Cara Mempercepat Booting Windows 10

0

Seringkali windows 10 mengalami booting yang lama, anda akan berfikir untuk mempercepat waktu booting windows 10. Sebenarnya untuk mempercepat waktu booting windows 10 itu sangat mudah sekali jika anda ketahui.

Saat ini Windows 10 adalah versi windows yang paling baru dan sudah banyak digunakan. Karena windows 10 ini masih baru dikelasnya, maka tak heran jika masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara optimalkan windows tersebut termasuk cara mempercepat booting pada windows 10.

Seringkali kita menilai permasalahan booting yang lambat disebabkan karena perangkat laptopnya yang kurang mumpuni. Meskipun hal tersebut ada pengaruhnya, tetapi tidak selamanya spesifikasi dari sebuah laptop yang mempengaruhi waktu booting windows anda.

Booting adalah proses di mana laptop dinyalakan hingga laptop benar-benar siap digunakan. Pada awal-awal pembelian biasanya laptop akan memiliki proses booting yang cukup cepat, sebab di dalamnya belum terdapat program-program yang memberatkan.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Seiring berjalannya waktu, dengan penggunaan perangkat secara terus menerus mengakibatkan performa laptop tersebut semakin melambat. Hal itu disebabkan banyak hal, misalnya berbagai program berat anda install, bahkan program yang tidak penting sekalipun. Selain itu, file update juga akan mempengaruhi waktu booting windows 10.

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Untuk mempercepat booting Windows 10 bisa dilakukan dengan cara:

  1. Mengatur Startup App di Task Manager
  2. Menggunakan Dual Booting Only
  3. Mengaktifkan Fast Startup di Windows 10

Untuk lebih jelasnya, berkut ini penjelasan tentang cara mempercepat booting Windows 10.

1. Mengatur Startup App di Task Manager

Cara Mempercepat Booting Windows yang pertama adalah Mengatur Startup App. Hal ini dilakukan untuk mengurangi aplikasi yang berjalan saat startup windows. Ini sangat mempengaruhi waktu booting windows karena semakin banyak aplikasi yang harus di load pada saat startup maka waktu booting juga semakin lama.

Nah untuk mengatasi masalah ini, anda harus membuka task manager untuk menemukan aplikasi apa saja yang ikut berjalan saat booting tersebut.

Caranya, buka jendela task manager melalui fitur search, kemudian tuliskan “task manager” lalu Open. Bisa juga untuk lebih singkatnya klik kanan pada Taskbar dan pilih Task Manager.

Mempercepat Booting Windows 10

Pilih aplikasi yang tidak anda gunakan untuk dimatikan ketika booting. Klik kanan pada software yang tidak digunakan lalu pilih Disable. Untuk mengaktifkan kembali pilih Enable.

2. Menggunakan Dual Booting Only

Cara Mempercepat Booting Windows yang kedua adalah mengaktifkan dual booting. Cara ini digunakan jika dalam satu perangkat terdapat dua OS (Operating System). Anda bisa mengurangi timeout value sebelum masuk ke windows.

Untuk melakukannya, tekan kombinasi Windows + R > ketik msconfig kemudian Enter > jendela System Configuration akan terbuka.

Mempercepat Booting Windows 10

Pilih tab boot, dan pada kolom timeout tuliskan angka 3. Jangan lupa centang “make all boot settings permanent”. Setelah itu Klik Apply > OK, dan restart Laptop anda.

3. Mengaktifkan Fast Startup di Windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows yang terakhir adalah Mengaktifkan Fast Startup. Caranya, Klik icon search atau cortana pada windows 10, tuliskan Power Options, setelah jendela power & Sleep muncul kemudian klik Open.

Pilih Additional Power Setting untuk membuka jendela Power Options. Setelah jendela Power Options terbuka pilih “Choose what the power button does”

Pastikan anda sudah mencentang Fast Startup seperti pada gambar dibawah ini.

Mempercepat Booting Windows 10

Itulah beberapa cara mempercepat booting laptop windows 10. Kesimpulannya, Waktu booting yang lama bisa disebabkan oleh pemakaian pengguna yang tidak benar.

Penyimpanan yang terlalu penuh dengan file dan software, apalagi software bajakan. Bisa dengan cepat merusak proses dan mesin dari laptop. Cobalah untuk memperhatikan sekecil apapun untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Untuk lebih memaksimalkan perorma Windows 10, Sillahkan baca Cara Ampuh Mempercepat Windows 10.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here