Home Internet Google Cara Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Membuat Channel Youtube – Sekarang ini banyak orang yang mencari cara membuat channel youtube yang menghasilkan uang. Hal itu didasari banyaknya konten kreator yang berbagi cara menghasilkan uang di internet melalui channel youtube. Tampaknya memang menarik, hanya dengan mengunggah video kemudian mendapatkan penonton yang akhirnya bisa menghasilkan uang.

Namun itu hanyalah cerita singkatnya. Untuk menghasilkan uang dari youtube, semuanya diawali dengan cara membuat channel youtube itu sendiri. Melalui channel youtube anda bisa mengunggah konten-konten yang bisa menarik penonton sebanyak-banyaknya.

Cara membuat channel youtube sangat mudah bahkan kita bisa membuat channel youtube melalui HP android maupun iPhone. Makanya tak heran jika banyak pengguna internet yang sukses mendapatkan uang melalui channel youtube mereka sendiri hanya bermodalkan video yang direkam menggunakan HP.

Pengguna youtube di Indonesia belakangan ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Berdasarkan data dari ComScore menunjukkan, ada lebih dari 93 juta penonton unik di Indonesia (berusia di atas 18 tahun) yang menonton video di YouTube setiap bulannya di tahun 2020 ini.

Tingginya angka penonton youtube tentunya tidak terlepas dari kontribusi para kreator video di Indonesia. Kalau dulu, kita hanya mengenal dua orang kreator video yang memiliki jutaan subscriber yaitu Atta Halilintar dan Ria Ricis. Sedangkan sekarang ini, sudah banyak kreator yang mendapatkan penghargaan dari youtube dengan jumlah subscriber diatas 10 juta.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Cara membuat channel youtube yang bisa menghasilkan uang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan modal koneksi internet tentunya. Banyaknya pengguna youtube di Indonesia bisa menjadi target anda untuk menghasilkan uang dari internet melalui konten-konten anda yang bisa penarik penonton.

Bagi anda yang ingin membuat channel youtube, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

Cara Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang

1. Buat Akun Google

Untuk membuat channel youtube tentunya anda harus memiliki akun google aktif. Mengingat youtube adalah milik google, maka anda tidak bisa membuat channel youtube jika belum membuat akun google. Jadi sebagai langkah pertama, pastikan anda sudah memiliki akun google tersebut.

2. Login ke Youtube.com

Jika sudah memiliki akun google, buka youtube.com lalu pilih Sign in. Kemudian selanjutnya anda harus login dengan akun google yang dimaksud pada langkah nomor 1 diatas.

login ke youtube

3. Buat Channel Youtube

Nah untuk membuat channel, klik foto profil pada pojok kanan atas halaman youtube yang sudah login dengan akun google. Pilih Buat Channel (lihat gambar berikut).

cara membuat channel youtube

Sebagai pengguna baru, anda akan mendapatkan sambutan dari youtube. Langsung saja klik tombol Mulai.

4. Buat Channel Youtube dengan Nama Kustom

Selanjutnya anda akan dihadapkan pada dua pilihan untuk membuat channel youtube. Apakah akan menggunakan nama sesuai pada akun google atau menggunakan nama kustom dengan menggunakan brand atau nama dan gambar lain.

Saya sarankan untuk menggunakan nama kustom agar anda bisa bebas membuat nama channel youtube sesuai keinginan.

cara membuat channel youtube dengan nama kustom

5. Buat Nama Channel Youtube

Selanjutnya, anda bisa membuat nama channel youtube sesuai keinginan. Atau jika anda membuat channel sebagai official sebuah brand, maka dengan mudah anda bisa menggunakan brand tersebut pada nama channel youtube.

Jangan lupa mencentang pernyataan persetujan dalam menggunakan layanan youtube dari google. Setelah itu, klik tombol Buat.

Buat nama channel youtube

6. Verifikasi Channel Youtube Melalui Ponsel

Untuk alasan kemanan, google akan memverifikasi pembuatan channel youtube melalui nomor telepon. Caranya sangat mudah, anda tinggal masukkan nomor telepon yang aktif lalu google akan mengirim kode verifikasi enam digit angka.

Verifikasi channel akun youtube dengan nomor telepon

Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan SMS kedalam form yang sudah tersedia.

verifikasi akun youtube

7. Lengkapi Informasi Channel Youtube

Setelah melewati proses pembuatan channel youtube, kini saatnya untuk melengkapi beberapa foto dan informasi penting pada channel yang baru saja anda buat. Informasi dasar yang harus dilengkapi adalah Foto Profil, Deskripsi Channel, dan Link ke Sosial Media anda termasuk ke Situs Web jika ada.

Menambahkan deskripsi channel adalah salah satu cara membuat channel youtube anda menjadi professional dan dikenal orang banyak. Selain itu informasi pada deskripsi akan membuat orang mengenali siapa anda dan tentang apa yang dibahas pada channel youtube tersebut.

