Home Sosial Media Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Akun WhatsApp Dibajak – Bagaimana cara mengetahui jika akun whatsapp dibajak atau disadap orang lain? Sebagai pengguna whatsapp, tentunya pertanyaan ini sering timbul di benak kita. Dan untuk alasan keamanan, sebaiknya setiap pengguna whatsapp harus mengetahui apa ciri-cirinya jika akun whatsapp kita dibajak orang lain.

Akun whatsapp yang dibajak orang lain bukanlah persoalan baru. Memang aplikasi ini rawan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Yang jelas, jika akun whatsapp disadap maka sangat membahayakan privasi seseorang.

Isi chattingan merupakan privasi yang tidak boleh orang lain mengetahuinya, terkecuali pemiliknya mengizinkan. Tentunya anda tidak ingin jika ada orang lain yang mengetahui isi percakapan di whatsapp anda.

Masalah penyeadapan akun whatsapp menjadi semakin marak seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna aplikasi chatting whatsapp. Peningkatan jumlah pengguna whatsapp dipengaruhi dari fitur-fitur yang diberkan whatsapp secara gratis untuk penggunanya.

Mulai dari mengirim pesan teks, pesan suara dan video, pengguna juga bisa melakukan panggilan video call dengan sesama pengguna whatsapp lainnya. Tak lupa juga whatsapp mendukung pengiriman file dan berbagi lokasi antar pengguna whatsapp.

Baca Juga: Cara Membuka Banyak Akun WhatsApp Dengan Aplikasi Franz 5

Namun seiring dengan populernya WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan, maka semakin banyak orang yang berniat untuk melakukan penyadapan.

Cara Mengetahui Akun Whatsapp Dibajak atau Disadap Orang Lain

Berikut ini cara mengetahui apakah akun Whatsapp dibajak/disadap orang lain.

1. Whatsapp Web Aktif

whatsapp web

Untuk memudahkan penggunanya, whatsapp menghadirkan whatsapp web dan whatsapp desktop. Pengguna bisa melakukan chattingan melalui browser dengan menggunakan whatsapp web.

Adapun whatsapp desktop, pengguna bisa melakukan chatting melalui aplikasi resmi yang dinstall pada laptop/PC windows ataupun di macbook.

Semua isi chattingan dari smartphone akan otomatis berpindah (sinkron) jika pengguna mengaktifkan aplikasi atau whatsapp web tersebut menggunakan Barcode / QR Kode.

Nah untuk mengetahui apakah akun whatsapp dibajak orang lain, periksa status whatsapp web melalui smartphone kalian. Apabila WhatsApp Web ternyata aktif, namun kalian merasa tidak pernah mengaktifkannya maka besar kemungkinan akun WhatsApp anda telah disadap oleh orang lain.

Memang akhir-akhir ini banyak sekali terjadi kasus penyadapan akun whatsapp melalui whatsapp web. Bahkan banyak aplikasi penyadap WhatsApp yang memanfaatkan fitur tersebut agar bisa membuka WhatsApp orang lain dari jarak jauh.

Untuk mengetahui apakah fitur WhatsApp Web aktif atau tidak, ikuti langkah-langkah berikut ini.

whatsapp web sedang aktif
  1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone anda
  2. Kemudian klik icon tiga titik dan pilih menu WhatsApp Web
  3. Apabila WhatsApp Web ternyata sedang aktif, maka akan keluar informasi mengenai perangkat yang sedang aktif. Selain itu, kalian juga bisa melihat WhatsApp Web aktif atau tidak melalui notification bar yang akan menyebutkan bahwa WhatsApp Web is Current Active.

2. Chat WhatsApp Terbaca Secara Otomatis

Chat WhatsApp Terbaca Secara Otomatis

Cara mengetahui akun WA disadap orang lain, coba perhatikan pesan whatsapp yang masuk. Jika anda belum membuka pesan tersebut tetapi sudah terbaca duluan, dan anda merasa tidak pernah membuka ataupun membaca pesan tersebut, maka sudah pasti akun anda dibajak orang lain. Karena semua isi pesan whatsapp adalah terenkskripsi maka jika tidak ada yang membukanya maka tidak akan bisa terbaca dengan sendirinya.

Namun jika kondisinya sudah terbaca, maka bisa dipastikan ada orang lain yang sudah membuka isi pesan whatsapp anda.

3. Akun WhatsApp Logout Sendiri

Setiap akun whatsapp hanya bisa menggunakan satu nomor HP saja. Jadi jika sewaktu-waktu akun whatsapp anda tiba-tiba logout, berarti nomor HP anda sudah di cloning dan sehingga bisa digunakan pada akun whatsapp lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Sebenarnya hal ini sangat sulit terjadi karena untuk menggunakan nomor tersebut, whatsapp akan meminta kode OTP yang dikirim ke nomor HP yang digunakan. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda mengalami hal ini jika ada orang yang iseng membuat nomor baru melalui graPARI Telkomsel atas nama anda. Sehingga nomor HP anda tidak lagi dipegang oleh anda sendiri.

4. Ada Pesan yang Terkirim Tanpa Sepengetahuan Anda

Salah satu cara mengetahui jika akun whatsapp disadap orang lain, cobalah perhatikan history chat anda. Jika ada pesan yang terkirim ke orang lain tanpa sepengetahuan anda, maka bisa dipastikan akun whatsapp anda sudah dibajak orang lain.

Untuk mengetahui apakah pesan yang terkirim sudah dibaca oleh penerima adalah melihat ikon centangnya. Jika sudah centang dua dan berwarna biru, maka pesan tersebut sudah dibaca penerima.

Kami sarankan anda memeriksa whatsapp web apakah sedang aktif atau tidak. Karena biasanya, sebuah akun whatsapp sangat mudah disadap dengan menggunakan whatsapp web. Bisa jadi anda pernah menggunakan whatsapp web di perangkat lain lalu lupa untuk logout.

5. Suhu Smartphone yang Meningkat

Selain beberapa hal diatas, sebuah akun whatsapp juga bisa disadap menggunakan aplikasi penyadap WA. Untuk memantau aktivitas target di whatsapp maka aplikasi penyadap tersebut akan terus bekerja sehinga membuat sebuah perangkat cepat panas.

Untuk mengantisipasi hal ini, usahakan selalu pantau aplikasi apa saja yang terinstall di Hp anda. Bisa jadi anda terkena serangan malware yang mengakibatkan adanya aplikasi yang terinstall sendiri tanpa anda ketahui.

Untuk mengetahuinya, buka pengaturan dan pilih Aplikasi (Apps). Jika anda menemukan ada aplikasi yang mencurigakan, kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah aplikasi penyadap whatsapp.

6. Baterai Smartphone Menjadi Boros

Suhu smartphone yang panas akan mengakibatkan penggunaan baterai yang boros. Aplikasi penyadap WA akan bekerja terus menerus untuk memantau aktivitas targetnya di whatsapp. Hal itu akan menyebakan baterai HP anda menjadi sangat boros.

Biasanya hal ini tidak disadari pemilik Hp karena aplikasi tersebut tidak muncul sebagai aplikasi yang sedang terbuka. Namun anda bisa mengetahuinya dengan melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background process.

7. Pemakaian Data Internet Menjadi Lebih Boros

Sebuah aplikasi penyadap akan mengirimkan data-data anda kepada penyadap menggunakan koneksi internet. Akibat dari aktivitas ini adalah kuota internet anda menjadi boros tidak seperti biasanya.

Untuk mengetahui hal tersebut, anda bisa melihatnya melalui aplikasi yang menggunakan data seluler.

8. Terdengar Suara Bising Saat Menggunakan Telepon Whatsapp

Untuk merekam percakapan telepon anda di whatsapp, biasanya penyadap menggunakan alat khusus untuk merekam percakapan. Hal ini bisa menimbulkan bunyi atau suara bising ketika anda melakukan panggilan telepon di WA.

