Cara Membatasi Pengguna WiFi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah dilakukan. Cara Membatasi Pengguna WiFi tidak perlu menggunakan aplikasi lain atau software pihak ketiga untuk bisa mengurangi pemakai pengguna jaringan wifi dirumah anda. Hanya dengan melakukan pengaturan router anda bisa membatasi jumlah pengguna wifi dengan ampuh.

Membatasi jumlah pengguna wifi perlu dilakukan untuk mengurangi penggunaan bandwidth jaringan internet anda. Karena meskipun anda berlangganan paket Indihome 100 Mbps tapi jika banyak pengguna hasilnya akan menyebabkan koneksi yang sangat lambat.

Selain itu, membatasi pengguna WIFI juga sangat ampuh untuk mengontrol penggunaan kuota diatas ketentuan untuk menghindari penurunan kecepatan akibat kebijakan Fair Usage Policy (FUP). Layanan internet indihome memang layanan internet yang banyak digunakan oleh banyak orang karena layanan internet indohome dikenal cepat dan stabil setelah menggunakan kabel Fiber Optik sebagai jaringan penghubungnya.

Memang pada dasarnya mengurangi pengguna wifi bukan sebuah cara yang sangat kebal trik apapun, namun sebagai langkah pertama cara mengurangi pengguna WIFI ini sangat cocok membuat pengguna geleng-geleng kepala.

Router yang digunakan pada internet Indihome rumahan sudah dilengkapi dengan menu security yang bisa anda atur seketat mungkin untuk menghindari pengguna jaringan wifi yang tidak anda kenal. Lain halnya kalau anda menggunakan jaringan WIFI untuk berbisnis seperti warkop, cafe, dll. Cara membatasi pengguna wifi kurang tepat anda terapkan karena bisa berimbas pada kunjungan bisnis anda.

Saat menerapkan cara membatasi pengguna wifi, kami menggunakan router Fiberhome. Nah untuk itulah artikel disini kami menggunakan router yang sama sebagai bahan tutorial.

Bagi anda yang menggunakan router yang berbeda, bisa saja letak menu atau pengaturannya berbeda dengan router Fiberhome namun jika anda bisa mengerti dan menganalisa masing-masing fungsi pada router anda, cara membatasi pengguna wifi ini bisa juga anda terapkan.

Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome

Untuk membatasi pengguna WIFI Indihome di router Fiberhome, berikut caranya.

1. Login ke Router Fiberhome

Biasanya untuk mengakses router anda harus menuliskan IP Adress pada browser. Untuk router Fiberhome, secara default IP Adress yang digunakan adalah 192.168.1.1.

2. Akses Menu Network Router FiberHome

Setelah anda berhasil mengakses router, anda akan melihat beberapa deretan menu, diantaranya, Status, Network, Security, Application, dan Management.

Untuk membatasi pengguna WIFI, buka menu Network > WIFI Control > Number of WIFI Connections.

Anda akan melihat kolom SSID yang sedang aktif. Secara default, SSID yang aktif pada router adalah SSID1. Isikan berapa perangkat yang anda izinkan untuk mengakses WIFI anda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini.

membatasi pengguna WIFI

3. Ganti Pengaturan DHCP End IP

Masih di menu Network, Pilih LAN Settings yang berada di deretan menu WIFI Control. Anda akan melihat kolom DHCP setting yang berfungsi untuk mengonfigurasi parameter jaringan.

Agar cara nomer 2 diatas bisa maksimal, gantilah settingan DHCP Service pada kolom DHCP End IP.

Misalnya anda mengizinkan perangkat yang terkoneksi adalah 10 perangkat. Maka untuk DHCP End IP tambahkan angka 11 diujungnya. Kenapa harus 11, karena DHCP Start IP selalu dimulai dari angka 2.

Jadi, jika sebelumnya DHCP End IP anda adalah 192.168.1.2, untuk membatasi pengguna wifi tambahkan angka 11 diujung DHCP End IP sehingga menjadi 192.168.1.211.

Lihat gambar dibawah ini.

membatasi pengguna WIFI

Misalnya lagi anda hanya mengizinkan 5 perangkat yang bisa konek ke jaringan anda, maka DHCP End IP harus anda isi dengan angka 6 diujungnya.

Jika sudah selesai, jangan lupa klik “Apply“.

4. Reboot Router FiberHome Anda

Jika belum berfungsi, silahkan Reboot router dengan cara remote acces dari browser anda. Caranya buka menu Management > Device Reboot > Reboot. Anda akan disconnect dan bisa anda reconnect kembali jika router sudah kembali aktif dengan sendirinya.

membatasi pengguna wifi

Sampai disini, cara membataasi pengguna wifi sudah selesai.

Kesimpulan

Anda perlu menerapkan cara ini jika koneksi internet anda kurang cepat karena anda mendeteksi terlalu banyak pengguna yang terkoneksi dengan jaringan anda. hal in juga untuk menghindari kerugian berlangganan internet Indihome, bahwa anda yang berlangganan namun orang lain yang menggunakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here