Uang Bulanan Tidak Cukup? Inilah Cara Menata Keuangan Rumah Tangga

  • Whatsapp

Cara menata keuangan rumah tangga adalah salah satu yang harus dikerjakan bersama pasangan agar tercipta suatu keharmonisan. Permasalahan ekonomi dapat menjadi dampak suatu hubungan menjadi retak. Penting untuk mengantisipasi sebelumnya dengan komunikasi dua arah bersama pasangan. Jika kesepakatan telah tercipta, maka menjalani kehidupan rumah tangga akan terasa menyenangkan.

Sebuah rumah tangga adalah salah satu replika dalam lingkup kecil suatu negara. Peran pemimpin dan bendahara keuangan menjadi penting untuk kehidupan yang tentram dan harmonis. Cara menata keuangan rumah tangga dapat dipelajari seiring dengan praktik secara langsung bersama pasangan. Disinilah sikap bijaksana dalam menentukan pengeluaran diuji. Pengeluaran dan penghasilan haruslah seimbang.


Cara menata keuangan rumah tangga

Cara Menata Keuangan Rumah Tangga Agar Jauh Dari Masalah

Menjalani kehidupan rumah tangga harus dilakukan dengan keterbukaan bersama pasangan. Termasuk dalam hal alur keuangan. Setiap pasangan tentu mempunyai sebuah visi misi dalam rumah tangga, yang nantinya diupayakan bersama. Untuk itu penting menyatukan prinsip dasar terlebih dahulu bersama pasangan. Berikut beberapa prinsip dasar yang harus dipahami dan dipertimbangkan bersama:

Sadar Finansial

Pasangan yang baru saja menikah ataupun sudah lama, penting untuk terus merenungi bersama kondisi ekonominya. Pada dasarnya roda kehidupan selalu berputar. Ada kalanya di atas dan harus siap jika kondisi sedang di bawah. Menyadari kondisi keuangan menjadikan masing-masing individu lebih menghargai satu dengan lainnya. Di sinilah pentingya keterbukaan dalam kondisi apapun.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji harian, tentu akan berbeda dengan gaji bulanan. Kondisi setiap rumah tangga berbeda satu dengan lainnya. Dengan menyadari kondisi finansial keluarga menjadikan lebih selektif dalam mengambil keputusan. Pada saat kondisi finansial sedang di bawah, penting untuk menerapkan hidup lebih sederhana dibanding biasanya.  

Menghindari Hutang

Cara menata keuangan rumah tangga adakalanya akan berhadapan dengan hutang. Hutang dalam bentuk apapun dapat menjadi boomerang pada diri sendiri. Kebiasaan hutang secara tidak langsung menumbuhkan sifat menggampangkan perkara keuangan rumah tangga. Sebaiknya menghindari hutang adalah pilihan terbaik agar hidup tenang dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. 

Keputusan berhutang hanya boleh digunakan jika dalam keadaan terpaksa yang mana dapat mengancam keselamatan jiwa. Seperti kondisi sakit yang membutuhkan dana cepat atau perut lapar karena tidak ada makanan sedikitpun. Hutang di masyarakat sekarang ini secara tidak langsung telah menjadi kebiasaan. Jika dalam cara menata keuangan rumah tangga terdapat hutang, maka harus segera diselesaikan.

Hutang dapat diartikan seperti halnya membeli barang secara kredit. Membeli barang secara kredit mudah dilakukan untuk semua kalangan. Dengan iming-iming kredit tanpa DP atau uang muka menjadikan lebih mudah. Sejatinya kredit tersebut secara tidak langsung seperti halnya menggali lubang kubur diri sendiri. Sistem kapitalis yang secara tidak langsung menjadikan rakyat miskin akan semakin miskin. 

Skala Prioritas

Arus pemasukan dan pengeluaran dalam keuangan rumah tangga harus seimbang. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta akan penuh dengan skala prioritas agar kehidupan tetap berjalan dengan baik. Kondisi setiap keluarga akan berbeda dalam menyikapi suatu keadaan. Penting untuk menjadikan skala prioritas dalam melakukan setiap pengeluaran kebutuhan sehari-hari.

Faktanya banyak dari masyarakat Indonesia yang memiliki penghasilan sekitar 1 juta setiap bulannya. Cara menata keuangan rumah tangga tersebut dengan cara menekan sebisa mungkin kebutuhan yang bersifat sekunder dan tersier. Skala prioritas yang baik akan menjadikan keluarga tetap harmonis. Kebutuhan yang sifatnya bukan hal pokok ditekan sebisa mungkin. Cara tersebut digunakan untuk bisa bertahan hidup.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta menurut anggapan banyak orang akan dapat bernafas lega dibanding gaji di bawahnya. Padahal dalam hal ini, gaji berapapun segalanya tergantung pada cara mengelola keuangan tersebut. Cukup tidaknya untuk kehidupan sehari-hari secara tidak langsung dipengaruhi dengan pola hidup sehari-hari. Jika terbiasa hidup dengan sederhana, maka akan aman.

Mempelajari skala prioritas menjadikan lebih mengetahui prinsip dasar cara menata keuangan rumah tangga. Skala prioritas berdasarkan kebutuhan yang mendesak dan jangka panjang. Mendahulukan yang sifatnya darurat dan dapat mengancam nyawa adalah cara jitu dalam menerapkan skala prioritas. Selain itu juga memberikan bagian sebagai simpanan di hari-hari saat kondisi tak terduga.

Cara menata keuangan rumah tangga

Menyiapkan Tabungan

Memiliki tabungan dapat dengan cara ditabung di bank atau di rumah. Uang di dalam tabungan sifatnya dapat terkena inflasi dari tahun ke tahun. Untuk itu sebaiknya dana tabungan ini tidak terlalu banyak. Memperbanyak investasi dapat menjadi salah satu pilihan tepat saat menginginkan dijadikan tabungan di masa tua atau tabungan pendidikan buah hati kelak.

Cara menata keuangan rumah tangga harus sesuai dengan perencanaan setiap akhir bulan. Jika terdapat selisih, maka tidak terlalu jauh. Dengan begitu akan melatih disiplin secara tidak langsung pada setiap pengeluaran yang dilakukan sehari-hari. Jika terdapat sisa maka dapat dimasukan pada tabungan rumah tangga. Hidup akan terasa tentram jika permasalahan ekonomi dapat diatasi dan dicari solusi bersama pasangan.

Berinvestasi Lebih Waspada

Pos keuangan rumah tangga tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan pemasukan. Tidak kalah penting, dapat dimasukan ke dalam anggaran untuk investasi. Investasi sekarang ini banyak cara yang dapat digunakan. Ada yang menyukai cara lama yakni dengan membeli emas. Banyak juga yang memilih untuk didepositokan yang nantinya digunakan untuk membeli aset seperti rumah atau lahan. 

Seiring dengan kemajuan dunia digital. Semakin banyak cara berinvestasi dengan cara digital. Seperti halnya membeli saham, emas digital, dan jenis investasi lainnya. Penting untuk meneliti terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Hal tersebut termasuk prinsip dasar cara menata keuangan rumah tangga yang harus dilakukan. Banyak kasus investasi bodong yang menggiurkan, namun akan berakhir dengan penipuan.

Investasi pada dasarnya dilakukan dengan cara melihat kondisi keuangan keluarga saat itu. Jika keuangan dalam posisi di bawah, hanya cukup untuk kebutuhan pokok, maka investasi dapat ditiadakan. Cara menata keuangan rumah tangga pada dasarnya bersifat fleksibel sesuai kondisi keuangan saat itu. Tujuan dari penataan adalah memudahkan dalam melakukan perencanaan keuangan yang terarah. 

Bukan berarti menganggap remeh suatu perkara, namun ada kalanya hidup agar lebih bahagia dengan menurunkan ekspektasi. Keuangan rumah tangga harus dijalankan dengan penuh kesyukuran atas rezeki yang telah diterima. Ada kalanya terjadi keadaan di luar perkiraan, seperti anggota keluarga sakit. Maka dalam hal ini semua anggaran dipentingkan untuk biaya berobat terlebih dahulu agar dapat beraktivitas dengan baik. 

Cara menata keuangan rumah tangga salah satu cara untuk menciptakan keluarga yang bahagia. Jika bahagia telah terukir, maka apapun kondisinya akan dijalani dengan syukur. Selain itu dengan adanya perencanaan keuangan akan memudahkan mengetahui arus uang setiap harinya. Evaluasi dapat dilakukan jika ada hal tidak seharusnya dilakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk pembaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *