Cara Mengirim Email Dengan Lampiran File

0
66
Cara Mengirim Email Dengan Lampiran File

Cara mengirim email dengan lampiran file seringkali membuat bingung bagi pengguna baru Gmail. Saat ini anda harus mengetahui mengirim email apalagi jika anda penggiat internet yang memang sehari-hari menggunakan email sebagai alat komunikasi penting dalam berbisnis.

Namun tak dapat juga dipungkiri bahwa cara mengirim email dengan lampiran file ini masih ada sebagian orang yang bahkan sama sekali tidak tahu caranya.

Biasanya ini terjadi pada mereka yang sangat jarang menggunakan email sebagai alat komunikasi. Penggunaan email oleh mereka hanya pada waktu waktu tertentu saja.

Baca: Fitur Baru Gmail, Ada Mode Rahasia

Cara mengirim email dengan lampiran file ini tidaklah susah. Google sebagai pemilik layanan email terbesar didunia telah banyak memudahkan penggunanya meskipun mereka adalah pengguna yang awam sekalipun.

Google telah melengkapi fitur gmail selengkap mungkin untuk segala keperluan komunikasi bahkan pertukaran data multimedia melalui tombol lampiran file.

Mengirim email dengan lampiran file sering oleh mereka yang bekerja kantoran. Mereka menggunakan fitur ini untuk melampirkan data-data perusahaan dalam email mereka. Tetapi tak jarang juga orang menggunakan fitur ini untuk keperluan lain misalnya untuk melamar pekerjaan swasta dengan melampirkan CV atau syarat lain.

Jenis file yang bisa dikirim melalui gmail sangat banyak. Pada umumnya layanan gmail sudah mendukung jenis file PDF, Ms.Word, Ms.Excel, JPG, PNG, dan lain sebagainya. Untuk jumlah maksimal file yang akan dikirm bersamaan dengan email adalah 25 MB untuk sekali kirim dan terima.

Jika anda ingin mengirimkan email dengan lampiran banyak file diatas 25 MB, anda bisa memanfaatkan layanan berbayar Gmail For Bussiness sebagai solusi yang tepat. Jika menggunakan Gmail For Bussiness anda bisa mengirim email beserta lampiran file sampai 1 TB.

Cara ini bisa juga dilakukan melalui perangkat lain. Anda bisa mengirim email dengan melampirkan file melalui perangkat smartphone. Cara menggunakannya sama saja, hanya terdapat perbedaan tampilan antara gmail di PC/Laptop dan Gmail di Smartphone.

Baca: Cara Reset Password Login Akun Google

Nah, jika anda ingin mengirim email dengan melampirkan file ikuti saja cara berikut ini.

Cara Mengirim Email Dengan Lampiran File

  • Buka Gmail.com dengan menggunakan akun gmail anda
  • Pilih Tulis/Compose
  • Pada Kolom penerima, isikan alamat email tujuan. Pada kolom Subjek, isikan apa inti email tersebut, misalnya Laporan Bulan Mei.
  • Kemudian, Pilih icon paperclip dan pilih file yang ingin dilampirkan dari komputer anda, lalu Open. Kemudian tunggu sampai semua file tersebut sukses terupload.
  • Jika ingin mengirim banyak file sekaligus misalnya dari satu folder, tekan CTRL + A pada keyboard. Pada gambar diatas, contohnya menggunakan file PDF dan Word (docx).
  • Terakhir, setelah proses upload selesai tekan tombol Kirim/Send.

Bagaimana menurut anda? Mudah kan?? Terimakasih telah membaca artikel tentang cara mengirim email dengan lampiran file menggunakan Gmail. Semoga bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here