Cara Menghubungkan Domain dengan VPS VULTR

0
Cara Menghubungkan Domain dengan VPS VULTR

Cara menghubungkan Domain dengan VPS VULTR – Setelah sebelumnya saya bahas tentang review niagahoster dan review VULTR, sekarang kita akan bahas bagaimana cara menghubungkan domain niagahoster dengan VPS VULTR.

Sebenarnya artikel ini tidak hanya berlaku untuk niagahoster saja, tetapi bisa juga diterapkan pada penyedia domain lainnya karena sebenarnya prinsipnya sama saja.

Niagahoster adalah salah satu penyedia domain murah di Indonesia. Sejak artikel ini saya tulis, harga domain .com di niagahoster hanya Rp. 105.000,- ditambah PPn 10% jadi total sekitar Rp. 15.500,- saja. Harga yang sangat murah menurut saya untuk sebuah domain .com.

Untuk VPS di VULTR, hanya dengan $2.5 kita sudah bisa mendapatkan VPS dengan kapasitas CPU 512. Harga yang cukup murah dibanding penyedia VPS lainnya. Apalagi VULTR adalah salah satu penyedia VPS cloud hosting terbaik dunia.

Nah sekarang jika kita telah memiliki domain dan VPS, bagaimana cara untuk menghubungkan keduanya. Bagi sebagian orang hal ini sangat rumit. Untuk itu saya akan membahasnya berikut ini.

1. Login di akun VULTR anda dan masuk kebagian DNS kemudian tambahkan domain (sesuaikan dengan ip adress VPS) misalnya testdomain.com

2. Setelah itu akan muncul setelan A Record, MX Record, dan Nameserver.

3. Masuk ke panel niagahoster atau penyedia domain anda kemudian cari domain anda misanya testdomain.com kemudian pilih kelola.

4. Pada bagian tab nameserver, isikan nameserver yang didapat dari VULTR tadi (point No.2) seperti pada gambar berikut.

nameserver-niagahoster

5. Masih dipanel niagahoster, kemudian pada bagian tab DNS management, masukkan kode A Record dengan mengklik tombol Add New Record. Isikan data yang diminta kemudian save. Perhatikan dialog box berikut ini.

a-record-niagahoster-1

6. Setelah itu tunggu beberapa saat domain dan VPS anda akan segera terhubung.

Cara mengetahui apakah domain sudah terhubung dengan VPS

Biasanya kita akan menunggu antara 24-48 jam agar domain bisa terpropagasi. Hal tersebuat kadang membuat kita penasaran dan bosan menunggu.

Nah untuk mengetahui apakah domain kita sudah terhubung atau belum kita bisa mengecek di Global DNS Propagation Checker. Masukkan mana domain atau ip adress kemudian cek.

Jika sudah terpropagasi maka akan muncul tanda centang. Itulah cara menghubungkan domain dengan VPS. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here