Cara Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

0
143
Cara-Memilih-Nama-Domain-yang-Baik-untuk-Website

Cara memilih nama domain adalah langkah awal membuat website. Anda perlu memilih nama domain yang tepat sebagai nama alamat dari website anda nantinya. Memilih nama domain yang tepat akan memudahkan orang mengakses situs web anda karena nama domain yang mudah diingat.

Banyak blogger newbie yang ingin membuat situs wordpress self hosted tetapi tidak pernah memperhitungkan persiapan dalam memilih nama domain. Akhirnya, sembarang domain pun mereka gunakan padahal banyak keuntungan jika memilih nama domain yang tepat.

Seperti pada tujuan utamanya, nama domain yang tepat akan menjadi brand anda nantinya yang akan dikenal banyak orang. Dengan begitu, persoalan memilih nama domain ini tidak bisa disepelekan.

Untuk memilih nama domain yang tepat, ada beberapa cara atau tips yang perlu diterapkan agar anda menemukan nama domain yang sesuai dengan brand atau tujuan anda.

1. Memilih Nama Domain yang Pendek

Memilih nama domain yang pendek memiliki banyak keuntungan. Memilih nama domain yang pendek tentunya akan lebih mudah diingat orang. Contahnya, detik.com, suara.com, dll.

Namun, sekarang ini memilih nama domain yang pendek sudah sangat susah. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan dua kata yang bersambung tanpa garis penghubung. Domain yang dimaksud seperti, seniberpikir.com, blogdolar.com, dll.

2. Gunakan Kata Kunci Dalam Nama Domain

Menggunakan kata kunci dalam memilih nama domain akan semakin memperkuat posisi situs anda di google. Selain itu, kata kunci yang melekat pada nama domain akan lebih mudah diingat orang. Contoh nama domain yang dimaksud seperti wpbeginner.com. Jika anda mengunjungi nama Domain tersebut anda akan mendapati kumpulan tutorial wordpress untuk pemula.

3. Hindari Memilih Nama Domain Merek Dagang Orang Lain

Ini sangat penting, jangan memilih nama domain yang didalamnya terdapat merk dagang orang lain. Cara memilih nama domain dengan teknik ini akan merugikan anda sendiri. Contohnya, googleku.com, atau facebookku.com, dll.

Menggunakan merk dagang orang lain bisa mengakibatkan anda dituntut dari pemilik merek dagang tersebut. Selain itu, nama domain tersebut tidak baik karena anda akan bersaing secara langsung dengan situs pemilik merek dagang tersebut.

4. Memilih Nama Domain yang Mudah Diketik

Memilih nama domain yang mudah diketik akan membuat orang semakin mudah mengunjungi langsung situs web anda. Penggunaan nama domain jenis ini sangat terbukti, gampang diingat dan mudah diucapkan.

Hindari menggunakan nama domain yang menggunakan tanda penghubung, deretan angka, atau deretan huruf vokal. Misalnya, tutorial_blog.com, tutorial12345.com, atau tutorialllllll.com.

5. Gunakan Domain Ekstensi Dot Com (.com)

Dalam memilih nama domain, prioritaskan nama domain yang menggunakan ekstensi dot com. Saya sangat menyarankan hal ini karena ekstensi .com sudah menjadi ?top level domain? yang sudah sangat pupuler dan familiar di dunia internet.

Namun, untuk beberapa nama domain premium sudah tidak ada ekstensi dot com lagi. Selanjutnya,?cari ekstensi dot net (.net) yang masih masuk kategori ?top level domain?.

Memilih nama domain ekstensi dot com dan dot net sangat mudah diingat orang. Selain itu, mayoritas (75%) situs web populer menggunakan domain ekstensi dot com dan sisannya menggunakan ekstensi dot net.

6. Cek Ketersediaan Nama Domain, dan Pesan Segera !

Jika nama domain yang anda cari masih tersedia, anda langsung pesan segera. Jangan menunggu untuk memesannya dikemudian hari.

Banyak penyedia nama domain yang memiliki reputasi baik dimata pelanggan. Untuk penyedia lokal, saya sarankan untuk memilih mendaftarkan nama domain anda di Niagahoster.co.id.

Baca Juga: Niagahoster Web Hosting Lokal Terbaik Harga Murah

Niagahoster adalah layanan penyedia nama domain dan hosting VPS yang sangat terkenal dengan harga yang murah namun berkualitas.

Sebagai tambahan, anda bisa memilih beberapa ekstensi domain yang tetap diperhitungkan, seperti Domain tingkat atas kode negara termasuk .id (Indonesia).

Itulah hal penting yang perlu anda perhatikan dalam memilih nama domain yang tepat untuk situs web anda. Memilih nama domain yang tepat tentunya akan bernilai positif pada situs web anda nantinya. Dengan begitu, pengunjung akan familiar pada situs anda dengan mengingat nama domain anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here