Home Internet Google Cara Menggunakan Google Drive

Cara Menggunakan Google Drive

68
0
Cara Menggunakan Google Drive

Cara menggunakan google drive sangat mudah bagi yang terbiasa dengan aktivitas internet. Namun cara menggunakan google drive tentunya bisa membingungkan bagi mereka orang yang jarang melalakukan aktivitas di internet. Untuk itu melalui artikel ini kami akan berbagi informasi bagaimana cara menggunakan google drive untuk menyimpan file hingga berbagi file ke sesama pengguna google drive.

Kebutuhan penyimpanan data online saat ini sangat dibutuhkan bagi penggiat internet. Dengan menggunakan penyimpanan online, maka anda tidak perlu repot membawa penyimpanan seperti hard disk kemanapun anda pergi. Selain itu, dengan menggunakan penyimpanan online anda bisa terhubung dengan berbagai layanan lainnya yang terintegrasi dengan penyimpanan online tersebut.

Apa Itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan penyimpanan online (cloud storage) milik google yang diluncurkan pada 24 April 2012 lalu. Layanan ini memberikan penyimpanan gratis 15 GB untuk semua layanan google.

Layanan google drive ini adalah layanan yang dimiliki oleh semua pengguna google. Mengingat satu akun google maka anda bisa menikmati berbagai layanan google, salah satunya adalah google drive. Dalam menggunakan google drive, google memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang bisa anda rasakan yaitu mudahnya mengakses layanan ini baik melalui Android, iPhone, Windows, maupun perangkat lainnya.

Jenis-Jenis File yang Bisa Disimpan Pada Google Drive

Sebagai layanan cloud storage, google drive mendukung berbagai jenis file yang bisa disimpan pada layanan tersebut. Beberapa jenis file yang bisa disimpan pada google drive adalah:

  • Dokumen dengan format txt, docx, doc, xls, xlsx, ppt, dsb.
  • Foto/gambar dengan format jpeg, jpg, gif, png, dsb.
  • Audio dan Video dengan format mp3, mp4, 3gp, dsb.

1. Cara Upload File di Google Drive

Untuk menggunakan google drive, syarat pertama anda harus memiliki akun google. Setelah itu anda bisa mengakses google drive melalui alamat https://drive.google.com/ melalui web maupun perangkat android.

Jika anda baru pertama kali menggunakan google drive, anda akan melihat tampilan halaman kosong yang berati google drive belum berisi data apapun.

Baca: Cara Membuka File PDF di Mozilla Firefox

Untuk menyimpan file di google drive, ikuti panduan berikut ini.

1. Klik tombol “Baru” dari dashboard google drive. Anda juga bisa langsung melakukan upload file dengan cara klik kanan pada halaman google drive.

Cara Menggunakan Google Drive

2. Pilih Upload File

Cara Menggunakan Google Drive

3. Selanjutnya pilih file yang akan anda simpan pada google drive, dan klik Open.

Cara Menggunakan Google Drive

4. Jika sudah selesai, google drive akan otomatis menyimpan/mengunggah file tersebut kedalam penyimpanan google drive. prosesnya bisa anda lihat pada pojok kiri bawah dari desktop anda.

Cara Menggunakan Google Drive

2. Cara Membuat Folder di Google Drive

Membuat folder di google drive adalah salah satu cara menggunakan google drive agar semua data yang akan disimpan bisa terorganisir dengan baik. Bayangkan saja jika anda ingin menyimpan banyak file tetapi tidak terorganisir dengan baik tentunya anda bisa kebingungan ketika suatu saat anda ingin membutuhkan file tersebut.

Baca: Cara Mengirim Email Dengan Lampiran File di Gmail

Untuk membuat folder di google drive sangat mudah, berikut panduannya.

1. Dari halaman google drive, pilih “Drive Saya“.
2. Pilih Folder Baru untuk membuat folder baru.

Cara Menggunakan Google Drive

3. Isi nama folder tersebut sesuai keinginan anda.

4. Selanjutnya klik tombol Buat atau Create atau bisa juga dengan menekan Enter pada keyboard.

Setelah folder selesai dibuat, anda bisa langsung memindahkan beberapa file yang belum memiliki folder. Jika anda ingin mengunggah file ke folder tersebut, buka folder yang sudah anda buat tadi lalu klik kanan dan pilih Upload File.

3. Cara Membagikan Link Google Drive

Membagikan link google drive sangat mudah jika anda ingin berbagi file yang bisa didownload oleh orang lain, ataupun berbagi file secara privat sesama pengguna google drive.

Ikuti panduan berikut untuk membagikan link google drive.

1. Cari File atau Folder yang akan anda bagikan.

2. Tambahkan orang atau pengguna google lain yang akan mengakses file tersebut.

3. Jika anda membutuhkan link sebagai URL download, pilih Dapatkan Link dan merubah hak akses dari dibatasi menjadi “siapa saja yang memiliki link“. Sampai disini anda sudah bisa menggunakan link tersebut untuk keperluan download.

Kesimpulan:

Menggunakan google drive sangat mudah tetapi google hanya memberikan kapasitas penyimapanan yang terbatas hanya 15 GB. Penyimpanan tersebut sudah termasuk penyimpanan gmail maupun penggunaan google foto. Maka tak heran jika anda terlau banyak menyimpan file di google semakin menguras kapasitas penyimapanan gratis yang anda miliki.

Solusinya anda bisa berlangganan Google One sebagai pengganti google drive untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 200 GB dengan harga yang murah.

Demikianlah artikel cara menggunakan google drive semoga bermanfaat.

Leave a Reply