Mengganti password WIFI adalah cara cepat mengamankan WIFI dari pengguna yang tidak bertanggung jawab. Dengan cara mengganti password WIFI secara berkala anda tidak perlu khawatir soal pemakaian bandwidth atau kuota internet Indihome anda. Pengguna wifi yang terlalu banyak seringkali menyebabkan koneksi internet anda mencapai batas kuota pemakaian sehingga mengalami penurunan kecepatan atau dikenal dengan Fair Usage Policy atau (FUP).

Saat ini jika berlangganan Indihome, pihak telkom wajib dilengkapi dua buah perangkat tambahan yaitu Router dan Box Usee TV. Meskipun ada biaya sewa perbulan dari kefua BOX tersebut namun anda tidak dapat menggunakan internet jika tidak dilengkapi dengan Router dan begitupun juga dengan Usee TV.

Modem FiberHome

Salah satu modem Router baru yang sering digunakan pihak Telkom adalah merek FiberHome. Perangkat ini dikenal memiliki kualitas yang cukup baik dikalangan pengguna. Maka tak heran jika angka pemakainya cukup banyak.

Pada artikel sebelumnya kami sudah mengulas cara membatasi pengguna Wifi IndiHome rumahan. Hal ini memang perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari jaringan anda.

Mengganti password Wifi juga adalah cara mengamankan Wifi dengan meningkatkan keamanan jaringan. Jadi agar lebih ekstra sebaiknya kedua cara ini agar dikombinasikan pada router anda. Dengan begitu maka tingkat keamanan jaringan anda lebih maksimal lagi. Tapi jika milik anda berbeda silahkan adaptasikan caranya. Biasanya tidak jauh berbeda dengan tampilan dan letak konfigurasinya.

Cara Mengganti Password WiFi Router/Modem FiberHome

Untuk mengganti password WIFI ikuti caranya berikut ini.

1. Akses Perangkat Router/Modem

Langsung saja anda akses router di IP Address (192.168.1.1). Jika berhasil, maka tampilannya seperti berikut. Jangan lupa isikan username dan passwordnya. Kalau tidak tahu dan tidak pernah merasa mengubahnya maka gunakan defaultnya: admin dan admin untuk login.

Cara Mengganti Password WiFi Modem FiberHome

2. Buka Menu Network di Router

Selanjutnya, buka menu Network dan buka sub menu Advanced. Anda akan melihat tampilan pengaturan keamanan dan enkripsi jaringan untuk mencegah akses yang tidak sah.

3. Mengganti Password Wifi Indihome di Router FiberHome

Jika sudah berada di halaman Advanced tadi, anda bisa melihat SSID Name dan bagian bawah ada WPA(Wi-Fi Protected Access).

Cara Mengganti Password WiFi

Nah untuk mengganti password Wifi, silahkan ganti kata sandi dikolom WPA (Wi-Fi Protected Access) minimal 8 kata dan karakter. Usahakan buat kata sandi yang kuat agar tidak mudah di bobol.

Jika sudah selesai, jangan lupa klik”APPLY” untuk menerapkan pengaturan. Anda otomatis akan terputus dari jaringan. Jangan lupa untuk menyambungkan jaringan kembali ke perangkat anda dengan kata sandi yang anda buat tadi.

4. Reboot Router/Modem FiberHome

Sebenarnya sampai diatas anda sudah berhasil mengeluarkan dengan sendirinya pengguna Wifi yang tidak anda izinkan. Namun agar lebih maksimal, silahkan Reboot Router anda. Caranya buka menu Management > Device Reboot > Reboot.

Cara Mengganti Password WiFi

Sampai disini cara mengganti password Wifi sudah selesai. Jika anda mengalami kesulitan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here