Hal ini disebabkan karena webuzo adalah panel yang sudah terintergrasi secara otomatis dengan layanan softaculous. Sebelum anda pelajari cara install webuzo di vps centos 7, sebaiknya anda perhatikan persyaratan berikut terlebih dahulu :

  • Gunakan VPS yang fresh, Jika vps sudah terinstall banyak aplikasi seperti mysql, php, nginx dan lain-lain sebaiknya reinstall saja.
  • Gunakan Centos versi 5 ke atas.
  • RAM minimal 512MB, lebih baik 1GB ke atas.
  • Disk minimal 5GB, lebih dari itu sangat disarankan.

Adapun cara install webuzo di centos 7 langkah langkahnya sebagai berikut.

  • Gunakan Putty. Pastikan anda sudah mendownload putty disini
  • Buka Putty, kemudian login SSH menggunakan username dan password yang anda dapatkan dari provider VPS yang anda gunakan.
  • Masukan command berikut satu persatu :
wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
chmod 0755 install.sh
./install.sh

Setelah itu anda akan melihat tampilan instalasi webuzo di putty. Lamanya proses instalasi tersebut tergantung dari kecepatan internet anda.

  • Jika sudah selesai, Cara Install Webuzo selanjutnya adalah buka browser anda dan ketikan IP_VPS_Anda:2004, isi data yang diminta seperti berikut ini :

User name : Isi dengan user name yang akan anda buat.
Email Address : Masukan alamat email anda.
Password : Masukan password yang akan anda gunakan.
Re-enter Password :Masukan kembali password anda.
Primary Domain : Masukan domain anda disini. Jika tidak ada, anda bisa ganti dengan IP Vps anda.
Nameserver1 : Isi dengan primary name server anda, seperti ns1.domainanda.com. Jika tidak ada boleh diisi dengan ns1.example.com.
Nameserver2 : Isi dengan secondary name server anda, seperti ns2, domainanda.com. Jika tidak ada boleh diisi dengan ns2.example.com.
Licensi-Key :Jika anda mempunyai lisensi premium silakan masukan disini, jika tidak ada biarkan saja.

Klik install dan tunggu hingga selesai.

  • Cara Install Webuzo selanjutnya anda bisa login ke panel apps webuzo anda dengan mengetikan IP_VPS_Anda:2002 pada browser anda, masukan user dan password yang tadi sudah anda buat.
  • Cara Install Webuzo selanjutnya adalah login ke admin panel. Untuk login ke admin panel, silahkan ketik IP_VPS_Anda:2004 pada browser anda dengan memasukan user dan password yang sama. Pada setting->general, silahkan anda ceklist di kotak Is VPS.
install-webuzo-centos-7

Sampai disini webuzo panel anda sudah siap digunakan.

Baca Juga:
1. Cara Melihat Riwayat Login di VPS Linux
2. Cara Menghubungkan Domain dengan VPS VULTR
3. Cara Membuat Swap File di Centos 7 Untuk Back Up RAM
4. Inilah 5 Persepsi yang Salah Tentang Cloud Server
5. Cara Backup Database MySQL WordPress Melalui SSH

Itulah Cara Install Webuzo di Centos 7 secara mudah. Silahkan dipraktekkan langsung semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here