Cara Memilih Niche Blog Yang Disukai Pengunjung

3
117
Memilih Niche Blog

Memilih niche blog yang disukai pengunjung adalah langkah awal membangun website. Memilih niche blog dengan cara yang tepat akan menarik banyak pengunjung website. Memilih niche blog pula haruslah tepat agar pengembangan webiste bisa konsisten dan bertahan lama. Niche blog yang tepat bisa menentukan popularitas sebuah situs web.

Niche blog ini identik dengan permasalahan apa yang akan anda bahas dalam sebuah website. Dalam memilih niche blog anda, sebaiknya disesuaikan dengan fashion anda pula. Kesalahan dalam memilih niche blog akan berdampak pada situs anda yang sulit berkembang.

Diluar sana banyak sekali kita temukan beberapa niche blog yang sulit dikembangkan. Hal itu disebabkan karena pemilik situs tersebut tidak menguasai apa yang akan dibahas dalam situsnya.

Keadaan ini tentunya akan menjadi batu sandungan dalam mengembangkan website anda nantinya. Anda bisa kehilangan ide untuk menulis artikel yang sesuai dengan niche situs anda.

Baca Juga: Niche Blog Terbaik Untuk Google Adsense

Sebuah website yang disukai pengunjung tentu memiliki niche blog yang menarik pula. Sebaliknya, Jika niche blognya krang menarik, maka pengunjungnya pun sangat sedikit.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Sebagai langkah awal membangun website, memilih niche blog yang tepat juga sangat berpengaruh pada target bisnis anda kedepan. Jika topik yang dibahas pada situs anda adalah topik yang benar-benar anda kuasai, maka pengiklan tak akan ragu untuk bermitra dengan anda.

Persoalan dalam menentukan niche blog menurut saya harus dilakukan dengan teliti agar tepat sasaran. Anda tentunya tidak ingin menjadi blogger yang gagal hanya karena salah dalam memilih niche blog.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Pengunjung Blog yang Jarang Update

Agar tepat dalam memilih niche blog, anda perlu perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Memilih Niche Blog yang Anda Kuasai

Memilih niche blog yang anda kuasai tentunya ini lebih baik dari pada harus ikut ikutan membahas apa yang anda tidak kuasai. Cara ini akan lebih mengeksplorasi minat dan bakat anda pada bidang tertentu.

Misalnya anda memiliki minat pada travelling, sebaiknya anda membahas masalah travelling pula jangan membahas masalah yang campur aduk seperti masalah bitcoin.

Memilih niche blog yang anda kuasai tidak akan membuat anda kehabisan ide untuk menulis artikel. Apalagi jika anda adalah pemula dalam urusan blogging, tentunya topik seperti ini akan lebih baik.

2. Jangan Memilih Niche Dengan Cara Ikut-Ikutan

Ini adalah sebuah kesalahan. Memilih niche blog yang dibahas orang lain dengan cara ikut-ikutan adalah masalah besar bagi kelangsungan situs anda kedepannya. Anda bisa melihat situs yang masih konsisten sampai saat ini seperti situs maxmanroe.com

Saya berani bilang, keberadaan anda tidak akan bertahan lama. Kita semua tau bahwa salah satu kunci kesuksesan dalam membangun sebuah situs adalah konsistensi. Anda tidak akan konsisten dengan memilih niche blog karena ikut-ikutan.

3. Eksplorasi Minat Anda

Untuk memilih niche blog, anda bisa mengembangkan apa yang anda sukai. Misalnya anda menyukai masalah teknologi, maka membuat blog yang membahas masalah teknologi lebih cocok untuk anda.

Cara ini juga bisa menjadi jalan bagi anda yang ingin mengembangkan bakat apa yang ada pada diri anda. Bisa jadi dengan mengeksplorasi apa yang anda sukai bisa menjadikan anda sebagai entrepreneur muda yang bisa menghasilkan uang dari internet dengan mudah.

4. Pelajari Apa yang banyak Dicari orang

Jika anda tidak memiliki minat seperti diatas, anda perlu belajar. Anda harus mencari tau apa yang banyak dicari orang di internet. Kemudian, pelajari masalah tersebut dan kembangkan. Biasanya, jenis konten yang paling banyak dicari orang adalah seputar tutorial, resep, berita, dll.

Anda bisa memilih niche blog dengan mempelajari apa yang sering orang cari di internet. Dengan begitu anda bisa mendapat banyak pengetahuan tentang niche tersebut.

5. Pelajari Peluang Bisnis Pada Niche Blog Anda

Membangun sebuah blog ujung-ujungnya adalah mencari peluang bisnis didalamnya. Agar bisa menghasilkan uang, pilihlah niche blog yang bisa memberikan manfaat bagi anda nantinya.

Agar bisa menjadi peluang bisnis, kembali lagi pada pemilihan niche yang tepat agar bisa menarik pengunjung dan pengiklan. Untuk itu, pilihlah topik yang bisa menjadi peluang bisnis seperti artikel bisnis, kesehatan, tutorial blogging, dan lainnya. Jangan lupa untuk melakukan riset sebelum memilih niche tersebut.

Sebagai penutup, saya katakan bahwa semua topik di internet ada peminatnya, hanya saja kembali pada diri sendiri, apakah anda mampu untuk menguasainya atau tidak.

3 COMMENTS

  1. sangat membantu artikelnya ..
    saya buat blog baru-baru ini, tapi masih bingung mau fokus ke niche apa.

    misal saya buat dengan banyak niche bagus nggak ya kak? ada yang bilang niche yang khusus lebih mudah page one.

    tapi rasanya mau buat konten yang khusus itu berat.. minta tips nya dong apa blog gado2 bisa bersaing di serp

  2. “Niche yang khusus lebih mudah page one” itu benar soalnya pembahasannya lebih dalam dan spesifik. Disarankan untuk buat yang niche khusus kalau niche tsb benar2 dikuasai, atau memang punya keinginan yang besar untuk mendalaminya.
    Blog gado2 juga bisa bersaing si SERP,, asal artikelnya bagus2.. jgn pesimis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here