8. Channel Youtube Selesai dan Siap Digunakan

Sampai disini channel youtube anda sudah selesai dan siap digunakan untuk mengunggah dan menampung konten-konten anda yang bisa menarik banyak penonton.

cara membuat channel youtube selesai

Selanjutnya adalah mengoptimalkan channel anda dengan berbagai ide-ide manarik dalam video berdurasi panjang agar bisa meningkatkan durasi waktu tontonan. Karna sekarang ini untuk menghasilkan uang dari youtube melalui google adsense ada syarat yang harus terpenuhi.

Baca Juga: Cara Cepat Diterima Google Adsense

Bagi orang terkenal syarat tersebut sangat mudah. Tetapi bagi masyarakat biasa seperti saya ini, syarat tersebut sangatlah berat. Youtube memberikan syarat jika ingin monetisasi video dengan google adsense setelah subscriber mencapai 1.000 dan 4.000 jam waktu tontonan.

syarat monetise youtube

Nah sebagai tips untuk memenuhi syarat tersebut, saya akan berikan beberapa tips dalam memaksimalkan channel youtube baru anda.

Cara Mengoptimalkan Channel Youtube Agar Bisa Menghasilkan Uang

1. Berikan Deskripsi Channel yang Lengkap

Seperti yang saya jelaskan diatas, deskripsi channel akan memberikan informasi yang berharga bagi calon subscriber anda. Jelaskan pada mereka tentang siapa anda dan konten apa isi channel anda. Semakin lengkap semakin bagus, sertakan juga link yang menurut anda penting dalam mereferensikan sesuatu.

2. Buat Foto Sampul yang Menarik

Saat calon subsriber membuka sebuah channel YouTube, mereka akan langsung melihat sampul besar yang menampilkan nama channel dan hal lainnya tentang channel tersebut.

Nah tugas kita sebagai pemilik channel adalah membuat header channel youtube semenarik mungkin untuk memperkenalkan channel dalam bentuk visual. Hal tersebut juga bisa memberikan pesan professional pada calon subscriber.

Anda bisa membuat foto sampul sebagus mungkin, tetapi pastikan bahwa brand channel anda menjadi titik fokus yang bisa menarik perhatian pengunjung.

YouTube merekomendasikan untuk mengupload foto sampul dengan ukuran 2048 x 1152 piksel dengan ukuran file tidak lebih dari 6 MB.

3. Kuasai Konten dan Target Audiens

Membuat channel YouTube yang bisa menghasilkan uang bukan hanya sekedar mengupload video semau maunya. Anda harus menguasai atau mendalami tentang apa yang akan kamu sajikan pada konten tersebut. Selain itu, anda harus mengetahui target audiens yang akan melihart semua konten anda.

Dengan mengaatahui target audiens anda, maka peluang untuk mengembangkan channel youtube sangat besar.

4. Optimalkan Kata Kunci

Ketika anda akan mengunggah video, anda akan diminta untuk mengisi judul, tag, dan deskripsi video.

Ketiga komponen tersebut merupakan komponen yang paling penting agar video yang akan anda upload dapat ditemukan pada penelusuran YouTube. Isi bagian tersebut dengan kata kunci yang paling tepat untuk mendeskripsikan video anda.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Situs Web

Jika kamu memiliki media sosial apalagi situs website maka jangan lewatkan kesempatan emas untuk membuat channel YouTube anda cepat berkembang. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan situs web untuk mempromosikan video atau channel yang baru saja anda buat.

6. Berinteraksi dengan Penonton

Salah satu cara untuk membuat penonton semakin tertarik dan betah dengan channel anda adalah adanya interaksi antara penonton dan pemilik channel.

Anda bisa memberi tanggapan pada komentar yang ada di setiap video anda, dan selain itu anda juga bisa membuat konten apa yang diinginkan oleh penonton.

7. Analisa, Optimasi, dan Ulangi

Setelah anda berhasil membuat channel kamu sedikit demi sedikit berkembang, jangan abaikan untuk selalu menganalisa, mengoptimasi, dan mengulangi cara kerja anda.

YouTube Analytics memiliki tools yang lengkap dalam membantu anda untuk menganalisa semua video yang anda unggah. Dari data tersebut anda bisa mengoptimalkan video yang akan anda buat berikutnya.

Analytics juga dilengkapi tools yang membantu anda mendapatkan wawasan tentang siapa saja yang menonton video anda. Dari wawasan tersebut anda bisa membuat penargetan audiens yang lebih maksimal.

8. Sabar dan Tetap Konsisten

Jangan berharap banyak jika anda hanya membuat channel dengan setengah hati. Artinya, anda hanya mengunggah beberapa video saja lalu mengabaikannya sama sekali.

Membuat channel YouTube yang sukses dan bisa menghasilkan uang membutuhkan waktu dan upaya yang tidak mudah. Salah satu cara mudah agar channel anda bisa sukses yaitu tetap konsisten untuk mengunggah video baru dalam interval waktu tertentu.

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah dengan harapan yang baik. Mengisi channel dengan berbagai konten menarik yang bisa menambah wawasan orang banyak sama saja anda berbuat amal jariyah yang pahalanya tidak terputus.

Demikianlah panduan cara membuat channel youtube yang bisa menghasilkan uang dari internet. Saya berharap semoga bisa sukses dengan channel barunya.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA