Home Internet Indihome Cara Memblokir Pengguna Wifi Indihome

Cara Memblokir Pengguna Wifi Indihome

Memblokir pengguna Wifi yang tidak dikenal perlu dilakukan untuk menghemat bandwidth internet serta keamanan akses router.

Cara memblokir pengguna WiFi adalah salah satu cara membatasi pengguna wifi yang tidak diizinkan. Sebagai pengguna Indihome, cara blokir pengguna atau pencuri wifi merupakan salah satu cara menghemat bandwidth internet. Tanpa disadari, terkadang banyak pengguna yang mencuri kata sandi wifi untuk bisa terhubung dengan jaringan wifi anda dirumah.

Cara memblokir pengguna WiFi Indihome sangat mudah apalagi semua router yang disediakan pihak Telkom sangat ampuh untuk memblokir pencuri wifi. Hanya saja terkadang pemilik wifi belum tau bagaimana cara blokir pengguna wifi yang tidak diizinkan terhubung dengan jaringan internet anda.

Ketika password wifi anda diketahui orang, maka ini adalah jalan mulus bagi mereka untuk terhubung dengan jaringan internet anda. Meskipun kata sandi tersebut selalu diganti secara berkala, namun selalu ada celah bagi peretas yang mencoba mencari password wifi anda dengan berbagai cara.

Parahnya, jika para pencuri wifi tersebut mengambil alih router yang anda miliki dirumah sehingga bisa saja mereka yang mengubah kata sandi wifi anda. Dampaknya anda sendiri yang tidak akan bisa lagi terhubung dengan jaringan internet.

Apalagi router milik Indihome saat ini bisa dibilang memiliki banyak fitur yang berguna. Misalnya saja, router Fiberhome yang bisa di akses dari jarak jauh menggunakan jaringan internet seluler.

Baca: Cara Remote Router Fiberhome Agar Bisa di Akses Dari Jarak Jauh

Banyaknya pengguna wifi yang terhubung bisa membuat koneksi internet anda menjadi lambat. Bayangkan saja jika anda berlangganan Indihome 10 Mbps tetapi penggunanya sampai puluhan orang, sama halnya anda tidak menggunakan jaringan wifi. Artinya, meskipun terhubung ke jaringan wifi tetapi koneksi yang anda dapatkan sangat lambat.

Baca: Cara Pasang Wifi Indihome Dengan Sistem Deposit

Walaupun sebenarnya tindakan mencuri WiFi adalah perbuatan tidak baik, namun kenyataannya masih ada juga yang berniat menggunakan jaringan internet gratisan. Karena dimana-mana, yang namanya gratis pasti lebih menyenangkan.

Nah sebagai pemilik WiFi, anda harus mengetahui bagaimana cara memblokir pengguna wifi Indihome dirumah. Karena bisa saja tetangga anda ikut menikmati jaringan gratis yang tagihan bulanannya hanya anda sendiri yang bayar.

Cara Memblokir Pengguna WiFi Indihome Tanpa Aplikasi

1. Akses Router Sebagai Admin

Cara memblokir pengguna wifi yang tidak diizinkan, kita akan melakukannya melalui router indihome yang ada dirumah. Untuk artikel ini saya mencontohkan pada router Fiberhome. Namun anda harus bisa login ke router sebagai admin.

Jika anda tidak tau password admin router fiberhome, silahkan baca artikel Password Admin FiberHome Terbaru Modem GPON HG6243C.

Jika anda pengguna router ZTE, baca artikel Password Admin ZTE F660/F609 Terbaru.

Selanjutnya, login ke router Fiberhome anda.

Login Fiberhome

2. Cari MAC Address Pengguna Wifi

Untuk memblokir pengguna wifi, anda harus mengetahui MAC Address perangkat yang digunakannya, misalnya MAC Address HP, atau laptop.

Jika anda sudah mengetahui MAC Address perangkatnya, maka sangat mudah bagi anda untuk memblokir pengguna tersebut bahkan sampai selama-lamanya.

Untuk mengetahu MAC Address, anda bisa menggunakan aplikasi WiFi Thief Detector di android. Namun jika tidak, anda bisa langsung mengetahui MAC Address dari semua perangkat yang sedang terhubung ke jaringan anda langsung melalui router.

Cara ini saya contohkan pada router Fiberhome. Caranya:

  • Login sebagai Admin
  • Pilih Status > Wireless Status > WIFI Clients List
  • Anda akan melihat kolom MAC Address dari semua perangkat yang sedang terhubung ke jaringan.
MAC Address pengguna wifi indihome

Anda juga bisa mengetahui MAC Address dari semua perangkat yang pernah terhubung ke jaringan anda dengan mudah. Caranya:

  • Login sebagai Admin
  • Pilih Status > Lan Status > DHCP Clients List
  • Anda akan melihat kolom MAC Address dari semua perangkat yang pernah terhubung ke jaringan anda lengkap dengan hostnamenya.
Mac Address DHCP Clients List

3. Blokir MAC Address Pengguna WiFi

Sekarang waktunya untuk memblokir MAC Address pengguna wifi dengan mudah. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita akan memblokir pengguna yang tidak diizinkan langsung dari routernya tanpa aplikasi tambahan.

Pertama, aktifkan dulu fitur MAC Address Filtering di router Fiberhome. Caranya:

  • Login ke router sebagai Admin.
  • Buka menu Security > MAC Filtering.
  • Centang MAC Filtering Enable, untuk mengaktifkan fungsi blokir MAC Address.
  • Pada pilihan MAC Filtering Blacklist/Whitelist, centang Blacklist.
  • Tekan tombol Apply.
Cara Memblokir Pengguna Wifi 1

Nah, fitur MAC Address Filtering sekarang sudah aktif. Selanjutnya, kita akan masukkan MAC Address pengguna wifi yang akan diblokir. Caranya seperti berikut ini.

  • Login ke router sebagai Admin
  • Buka menu Security > MAC Filtering.
  • Tambahkan MAC Address pada kolom MAC Address Filtering Table.
Cara Memblokir Pengguna Wifi 2

Sehingga jika sudah selesai, maka secara lengkap hasilnya akan seperti pada gambar berikut ini.

Cara Memblokir Pengguna Wifi 3

Nah sampai disini, MAC Address yang sudah diblokir tidak akan bisa terhubung ke jaringan internet anda lagi, kecuali jika pengguna tersebut mengganti perangkatnya.

4. Blokir DHCP Filtering Pengguna WiFi

Selanjutnya agar pengguna tersebut tidak mencoba login gagal secara terus menerus, maka sebaiknya aktifkan DHCP Filtering. Caranya hampir sama seperti cara mengaktifkan fitur MAC Address Filtering diatas.

Anda hanya perlu menambahkan MAC Address yang sama pada kolom DHCP Filtering Table. Selengkapnya bisa dilihat pada gambar berikut.

cara blokir wifi DHCP filtering

Setelah semua proses diatas anda terapkan dengan benar, maka pengguna yang memiliki MAC Address yang dimasukkan kedalan fitur filtering tidak akan pernah bisa mengakses jaringan internet anda kembali, kecuali pengguna tersebut mengganti perangkat yang digunakannya.

Itulah dia artikel tentang bagaimana cara memblokir pengguna wifi indihome. Semoga bisa membantu kalian.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA