Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted

0
Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted

Cara Membuat Blog di WordPress Self Hosted bisa dibilang gampang tapi susah. Hal ini karena cara membuat blog self hosted ini perlu dilakukan dengan pengetahuan dasar soal setting wordpress dan hostingnya. Untuk mengakali hal tersebut, telah banyak penyedia yang menawarkan layanan instalasi wordpress self hosted dengan biaya tambahan tentunya.

Membuat blog wordpress self hosted ini akan sangat mudah jika memang niat anda dari awal untuk mengembangkan blog wordpress self hosted sangat besar.

Anda pastinya akan mencari tutorial atau panduan lengkap tentang cara membuat blog wordpress self hosted dari sumber manapun.

Membuat blog wordpress self hosted ini biasanya dilakukan oleh orang yang benar-benar ingin memiliki blog yang professional. Ketika anda ingin membangun sebuah blog, maka sebagai pemula anda pasti bingung apa yang akan dilakukan sebagai langkah pertama.

Jika anda telah mumpuni soal ini, anda tentu sudah tau jawabanya dan dari mana memulainya. Sebagai pilihan terbaik untuk membangun blog, wordpress adalah flatform pilihan terbaik.

Baca: Alasan Menggunakan WordPress Bagi Pemilik Situs

Sebelum memulai membuat blog wordpress self hosted, tentu kita harus mengetahui apa itu blog wordpress self hosted. Mengapa bisa dikatakan blog self hosted.

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted yaitu:

  1. Siapkan Domain
  2. Menyiapkan Hosting Terbaik
  3. Menginstal WordPress di Hosting
  4. Install Theme di WordPress Self Hosted
  5. Melakukan Pengaturan WordPress Self Hosted
  6. Mulailah Menulis Artikel di WordPress Self Hosted

Blog wordpress self hosted atau self hosting adalah blog wordpress professional yang dihosting oleh pihak kita sendiri melalui jasa penyedia hosting yang bisa kita sewa.

Selanjutnya kita tinggal mengunduh dan menginstall CMS wordpress dari wordpress.org ke dalam hosting tersebut. Dengan begitu maka blog wordpress self hosting sepenuhnya dalam kendali penuh oleh kita sendiri.

Adapun penjelasan lengkap tentang cara membuat blog wordpress self hosted adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Domain

Cara membuat blog wordpress self hosted atau self hosting yang pertama adalah menyiapkan Domain sendiri. Untuk mendapatkan layanan terbaik, sebaiknya anda memilih penyedia domain yang benar-benar memiliki popularitas yang baik pula.

Untuk penyedia domain lokal, saya menyarankan layanan Niagahoster. Dengan Rp 125.000,- anda sudah bisa memiliki domain .com dengan mudah.

2. Menyiapkan Hosting Terbaik

Cara membuat blog wordpress self hosted berikutnya adalah menyiapkan hosting. Hosting inilah yang menjadi ciri khas dari istilah wordpress self hosted.

Anda dapat memilih layanan hosting yang memiliki reputasi baik pula karna hal ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan situs anda kedepan.

Anda bisa mendapatkan layanan sewa hosting murah di internet dengan durasi penyewaan perbulan atau pertahun. Tetapi untuk blog yang professional dengan kelangsungan jangka panjang, menyewa hosting pertahun lebih direkomendasikan dan lebih hemat biaya.

Baca Juga: Pengalaman Menggunakan Hosting Siteground

Penyedia layanan domain juga telah menyediakan layanan hosting yang bisa anda sewa satu paket sekaligus. Dan biasanya juga beberapa penyedia layanan hosting memberikan domain gratis bila anda menyewa hosting di tahun pertama.

Domain dan hosting harus terhubung agar website kita dapat diakses. Jika kita membeli domain dan hosting dari layanan yang berbeda maka kita harus menambahkan DNS (Domain Name System) hosting ke domain kita.

Untuk para pemula sebaiknya tidak membeli domain dan hosting secara terpisah agar tidak perlu setting DNS lagi. Misalnya Anda membeli domain dari niagahoster, maka sebaiknya Anda juga beli hostingnya dari mereka.

Salah satu layanan hosting yang sudah populer adalah layanan hosting Cloud VPS. Layanan hosting jenis ini memiliki banyak keunggulan salah satunya akses yang lebih cepat dari hosting biasa. Anda bisa menyewa layanan hosting cloud VPS dengan murah di VPS VULTR.

3. Menginstal WordPress di Hosting

Cara membuat wordpress self hosted selanjutnya adalah menginstal WordPress. Cara menginstal CMS WordPress di hosting sangat mudah. Ada dua cara untuk menginstal script WordPress ke hosting Anda, yaitu dengan meng-upload script WordPress secara manual atau bisa juga dengan menggunakan software Webuzo dari softaculous.

