Home Tekno Komputer Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10

USB Device Not Recognized – Pengguna windows 10 seringkali menemui masalah USB Device Not Recognized atau USB tidak terbaca ketika mencolokkan USB ke port USB pada perangkat komputer atau laptop. Baik itu USB seperti flashdisk maupun kabel USB sambungan printer, masalah USB Device Not Recognized memiliki masalah yang sama.

Mungkin anda sempat bertanya-tanya, kenapa setiap kali menghubungkan atau mencolokkan kabel handphone (kabel data), Mouse USB, Modem, Keyboard, Flashdisk atau perangkat USB lainnya, selalu muncul pesan eror USB Device Not Recognized atau USB tidak terbaca.

Jika anda mengalami masalah seperti diatas, tidak perlu khawatir. Masalah seperti ini hanyalah masalah kecil yang tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi untuk menyelesaikan masalah diatas, anda perlu mengikuti cara-cara seperti yang akan kami ulas dibawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

USB yang tidak terbaca seringkali terjadi pada sistem operasi windows 10, windows 7 bahkan windows 8. Yang jelasnya, ketika pemberitahuan eror USB Device Not Recognized atau USB tidak terbaca, maka USB yang dicolokkan pada perangkat komputer tidak bisa terhubung atau tidak bisa terbaca.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized atau USB Tidak Terbaca Pada Windows 10

Berikut ini beberapa cara mengatasi USB Device Not Recognized / USB tidak terbaca di Windows 10.

1. Cabut Kabel Power Supply

USB Not Recognized cabut kabel power supply

Cara pertama untuk mengatasi USB Not Recognized bisa dilakukan dengan mencabut kabel power supply. Cara ini hanya berlaku bagi pengguna komputer PC, bukan pengguna laptop.

Pada komputer, dari colokan listrik ada sambungan ke kabel power supply yang berada pada bagian belakan CPU. Untuk sementara, anda bisa mencabut kabel tersebut untuk mematikan komputer.

Baca Juga: Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Setelah kabel tersebut dicabut, biarkan perangkat komputer beristirahat tanpa ada aliran listrik sama sekali dalam beberapa menit. Selanjutnya anda bisa menghubungkannya kembali seperti semula lalu menghidupkan komputer tersebut.

Anda perlu berhati-hati pada cara ini karena bisa membuat anda tersengat arus listrik seketika. Makanya lakukan dengan hati-hati dan hindari memegang kabel jika tangan anda dalam keadaan basah.

2. Cabut, Lalu Pasang Kembali USB

USB Not Recognized cabut USB

Cara mengatasi masalah USB Device Not Recognized atau USB tidak terbaca, cobalah untuk mencabut kembali USB yang terpasang. Apakah itu USB kabel handphone (kabel data), Mouse USB, Modem, Keyboard, Flashdisk atau perangkat USB lainnya dan tunggu beberapa saat lalu colokkan kembali.

Cara ini bisa memberikan kesempatan pada windows untuk merefresh system secara otomatis agar bisa membaca USB yang terhubung.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Selain cara diatas, coba perhatikan port USB pada perangkat. Bisa saja port USB memiliki masalah lain seperti adanya benda-benda kecil yang masuk pada port tersebut sehingga USB tidak bisa terhubung dengan benar.

Port USB yang bermasalah juga bisa disebabkan karena USB dan portnya biasa longgar sehingga semua sambungan antara USB dan portnya tidak terhubung dengan benar. Pastikan USB dan portnya benar-benar terhubung dengan rapat.

3. Restart Komputer/Laptop

restart windows 10 USB-Device-Not-Recognized

Masalah USB Device Not Recognized atau USB tidak terbaca juga bisa diatasi dengan merestart perangkat komputer atau laptop. Bisa saja ada proses di background yang tidak berjalan normal seperti biasanya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dampaknya akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya yaitu masalah USB Device Not Recognized.

Jangan lupa untuk mencabut semua USB yang sedang terhubung agar system bisa bekerja dengan ringan dan normal. Setelah itu, coba sambungkan kembali USB ke. perangkat. Biasanya, masalah USB Device Not Recognized bisa selesai tanpa kendala.

Cara Restart Windows 10:

  • Klik start menu
  • Pilih Power
  • Pilih Restart.

4. Perbarui Device Driver

Update driver

Jika sudah sampai pada cara ketiga tetapi belum juga menyelesaikan masalah USB Device Not Recognized, cobalah update device printer. Melakukan update pada driver akan membuat perangkat bekerja secara optimal, termasuk dalam membaca USB yang terhubung pada perangkat.

Untuk melakukan update pada driver, ikuti caranya berikut ini.

  • Tekan bersamaan tombol Windows + R
  • Tuliskan devmgmt.msc
  • Masuk pada menu Device Manager dan klik Universal Bus.
  • Carilah menu Unknown Device.
  • Pilih Update Driver dan selesai.

Jika proses update sudah selesai, disarankan untuk merestart komputer agar bisa bekerja lebih maksimal.

5. Uncheck Power Management Pada USB Root Hub

USB Root Hub

USB Not Recognized juga bisa diatasi dengan cara mematikan power management pada USB root hub. Tetapi untuk melakukan cara ini anda harus benar-benar memastikan port USB masih berfungsi dengan baik.

Untuk mematikan Power Management USB Root Hub, caranya sebagai berikut.

  • Dari menu start, ketikan Device Manager.
  • Klik Universal Serial Bus Controllers dan pilih tab USB Root Hub.
  • Pada tab USB Root Hub, hilangkan checklist Power Management pada bagian Allow computer to turn off this device to save power.
  • Klik OK.
  • Selesai

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi di Windows 7/8/10

Jangan lupa restart perangkat anda jika cara ini sudah selesai. Dalam beberapa kasus, cara ini bisa menyelesaikan permasalahan USB Not Recognized dengan mudah.

6. Scan for Hardware Change

USB-Not-Recognized-scan-for-hardware-change

Cara berikutnya untuk mengatasi USB Not Recognized atau USB tidak terbaca, cobalah melakukan scan untuk mengetahui adanya perubahan hardware pada perangkat. Jika memang ada perubahan, windows akan otomatis melakukan refresh untuk menyesuaikan pada perangkat hardware.

Cara melalukan Scan for Hardware Change:

  • Secara bersamaan, tekan tombol windows + R
  • Ketikan devmmgmt.msc dan klik OK.
  • Pilih menu Action dan klik pada fitur Scan for hardware changes.

Setelah selesai, cobalah colokkan kembali USB ke perangkat.

7. Uninstall Hidden Devices

Uninstall-Hidden-Devices1

Cara ini dilakukan untuk menghapus perangkat USB yang pernah terhubung dan terinstall namun tidak digunakan lagi. Nah jika devices ini tidak pernah lagi digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka namanya akan berubah menjadi Hidden Devices.

Banyaknya hidden device bisa menyebabkan crash atau error dan akan membuat USB Device Not Recognized. Makanya untuk mengatasi masalah ini, anda perlu menghapus hidden devices. Caranya:

  • Buka Device Manager dan pilihlah menu View.
  • Klik pada Show hidden devices.
  • Klik kanan dan klik pada pilihan Uninstall untuk setiap hidden devices.

8. Uninstall USB Devices

Tidak jauh berbeda dengan cara diatas, Uninstall USB Devices juga bisa mengatasi masalah USB Device Not Recognized. Bisa saja driver USB device ada yang bermasalah sehingga perlu untuk menghapus yang lama dan menginstallnya kembali.

Untuk melakukan Uninstall USB Devices, caranya berikut ini:

  • Klik menu Start dan langsung pilih menu Device Manager.
  • Klik menu Action.
  • Pada menu Action, klik Uninstall Device.

Setalah driver USB terhapus dari kompter, silahkan install kembali agar USB bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Kesimpulan:

Untuk mengatasi masalah USB Device Not Recognized atau USB tidak terbadca bisa diatasi dengan cara diatas. Disarankan agar melakukan cara diatas satu per satu sesuai urutannya. Tetapi jika memang perangkat anda tidak memiliki masalah yang berarti, USB Device Not Recognized sudah bisa terselesaikan pada cara nomor 2 dan 3 diatas.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA