Home Bisnis Bagaimana Cara Memulai Pekerjaan Freelance ?

Bagaimana Cara Memulai Pekerjaan Freelance ?

179
0
Bagaimana Cara Memulai Pekerjaan Freelance

Cara Memulai Pekerjaan Freelance – Dalam keadaan pandemi, banyak karyawan yang dirumahkan atau tetap bekerja dengan penghasilan yang dikurangi. Di sisi lain, sebagian orang merasa bekerja di luar beresiko tinggi tertular penyakit Covid-19. Sehingga mulai banyak yang berusaha mencari penghasilan dengan tetap berada di rumah. Salah satu jenis pekerjaan yang memang bisa dikerjakan dari rumah adalah pekerjaan freelance online.

Tetapi untuk sukses dalam pekerjaan freelance tidak hanya bisa dalam semalam. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menjadi full time freelance. Dan bukan hanya waktu, tetapi juga mempelajari banyak hal dan menerapkan strategi agar pekerjaan freelance bisa sukses.

Cara memulai pekerjaan freelance sudah lebih mudah. Banyak bahan untuk dipelajari dari internet, baik yang gratis maupun berbayar. Selain itu, mulai banyak perusahaan besar yang menawarkan pekerjaan freelance.

Cara Memulai Pekerjaan Freelance

Beberapa langkah berikut dapat diikuti untuk memulai pekerjaan freelance :

1. Tetapkan Tujuan Freelance

Cara Memulai Pekerjaan Freelance Tetapkan Tujuan Freelance

Cara memulai pekerjaan freelance tentunya harus diawali dengan target untuk apa bekerja sebagai freelancer. Apakah sebagai pekerjaan sampingan atau ingin dijadikan sebagai pekerjaan utama ?

Dengan tujuan yang jelas, langkah-langkah untuk menuju gol freelance yang diharapkan bisa lebih mudah. Karena pekerjaan freelance bisa pekerjaan jangka panjang dan full time, tetapi juga ada yang bisa selesai dalam hitungan jam, cocok sebagai pekerjaan sampingan.

2. Riset Keyword Untuk Menentukan Niche

Cara Memulai Pekerjaan Freelance Riset Keyword Untuk Menentukan Niche

Melakukan riset niche penting sebelum memulai pekerjaan freelance. Jenis pekerjaan freelance sangat luas, luangkan waktu untuk mempelajari kategori-kategori yang ada dalam freelance.

Menentukan niche akan mempengaruhi kesuksesan awal pekerjaan freelance. Bila niche yang dipilih ternyata banyak kompetitor, maka peluang mendapatkan pekerjaan freelance pertama lebih kecil.

Untuk itu, lebih baik melakukan riset keyword. Dari hasil riset keyword ambil keyword yang mempunyai kompetisi rendah. Cek niche dengan keyword tersebut. Buat jasa pada niche yang telah diriset, bukan jasa yang umum.

3. Tentukan Target Market Yang Akan Dijalankan

Cara Memulai Pekerjaan Freelance Tentukan Target Market Yang Akan Dijalankan

Saat ini sudah banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa freelance, baik dari dalam negeri sendiri maupun luar negeri. Tentunya kemampuan yang dimiliki seorang freelancer akan mempengaruhi target market yang bisa dijalani.

Bila ingin menarget market luar negeri, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris harus cukup baik. Karena semua job posting, proposal, interview hingga instruksi kerja semua dalam bahasa Inggris.

Selain target market dalam negeri atau luar negeri, tentukan juga akan bekerja jangka pendek atau jangka panjang. Pekerjaan jangka pendek bisa sebagai sampingan, bagus untuk portofolio freelance. Sebaliknya pekerjaan jangka panjang kebanyakan full time, tidak bisa digunakan sebagai kerja sampingan dan di portofolio hanya akan terlihat sedikit project yang sudah diselesaikan.

4. Pastikan Berapa Tarif Freelance

Pastikan Berapa Tarif Freelance

Berbeda dengan bekerja di perusahaan biasa, pekerjaan freelance adalah sebuah bisnis. Berapa tarif yang akan diminta ke klien, ditentukan sendiri oleh freelancer. Sudah tentu, sebuah tarif bisa naik turun bergantung negosiasi dengan klien. Tetapi tetap ada tarif dasar sebagai patokan sebelum negosiasi.

Berapa tarif yang sebaiknya ditawarkan ke klien, bisa dicek di situs-situs freelance. Bisa dimulai dengan tarif terbawah freelance yang seprofesi. Seiring dengan meningkatnya pekerjaan freelance yang sudah dijalankan, tarif bisa ditingkatkan.

5. Buat Portofolio atau Profil LinkedIn

Buat Portofolio atau Profil LinkedIn

Setelah target pekerjaan freelance ditentukan, market yang akan dijalankan, klien yang diharapkan nantinya serta tarif yang ditawarkan, selanjutnya buat portofolio.

Seperti pekerjaan pada umumnya, portofolio diperlukan untuk mencari klien dan project. Banyak klien yang meminta bukti portofolio di saat posting job atau saat interview. Portofolio bisa dibuat di website atau sosial media yang khusus menampilkan portofolio keahlian freelance.

Baca: Peluang Usaha Mahasiswa yang Sangat Menguntungkan

Profil LinkedIn perlu dibuat, karena di LinkedIn bukan hanya menampilkan keahlian dan pengalaman kerja tetap juga pengalaman project yang pernah dijalankan. Selain itu adanya fasilitas network di LinkedIn, memungkinkan rekan kerja atau klien endorse keahlian dan project yang ada di profil LinkedIn freelancer.

7. Siapkan Curriculum Vitae Singkat

Siapkan Curriculum Vitae Singkat

Menyiapkan curriculum vitae diperlukan saat di awal-awal memulai pekerjaan freelance. Bila pekerjaan freelance sudah lancar, klien sudah banyak, daftar riwayat hidup tidak diperlukan lagi. Project dari klien bisa dijadikan portofolio yang bagus.

Curriculum vitae cukup dibuat singkat berisi tentang keahlian yang dikuasai dan pengalaman yang sudah pernah dikerjakan oleh freelancer. Buat curriculum vitae yang menarik, bisa menggunakan template gratis curriculum vitae yang ada di internet, seperti Canva.

8. Mulai Mencari Klien

Ketika semua persiapan sudah lengkap, mulailah mencari klien. Banyak cara untuk mencari klien, tetapi apabila baru memulai bisnis freelance sebaiknya memulai dari platform-platform freelance.

Platform freelance yang khusus untuk market Indonesia dan sudah pasti berbahasa Indonesia, bisa dicek di :

Sedangkan platform freelance luar negeri yang bisa dijadikan tempat untuk memulai pekerjaan freelance, beberapa di antaranya :

  • Freelancer
  • Upwork
  • Fiverr
  • Toptal
  • PeoplePerHour
  • 99Designs

Sebaiknya memulai di 1-2 platform saja. Karena untuk sukses di satu platform, harus mempelajari cara kerja platform dengan baik agar sukses mendapatkan klien. Yang artinya pikiran, tenaga dan biaya akan tersedot banyak di platform tersebut.

Cara memulai pekerjaan freelance sangat mudah. Ikuti panduan cara memulai pekerjaan freelance untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Leave a Reply