Home Sosial Media Cara Logout Akun WhatsApp Dengan Cepat

Cara Logout Akun WhatsApp Dengan Cepat

Bagaimana cara logout dari akun whatsapp? Banyak pengguna whatsapp yang jarang logout akun ketika membuka aplikasi whatsapp dari perangkat lain. Sebenarnya, cara logout di whatsapp sudah tersedia jika ingin logout dari whatsapp web hanya saja pengguna jarang menggunakan fitur tersebut

Logout dari akun whatsapp artinya mengeluarkan akun whatsapp dari perangkat lain. Misalnya, saya menggunakan whatsapp di Hp, kemudian saya juga buka whatsapp web di laptop. Maka setelah menggunakan whatsapp web di laptop saya harus logout whatsapp dari whatsapp web tersebut agar tidak disalah gunakan oleh orang lain.

Baca: Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Selain itu, cara logout di whatsapp juga bisa dilakukan jika pengguna ingin memindahkan akunnya dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain. Misalnya, saya menggunakan whatsapp di Hp lama, kemudian saya ingin memindahkan akun whatsapp ke hp baru, maka pengguna harus logout akun WA terlebih dahulu dari Hp yang lama.

Baca: Cara Merekam Video Call WhatsApp

Hal itu dilakukan agar whatsapp bisa terbuka pada hp baru. Jika tidak logout maka whatsapp akan mendeteksi bahwa akun anda masih aktif pada perangkat yang lama.

Cara logout akun WA juga sering digunakan juka pengguna ganti nomor dan tetap menggunakan whatsapp pada perangkat yang sama. Otomatis, akun whatsapp lama harus di logout terlebih dahulu sebelum menggunakan whatsapp dengan nomor baru.

Mengingat cara logout di whatsapp itu sangat penting, sebaiknya para pengguna whatsapp mengetahui bagaimana cara logout akun WA. Fitur logout pada versi terbaru aplikasi whatsapp hanya berguna untuk mengeluarkan whatsapp web yang terbuka, bukan untuk ganti akun atau ganti nomor baru.

Jadi agar lebih dipahami, pengguna juga harus mengetahui apa saja yang perlu dilakukan sebelum logout dari WA agar semua riwayat chattingan tidak hilang begitu saja.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, ada dua alasan mengapa logout yang sering dilakukan. Salah satunya adalah logout karena ingin pindah perangkat atau ganti HP.

Persiapan Sebelum Logout Akun WhatsApp

Sebelum logout, lakukan persiapan berikut ini agar riwayat chattingan anda tidak hilang.

1. Pastikan Nomor HP Aktif

Pertama pastikan nomor HP yang digunakan pada akun whatsapp masih aktif. Nomor Hp ini akan kita gunakan untuk login ke akun whatsapp dengan melakukan verifikasi.

2. Cadangkan (Back Up) Riwayat Chat dan Data Penting ke Google Drive

Whatsapp membutuhkan google drive untuk mencadangkan riwayat chat dan data-data penting lainnya. Maka sebelum melakukan itu, anda harus menghubungkan akun whatsapp dengan akun google yang ada di perangkat.

Baca: Cara Menggunakan Google Drive

Mencadangkan riwayat chatting wajib dilakukan agar anda tidak kehilangan data-data penting yang ada pada riwayat chat sebelumnya.

Dengan logout dari akun whatsapp tentu akan menghapus riwayat chat yang ada pada perangkat tersebut. Untuk itu, pentingnya mencadangkan data whatsapp supaya bisa dipulihkan kembali (restore).

Cara mencadangkan (Back Up) riwayat chat whatsapp:

cadangkan-chat-whatsapp
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Buka Setelan melalui icon titik tiga pojok kanan atas
  • Pilh menu Chat
  • Pilih Cadangan Chat
  • Pada Setelan Google Drive, pilih akun google yang akan digunakan
  • Tekan tombol “Cadangkan” untuk mulai mencadangkan ke Google Drive

Dengan mencadangkan riwayat chat anda tidak akan kehilangan data-data whatsapp sebelumnya. File backup whatsapp akan tersinpan kedalam google drive secara terenkripsi

Cara Logout dari Akun Whatsapp

Cara logout di akun whatsapp sangat mudah. Tentunya anda tidak harus menghapus akun whatsapp yang aktif. Nah berikut ini cara logout akun whatsapp.

