Home Umum Cara Membuka File PDF di Mozilla Firefox

Cara Membuka File PDF di Mozilla Firefox

Cara Membuka File PDF di Mozilla Firefox – Banyak cara untuk membuka file PDF salah satunya menggunakan browser Mozilla Firefox. Selama ini cara membuka file PDF hanya dilakukan dengan aplikasi tambahan seperti Adobe Reader padahal untuk membuka File PDF bisa dilakukan melalui Mozilla Firefox.

Anda sudah pasti tau apa itu file PDF. Menurut wikipedia, PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. File jenis ini sangat populer dan banyak digunakan terutama dalam bentuk ebook karena dapat dengan mudah dibuka menggunakan berbagai aplikasi gratis.

Menurut pihak adobe, tujuan pengembangan PDF adalah agar tampilan sebuah dokumen dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai sistem operasi komputer secara konsisten atau sama.

Artinya, file PDF hanya dapat dibaca tanpa mengalami perubahan isi dan layout. Untuk membaca dokumen PDF biasanya digunakan aplikasi Adobe Reader atau Nitro PDF, tetapi anda juga bisa memanfaatkan fitur bawaan mozilla firefox untuk membuka file PDF.

Bagi para pengguna Mozilla Firefox, membuka file PDF sudah bisa dilakukan langsung dari browser firefox tanpa harus menginstall aplikasi pembuka PDF. Fitur ini hanya terdapat pada Mozilla Firefox 15 dan versi di atasnya, plugin Firefox ini memiliki fungsi sebagai pembaca file-file PDF ketika Anda sedang melakukan browsing dan menemukan file PDF dan tentunya anda juga bisa langsung memprint file tersebut.

Baca: Cara Mengedit File PDF Dengan Microsoft Word

Di browser Mozilla Firefox standar sebenarnya fitur ini tidak diaktifkan. Anda perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu agar fitur ini bisa digunakan.

Menurut mozilla, ada bebarapa alasan penting mengapa PDF Reader Mozilla sangat berguna untuk anda. Alasan-alasannya tersebut diantaranya:

  1. Mempercepat eksekusi file secara online dengan tipe file PDF
  2. Keamanan di mana Adobe mengalami kegagalan
  3. Dapat memiliki tampilan online lebih stabil dan aman dari PDF
  4. Tidak memberatkan kinerja browser Firefox bagi para pengguna yang memiliki kapasitas RAM terbatas.

Nah untuk bisa menggunakan fungsi PDF built mozilla firefox anda terlebih dahulu harus menonaktifkan aplikasi pembuka file PDF lainnya seperti Adobe Reader. Atau, jika anda pengguna windows 10, anda bisa menetapkan mozilla firefox sebagai aplikasi default pembuka file PDF melalui menu setting.

Cara Membuka File PDF di Browser Mozilla Firefox

1. Buka Mozilla Firefox, kemudian ketikan perintah about:config pada bagian kolom url kemudian enter.

2. Anda akan mendapatkan sebuah peringatan dari aplikasi Mozilla Firefox seperti pada gambar dibawah ini tetpai tidak usah khawatir, klik tombol “Saya Terima Resikonya” untuk masuk ke halaman konfigurasi.

Cara Membuka File PDF di Mozilla Firefox Firefox warning

3. Setelah halaman konfigurasi terbuka, pada bagian kolom pencarian ketikkan pdfjs.disabled. Jika sudah muncul, anda bisa klik kanan untuk menonaktifkannya atau bisa juga anda langsung doble klik baris pdfjs.disabled tersebut.

PDF Mozilla Firefox

4. Sampai disini PDF built-in pada Mozilla Firefox sudah aktif.

Nah untuk mencoba apakah fitur tersebut benar-benar sudah aktif/berfungsi anda perlu uji coba. Anda bisa mencari file PDF di google atau jika anda memiliki file PDF di laptop anda, silahkan gunakan CTRL+O dan cari file PDF kemudian open. Jika sudah berfungsi makan tampilannya seperti gambar berikut ini.

Tetapi jika belum berhasil, maka coba ulangi langkah langkah yang kami berikan diatas. Jika File PDF masih terbuka di aplikasi pembuka PDF lain, maka pastikan kembali mozilla firefox adalah aplikasi default pembuka PDF. Jika ada hal-hal yang kurang jelas dari langka-langkah diatas, anda bisa mengunjungi support mozilla firefox disini.

Cara ini telah berhasil saya terapkan di Mozilla Firefox Quantum versi 60.0.2 (64 Bit).

Demikianlah artikel tentang Cara Membuka File PDF di Mozilla Firefox. Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Anda juga bisa request artikel melalui form yang sudah kami sediakan melalui halaman kontak. Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA