Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp

0
Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp

WhatsApp dikabarkan sedang menguji fitur kunci sidik jari pada aplikasi WhatsApp dalam versi terbarunya. Setelah sebelumnya dikabarkan penggunaan fitur dark mode, kini WhatsApp kembali mengembangkan fitur kunci sidik jari (fingerprint lock) yang sebelumnya disebut fitur otentifikasi (Authentication) atau kunci layar (Screen Lock).

Menurut informasi dari situs Android Authority, Fitur ini sudah dirilis dalam versi beta dan akan segera dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Fitur kunci sidik jari ini bisa dinikmati oleh pengguna Android dengan sistem operasi Android Marsmallow keatas. Tentu saja perangkat ponsel juga harus memiliki pemindai sidik jari untuk menggunakan fitur ini.

Pengguna bisa menggunakan fitur ini di dalam WhatsApp Settings > Account > Privacy > Fingerprint Lock.

Kunci sidik jari pada Whatsapp juga memungkinkan anda memilih interval penguncian, tapi opsi interval dirasa terbatas. Pasalnya hanya ada tiga pilihan, yaitu ‘immediately’, ‘After 1 minute’, dan ‘After 30 minutes.

Tentunya kehadiran fitur kunci sidik jari pada WhatsApp ini semakin menambah fitur keamanan pada WhatsApp itu sendiri. Mengingat percakapan pada chat WhatsApp messenger ini bersifat privasi dan tidak boleh dibuka oleh siapapun tanpa sepengetahuan dari pemiliknya.

Jika anda ingin menggunakan fitur sidik jari pada WhatsApp anda perlu jadi penguji fitur Beta paa aplikasi WhatsApp. Dengan begitu tentunya anda akan lebih duluan mendapat fitur-fitur terbaru dari WhatsApp untuk uji coba. Namun anda tidak perlu khawatir dengan menjadi penguji fitur WhatsApp karena sisi privasi dan keamanan pastinya sangat terjamin.

Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp

Agar anda bisa mengaktifkan kunci sidik jari di WhatsApp, perhatikan dulu hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan ponsel yang digunakan menggunakan Android versi Marshmallow atau versi lebih tinggi.
  2. Perbarui WhatsApp ke versi beta 2.19.211 agar bisa menggunakan fitur kunci sidik jari.
  3. Masuk ke Setting -> Account -> Privacy -> Fingerprint Lock
  4. Jika tidak menemukan fitur fingerprint lock, ada baiknya melakukan backup data, lalu uninstall lalu install kembali WhatsApp.
  5. Perlu diingat, fitur fingerprint lock hanya untuk membuka WhatsApp yang terkunci.

Untuk mengaktifkan kunci sidik jari di WhatsApp, ikuti langah-langkah berikut ini:

Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp
  • Buka aplikasi Whatsapp, masuk ke Setelan -> Akun -> Privasi
  • Temukan Opsi Kunci Sidik Jari pada menu bawah Privasi.
  • Aktifkan “Buka Kunci dengan Sidik Jari”
  • Pilih Interval Penguncian, yaitu ‘Immediately’, ‘After 1 minute’, dan ‘After 30 minutes

Pengguna bisa mengatur apakah isi chat baru yang masuk bersamaan dengan notifikasi masih bisa terbaca atau tidak. Dengan demikian, tingkat keamanan WhatsApp dari keisengan orang-orang sekitar akan terminimalisir.

Kendati demikian, pengguna yang mengaktifkan fitur “quick reply” masih bisa membalas pesan tanpa harus membuka platform WhatsApp.

Perlu diingat, fitur ini masih bergulir di dalam veri beta. Artinya, belum semua pengguna WhatsApp mendapatkan fitur ini hingga dirilis secara resmi nantinya. Namun tidak ada salahnya apabila Anda rajin mengecek pembaruan WhatsApp di Google Play Store dan segera memperbaruinya ke versi paling anyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here