1. Clear Cache Whatsapp

Clear cache whatsapp dilakukan untuk menghapus data-data sampah yang tersimpan pada aplikasi whatsapp. Tentunya data-data yang tersimpan tersebut berupa data-data akun anda yang perlu dihapus sebelum anda logout.

Berikut cara clear cache whatsapp.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Manajemen Aplikasi
  • Pilih aplikasi Whatsapp
  • Ketuk tombol Paksa Berhenti
  • Lalu lakukan Clear Cache
  • Lalu lakukan Clear Data
cara-logout-akun-whatsapp

Setelah anda melakukan clear cache, selanjutnya silahkan buka aplikasi whatsapp kembali. Anda akan melihat akun whatsapp dalam keadaan kosong tanpa data-data seperti pada saat baru pertama kali diinstall.

Anda bisa login kembali menggunakan akun whatsapp yang sama atau login menggunakan akun whatsapp yang lain.

2. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Anda juga bisa menginstall ulang aplikasi whatsapp jika dirasa perlu. Anda bisa melewati cara nomor 1 diatas jika ingin melakukan instalasi ulang aplikasi whatsapp.

Baca: Cara Membuka Banyak Akun WhatsApp Dengan Aplikasi Franz 5

Secara otomatis data-data whatsapp sebelumnya akan terhapus digantikan dengan data-data whatsapp yang baru alias masih kosong.

Untuk melakukan instalasi ulang whatsapp, anda bisa menghapusnya terlebih dahulu melalui cara diatas, tinggal selanjutnya tekan tombol hapus aplikasi.

Cara install ulang aplikasi WhatsApp:

uninstall-whatsapp
  • Buka Playstore
  • Cari WhatsApp lalu Uninstall
  • Setelah diuninstall (dihapus), Download dan Install kembali seperti biasa.

3. Cara Logout dari WhatsApp Web

Cara logout dari whatsapp web berbeda dengan cara logout diatas. Khusus untuk whatsapp web, fitur logout sudah tersedia pada akun whatsapp di HP. Jadi untuk melakukannya sangat mudah.

cara-logout-whatsapp-web
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih WhatsApp Web
  • Pilih Keluar Dari Semua Perangkat
  • Cek browser atau WA Desktop untuk memastikan WA Web sudah logout.

Cara Restore Riwayat Chat Dari Akun WhatsApp Lama

Pengguna whatsapp bisa mengembalikan riwayat chat sebelumnya tanpa kehilangan satupun data-data riwayat chat lama. Nah untuk melakukan ini, pengguna perlu Restore Data Cadangan Whatsapp.

Biasanya jika pengguna login pada aplikasi whatsapp baru dengan nomor yang sama, whatsapp akan mendeteksi otomatis apakah ada data cadangan yang tersimpan sebelumnya. Pengguna bisa memilih untuk langsung restore atau tidak. Jika tidak, pengguna bisa melakukannya melalui menu Chat.

Baca: Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Tidak Bisa Login

Cara Restore Riwayat Chat Whatsapp:

  • Buka Aplikasi Whatsapp
  • Buka Menu Setelan
  • Pilih Restore
  • Selesai

Whatsapp akan terlebih dahulu mengembalikan semua isi chat. Adapun media yang terikut pada pencadangan tersebut akan direstore setelahnya.

Kesimpulan:

Cara logout dari akun whatsapp sangat mudah. Whatsapp sudah dilengkapi fitur logout yang bisa digunakan jika pengguna ingin logout pada whatsapp web. Adapun jika pengguna ingin logout dari akun whatsapp karena ganti nomor atau ganti Hp misalnya, disarankan agar pengguna melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak kehilangan data-data penting dari riwayat chat sebelumnya.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA