Cara Mendapatkan Sitelink Google Dengan Mudah

0
2
google sitelink

Bagaimana cara mendapatkan sitelink dari google? Rahasia google ini selalu dicari pemilik situs kerena cara cepat mendapatkan sitelink dari google ini tidak bisa dilakukan dengan instant. Untuk mendapatkan sitelink dari google ini masih menjadi rahasia tersendiri dari google, yang jelasnya jika situs anda bagus dimata google maka anda bisa lebih cepat mendapatkan google sitelink ini.

Berdasarkan pengalaman dalam mendapatkan sitelink google, blog ini berhasil mendapatkan sitelink google hanya dalam kurun waktu 3 bulan sejak domain blog ini aktif. Berdasarkan pengalaman itulah maka saya berani mengulas cara mendapatkan sitelink ini dengan cara yang mudah dan tepat.

Intinya, google tidak suka dengan cara-cara yang tidak benar dalam mengoptimalkan SEO sebuah situs. Maka dari itu, manfaatkan alat Google Search Console agar situs anda lebih maksimal.

Baca:
1. Cara Daftar Website Di Google Search Console
2. Cara Verifikasi Situs di Google Search Console

Apa itu Google Sitelink ?

Google Sitelink sering disebut juga Taut Situs, yaitu sub link yang muncul di bawah URL situs ketika seseorang melakukan pencarian dengan menuliskan nama blog kita.

Contohnya jika anda menuliskan bumianoa.com di kolom pencarian google maka anda akan mendapati google sitelink bumianoa.com seperti pada gambar berikut.

google sitelink

Apa Pentingnya Google Sitelink ?

Sebagai reward peningkatan situs dari google, tentunya google sitelink ini sangat penting bagi pemilik maupun pengunjung situs. Salah satu pentingnya google sitelink bagi pengguna yaitu memperjelas navigasi dari sebuah situs. Selain itu, google sitelink ini bisa juga diartikan sebagai sebuah keberhasilan pemilik situs dalam mengoptimalkan websitenya.

Dengan adanya google sitelink ini tentunya pengguna akan terbantu dalam menjelajahi halaman-halaman dari sebuah website langsung dari hasil pencarian. Hal ini pula lebih memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang mereka cari pada sebuah website. Baca: Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%.

Apa Fungsi Google Sitelink ?

Selain pentingnya google sitelink diatas, ada beberapa fungsi hadirnya google sitelink pada hasil penelusuran situs anda.

Fungsi Google Sitelink yaitu:

  1. Meningkatkan Reputasi sebuah “brand”.
  2. Membangun kepercayaan dari Pengunjung Situs.
  3. Memaksimalkan Hasil Penelusuran Situs.
  4. Meningkatkan Click Through Rate (CTR).
  5. Memaksimalkan Internal Link dalam Hasil Pencarian.

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Sitelink?

Mendapatkan google sitelink tidak bisa dilakukan dengan cara cepat karena untuk mendapatkan google sitelink penentunya adalah google itu sendiri. Google juga tidak memberitahukan kapan anda akan mendapatkan google sitelink tersebut karena hal ini adalah rahasia google itu sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara membuat google agar memberikan google sitelink pada situs anda.

Untuk mendapatkan google sitelink, anda perlu menerapkan 5 trik berikut ini.

1. Buat Navigasi Situs dengan Rapi

Membuat navigasi situs sebaik mungkin akan membuat pengunjung mudah dalam menjelajahi situs anda. Google akan memberikan penilaian pada situs anda jika memiliki navigasi yang baik dan tidak amburadul.

2. Buat Halaman Penting Situs

Halaman penting sebuah situs secara umum seperti About, Privacy Policy, Halaman Kontak, dll. Halaman ini biasanya wajib ada pada sebuah website. Google akan menampilkan pada sitelink yang berisi halaman penting dari sebuah situs. Maka dari itu siapkan halaman-halaman tersebut agar google mudah untuk memberikan google sitelink pada situs anda.

3. Maksimalkan Pengunaan Internal Link

Internal link memiliki fungsi yang sangat banyak. Selain bisa menjadi bahan bacaan baru pengguna, Internal link juga sangat ampuh untuk menurunkan angka bounce rate. Untuk mendapatkan sitelink, salah satu indikatornya adalah pengunaan internal link pada halaman situs anda. Menautkan antar halaman yang sesuai dipercaya sangat cepat untuk mendapatkan sitelink dari google.

4. Hapus Halaman Error

Halaman error sangat berpengaruh negatif pada ranking situs. Google akan menilai buruk sebuah situs jika banyak memiliki halaman eroor. Pengunjungpun akan pusing jika terdapat banyak halaman error pada situs anda. Untuk mendapatkan sitelink upayakan untuk menghapus halaman error atau membuat pengalihan ke halaman lain. Anda bisa menggunakan google search console untuk memantau halaman error pada situs anda.

5. Gunakan Robots.txt

Gunakan robots.txt untuk mendapatpak google sitelink. Pastikan agar robots.txt anda tidak memblokir halaman-halaman penting di situs Anda.

Google Sitelinks adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh pemilik situs. Maka dari itu kehadiran google sitelink ini sangatlah berharga. Sitelink tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa pada hasil penelusuran anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here