Jika anda menggunakan VPS, proses instalasi yang lebih cepat dan mudah sebaiknya anda menggunakan webuzo. Webuzo harus terinstal kedalam vps anda.

Webuzo menyediakan banyak aplikasi yang dapat di instal di hosting anda termasuk wordpress. Untuk tutorial lengkap cara instal wordpress dengan webuzonya, silahkan baca Cara Instal WordPress di Webuzo.

Setelah wordpress anda terinstal, domain anda akan bisa diakses dengan tampilan wordpress default. Hal itu berati kita sudah memiliki situs wordpress self hosted yang bisa anda setting lebih baik lagi agar menjadi professional dan aman dari serangan hacker.

Baca: Cara Setting WordPress yang Tepat (Lengkap)

4. Instal Theme WordPress

Cara membuat blog wordpress self hosted selanjutnya adalah menginstal tema wordpress. Sebenarnya wordpress self hosted sedah disertai dengan tema bawaan tetapi tidak semua pemilik situs menyukainya.

Baca : Cara Install Themes WordPress Dengan Mudah

Untuk kebutuhan profesionalitas, anda perlu menginstal tema wordpress yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan search engine. Anda bisa mendapatkan tema wordpress yang keren dan menarik di situs penyedia tema berbayar seperti themeforest, MyThemeShop, dll.

5. Melakukan Pengaturan WordPress

WordPress yang telah terinstal telah menerapkan settingan default wordpress. Anda perlu melakukan pengaturan wordpress untuk lebih memaksimalkan kinerja wordpress itu sendiri. Ada banyak pengaturan yang harus anda ubah termasuk permalin yang digunakan oleh situs anda nantinya. Untuk melakukan pengaturan worpress, silahkan baca artikel berikut ini:

Baca: Cara Setting WordPress yang Tepat (Lengkap)

6. Menginstal Plugin WordPress

Cara membuat wordpress self hosted berikutnya adalah menginstal plugin. WordPress self hosted menyediakan banyak plugin gratis yang berguna untuk memaksimalkan kinerja wordpress itu sendiri. Ada beberapa plugin gratis yang sangat penting untuk anda instal kedalam situs anda seperti, Loginiser, Jetpack, W3 total Cache, Contact Form, dan masih banyak lagi.

Baca: Plugin SEO WordPress Terbaik dan Gratis

Berbicara soal SEO, di wordpress banyak tersedia plugin yang akan membuat situs anda dapat bersaing dengan situs lain di search engine. Salah satu plugin yang sangat direkomendasikan adalah Plugin WordPress SEO by Yoast. Plugin ini dapat membawa situs anda merajai halaman pertama hasil pencarian google jika dilakukan pengaturan yang tepat.

Baca: Cara Setting Plugin Yoast SEO di WordPress

7. Mulailah Menulis Artikel

Cara membuat wordpress self hosted yang terakhir adalah mulailah menulis. Setelah semua langkah diatas anda selesaikan, maka selanjutnya adalah mulai menulis konten atau artikel.

Nyawa dari sebuah situs adalah konten, jika konten tidak ada maka sama artinya sits itu tidak ada pula. Pengunjung akan datang mencari artikel yang dia butuhkan kesitus anda bukan untuk melihat tampilan situs anda.

Baca Juga: Cara Menghindari Komentar SPAM di WordPress

Sebelum menulis sebuah artikel pastikan anda telah melakukan riset keyword yang tepat untuk membuat konten yang banyak dicari pengguna. Situs anda sebaiknya diisi dengan konten yang sesuai dengan niche anda seperti blogging, teknologi, bisnis, dan sebagainya.

Baca:
1. Cara Memilih Niche Blog Yang Disukai Pengunjung
2. Niche Blog Terbaik Untuk Google Adsense

Hal ini akan membuat google lebih memyukai situs anda dan terlihat professional dimata pengunjung. Hal ini juga berpengaruh terhadap kelangsungan situs anda nantinya.

Jika anda menguasai niche anda, maka bukan tidak mungkin situs anda bisa memiliki umur tayang yang lebih panjang karena anda akan selalu memiliki ide untuk menulis artikel disitus anda.

Setelah selesai melakukan semua pengaturan yang dibutuhkan, sekarang saatnya Anda membangun konten untuk blog / website baru Anda. Sebelum membangun konten, pastikan Anda sudah melakukan riset keywords.

Melakukan langkah ini akan sangat membantu kita dalam membangun konten yang banyak dicari oleh para pengguna Google, tentunya keywords yang sesuai dengan niche bisnis Anda.

Itulah cara membuat wordpress self hosted bagi anda yang ingin membuat blog wordpress self hosted. Bagi pemula, Jika anda membutuhkan bantuan atau layanan konfigurasi atau pembuatan blog wordpress self hosted, anda bisa menghubungi saya melalui halaman kontak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here