Jika anda mengalami hal seperti ini, kemungkinan besar anda menjadi target hacker professional atau bahkan dari pihak penegak hukum. Karena untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan keahlian khusus yang hanya bisa dilakukan orang yang sudah professional.

Cara Mencegah Agar Akun WhatsApp Tidak Disadap atau Dibajak Orang Lain

Whatsapp adalah aplikasi chatingan yang menggunakan proses enkripsi end to end. Artinya, whatsapp memberikan keamanan yang bagi penggunanya dalam melakukan aktivitas di whatsapp. Menurut whatsapp, tidak ada yang bisa membaca pesan yang dikirim termasuk pihak whatsapp itu sendiri.

Namun kenyataannya, kasus penyadapan masih sering terjadi dengan memanfaatkan celah dari fitur-fitur whatsapp itu sendiri.

Jika diatas kita sudah bahas tentang cara mengetahui akun whatsapp dibajak orang lain, sekarang kita kita harus bahas lagi bagaimana cara mencegah akun WA tidak disadap orang lain. Artinya, bagaimana cara kita mencegah terjadinya penyadapan akun whatsapp yang kita gunakan.

Berikut ini cara mencegah akun whatsapp dibajak/disadap orang lain.

1. Gunakan Aplikasi WhatsApp Resmi

Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Untuk mencegah akun whatsapp disadap orang lain, usahakan untuk selalu menggunakan akun whatsapp resmi dari playstore. Dan jika anda menggunakan whatsapp web dan whatsapp desktop, gunakan link resmi whatsapp web di https://web.whatsapp.com/ untuk mendapatkan aplikasinya.

Baca Juga: Cara Melihat QR Kode (Barcode) WhatsApp Web

Menggunakan aplikasi whatsapp resmi bisa menimbulkan potensi akun anda terserang malware atau spyware. Sebaiknya juga anda pertimbangkan untuk tidak menggunakan whatsapp mod yang memberikan banyak fitur tambahan dari aplikasi whatsapp resmi. Sebab banyak kasus penyadapan yang diakibatkan karena menggunakan whatsapp mod yang berisi malware dan spyware.

2. Pastikan WhatsApp Web Hanya digunakan oleh Anda Sendiri

Jika anda harus menggunakan whatsapp web, pastikan hanya digunakan oleh anda sendiri dan jangan lupa logout jika sudah tidak digunakan lagi.

Pastikan juga untuk memeriksa fitur whatsapp web di perangkat anda apakah sedang aktif atau tidak. Karana jika fitur ini aktif tanpa sepengetahuan anda, maka bisa jadi ada orang lain yang mencoba membuka WA anda dari jarak jauh.

3. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Menggunakan verifikasi dua langkah sangat penting untuk mencegah akun whatsapp sengaja diakses orang lain tanpa sepengetahuan anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya sangat mudah.

Dari tampilan daftar chattingan di whatsapp, pilih icon titik tiga di pojok kanan atas, pilih setelan, pilih akun, lalu aktifkan verifikasi dua langkah. Siapkan juga alamat email yang benar-benar aktif untuk melindungi semua data-data anda.

4. Selalu Logout From All Devices dari Whatsapp Web

Logout From All Devices dari Whatsapp Web

Anda bisa saja menggunakan fitur whatsapp web di komputer manapun dengan membuka akun whatsapp sampai berapapun. Namun anda harus logout semuanya ketika sudah tidak digunakan lagi.

5. Gunakan Semua Fitur Keamanan Smartphone

Menggunakan fitur keamanan smartphone seperti kunci sidik jari, PIN, atau Pola bisa membantu anda dalam mengamankan akun whatsapp dari orang yang berencana menjahati anda.

Kesimpulan:

Sangat mudah untuk mengetahui apakah akun whatsapp dibajak orang lain atau tidak. Selain itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah karena memang whatsapp sudah memberikan beberapa fitur keamanan yang tinggi untuk menjamin privasi penggunanya.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA