Home Sosial Media Facebook Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Akun facebook yang dinonaktifkan sering terjadi pada akun asli untuk memastikan semua penggunanya bukan bot atau hanya akun palsu.

103
0
Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan – Tentu anda akan bingung saat akun facebook anda tiba-tiba dinonaktifkan tanpa alasan yang jelas. Masalah ini sudah seringkali dialami banyak orang, tak terkecuali dengan anda. Belakangan ini banyak akun facebook yang dinonaktifkan tiba-tiba tanpa alasan dan pemberitahuan yang jelas.

Facebook adalah salah satu media sosial paling populer di dunia. Dalam sehari pengguna aktif facebook di akhir tahun 2020 ini tercatat mencapai 1,79 miliar. Jumlah pengguna yang sangat fantastis.

Sebagai media sosial populer, tentunya facebook menerapkan peraturan ketat untuk memastikan setiap orang menggunakan facebook dengan informasi yang valid, seperti nama asli, alamat, foto, dll.

Akun facebook yang dinonaktifkan biasanya dilakukan facebook untuk menghapus akun-akun facebook yang palsu, spam dan melanggar peraturan facebook. Hal ini selalu dilakukan facebook untuk mengurangi penyalahgunaan akun-akun palsu seperti menyebarkan hoax, melakukan penipuan, dll.

Baca: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Namun dibalik gencarnya facebook menghapus akun-akun palsu, terkadang juga akun yang sebenarnya akun asli ikut dinonaktifkan. Haln ini terjadi karena akun tersebut terdeteksi sebagai akun palsu dan spam.

Seringkali kita temukan keluhan dari pengguna facebook yang akunnya tiba-tiba dinonaktifkan. Tentunya jika anda yang mengalami masalah tersebut akan sangat menyebalkan. Dan yang pastinya, akun facebook yang dinonaktifkan sudah tidak bisa lagi diakses.

Penyebab Akun Facebook Dinonaktifkan dan Diblokir

Akun facebook yang dinonaktifkan atau diblokir biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Menggunakan identitas orang lain atau palsu
  2. Sering menyebarkan link dalam waktu singkat
  3. Menyebarkan foto yang memiliki unsur dewasa
  4. Menambahkan teman terlalu cepat
  5. Membuat status yang melanggar kebijakan FB
  6. Memberikan komentar yang melanggar kebijakan FB

Namun untuk mengatasi hal ini anda tidak perlu khawatir, dalam beberapa kasus seringkali masih bisa dilakukan pengembalian akun facebook yang sebelumnya sudah dinonaktifkan.

Baca: Cara Download Video Instagram Langsung Tanpa Aplikasi

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan. Jika anda mengalami hal diatas, berikut ini cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Akun facebook yang dinonaktifkan biasanya diberi solusi oleh facebook tentang bagaimana cara mengaktifkan kembali akun tersebut.

Untuk mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan, anda perlu beberapa hal diantaranya:

  • Foto tanda pengenal, baik KTP, SIM, Kartu Pelajar atau sejenisnya.
  • Perangkat smartphone atau laptop.
  • Koneksi internet yang stabil.

Untuk memastikan bahwa akun facebook anda adalah akun asli, facebook akan meminta tanda pengenal resmi dari pemerintah.

Pihak facebook akan melakukan verifikasi identitas pemilik akun sesuai dengan data yang tertera pada tanda pengenal tersebut.

Nah dari verifikasi tersebut facebook akan menentukan apakah akun anda asli atau memang palsu.

Setelah itu lanjutkan dengan langkah langkah berikut.

Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Dinonaktifkan Melalui HP

Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Dinonaktifkan Melalui HP

Jika anda menggunakan smartphone, untun mengaktifkan akun facebook yang dinonaktifkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi web browser di smartphone.
  2. Buka halaman pengajuan account disabled.
  3. Isikan alamat email yang digunakan akun facebook tersebut
  4. Masukkan No. HP yang aktif.
  5. Masukkan nama lengkap dari akun Facebook anda.
  6. Selanjutnya upload foto tanda pengenal.
  7. Kirim.

Jika sudah berhasil, tunggu email atau sms dari facebook yang menginformasikan akun facebook anda suah kembali diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Dinonaktifkan Melalui PC/Laptop

Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Dinonaktifkan Melalui PC/Laptop

Cara mengembalikan akun facebook yang dinonaktifkan menggunakan laptop tidak jauh beda dengan menggunakan HP. Berikut caranya:

  1. Kunjungi halaman My Personal Account Was Disabled.
  2. Masukkan email atau nomor HP anda ke kolom yang disediakan.
  3. Masukkan juga nama dari akun FB anda.
  4. Lalu upload foto dari kartu identitas dalam format JPG.
  5. Selanjutnya klik tombol Kirim.
  6. Selesai.

Baca: Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Jika sudah berhasil, tunggu email atau sms dari facebook yang menginformasikan akun facebook anda suah kembali diaktifkan. Biasanya email pemberitahuan ini akan anda terima paling cepat 1 jam hingga paling lama satu minggu.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook

Jika anda sudah menerima informasi dari facebook untuk mengaktifkan kembali akun anda, biasanya akan berisi email seperti berikut ini:

Cara-Mengaktifkan-FB-Kembali

Email diatas adalah contoh pemberitahuan tentang akun yang yang berhasil di aktifkan. Sekarang Anda sudah bisa melakukan login ke akun facebook seperti biasa.

Untuk akun facebook yang memiliki nama tidak sesuai dengan kartu identitas resmi, biasanya anda akan ditampilkan opsi untuk mengubah nama. Anda bebas menentukan apakah ingin mengganti nama facebook atau tidak.

Namun agar lebih aman, lebih disarankan untuk menggantinya dengan nama asli yang sesuai dengan kartu identitas. Dengan begitu, akun Facebook anda akan lebih aman dan lebih mudah untuk mengatasi jika terjadi pembajakan akun FB oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply