Cara Melihat Riwayat Login di VPS Linux

0
169
Cara Melihat Riwayat Login di VPS Linux

Cara Melihat Riwayat Login di VPS Linux – VPS Linux selalu menyimpan riwayat login pengguna melalui Terminal atau SSH. Bisa dikatakan bahwa semua aktivitas pengguna di server linux selalu terrekam dan tersimpan dengan aman.

Anda sewaktu-waktu bisa menampilkan dan melihat riwayat login yang telah tersimpan dalam vps linux.?Sistem operasi linux telah dilengkapi dengan sistem logging.

Sistem tersebut akan mencatat siapa saja yang telah login ke server kita. Proses logging tidak terbatas pada protocol SSH saja, tetapi juga berlaku untuk protocol lain seperti PPTP VPN, SFTP, Dan sebagainya.

Data yang dicatat oleh OS pun dapat dikatakan cukup lengkap. Data tersebut meliputi username, protocol, IP Address, tanggal & waktu akses.

Melihat riwayat login server adalah salah satu cara untuk tetap memantau keamanan server anda. Karena apa jadinya jika ada seseorang yang berniat jahat telah mengakses server anda, maka tentu hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi pada website anda.

Walaupun anda telah menerapkan?Cara Ampuh Mengamankan WordPress Dari Hacker?dan Mengamankan Wp-login dan Wp-admin tetapi kalau server sudah diakses oleh pihak lain maka bisa dipastikan pada akhirnya situs anda akan diobrak abrik.

Nah artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara melihat riwayat login di VPS Linux. Untuk mengakses server VPS, anda bisa mengunakan softwere putty.

Melihat User Yang Berhasil Login ke Server

Untuk melihat riwayat user yang berhasil login ke server, anda tinggal menjalankan perintah berikut ini.

last

Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

last-login

Gambar diatas menampilkan daftar user yang telah berhasil login ke dalam server Anda. Di sana terdapat informasi mengenai username, protocol, IP address dan waktu akses.

Melihat User Yang Gagal Login ke Server

User yang gagal login ke server bisa anda lihat dengan perintah berikut ini.

lastb

Gambar diatas menampilkan ada dua kali usaha untuk mengakses server tersebut. Biasanya, jika umur vps anda sudah lama maka jumlah user yang gagal login biasanya sangat banyak sekali.

Hal ini perlu menjadi perhatian khusus jika Anda adalah pemilik server. Karena bisa jadi server Anda sedang jadi serangan brute-force oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab. Salah satu cara untuk menghindari serangan brute force adalah dengan mengganti port SSH linux.

Melihat Daftar User SSH & Waktu Akses Terakhir

Nah untuk melihat daftar user SSH dan waktu akses terakhir anda tinggal menjalankan perintah berikut ini.

lastlog

Di Screenshot terlihat bahwa user SSH yang terakhir digunakan adalah user root & laptop. Karena memang saya menggunakan dua user itu untuk login ke server saya. Sedangkan user-user lainnya adalah user sistem, sehingga statusnya tidak pernah login.

Itulah Cara Melihat Riwayat Login di VPS Linux. Semoga tutorial ini dapat menambah wawasan Anda mengenai VPS linux. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat menjadi lebih waspada dalam menjaga dan meningkatkan keamanan server Anda.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Anda juga bisa request artikel melalui form yang sudah kami sediakan melalui halaman?kontak. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.