Home Internet Cara Mengunci Folder File dengan Password di Windows

Cara Mengunci Folder File dengan Password di Windows

Cara mengunci folder bisa dilakukan pada pengguna Windows baik itu di Laptop maupun di Komputer/PC. Biasanya cara mengunci folder ini dilakukan untuk mengamankan data penting di laptop atau komputer agar tidak sembarang dibuka orang lain. Mengingat data privasi itu sangat penting, maka untuk mengamankan folder sebaiknya dikunci menggunakan password.

Untuk mengamankan sebuah laptop biasanya pengguna menggunakan password pada saat login di windows. Namun pada banyak kasus cara ini saja masih kurang untuk mengamankan data-data penting yang ada pada laptop.

Masalahnya, cukup mudah bagi peretas ahli untuk membobol password login di Windows. Dengan menerapkan cara mengunci folder di windows setidaknya bisa memberikan lapisan keamanan tambahan yang bisa membuat anda merasa lebih aman.

Baca: Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Windows 10

Mengunci folder windows memiliki banyak manfaat keamanan. Yang paling penting adalah mengurangi risiko pencurian data saat mengirimkannya lewat email, cloud, dan lainnya. Apalagi jika perangkat yang anda gunakan adalah perangkat publik seperti komputer di kantor.

Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada privasi anda, sangat disarankan untuk membuat folder tersendiri dan mengunci folder tersebut agar tidak bisa diakses orang lain.

Ada beberapa alasan mengapa mengunci folder di Windows sangat disarankan.

Alasan Mengapa Harus Mengunci Folder di Laptop?

1. Laptop Bisa Dipakai Orang Lain

Ketika anda meminjamkan laptop pada orang lain yang berisi file rahasia, anda sangat khawatir jangan-jangan folder rahasia anda dibuka orang lain.

Permasalahannya, Windows Explorer tentu bisa diakses oleh semua pengguna sekalipun mereka menggunakan user account yang berbeda.

Nah jika anda sudah mengunci folder file rahasia anda, maka siapapun tidak akan bisa mengakses folder tersebut sekalipun mereka sudah tau apa password login laptop anda.

2. Relatif Lebih Aman Daripada Penyimpanan Online/Cloud

Saat ini penyimpanan cloud sudah dilengkapi dengan sistem enkripsi data tersendiri ketika dicadangkan pada layanan tersebut. Misalnya pada Google Drive dan MEGA, sistem yang mereka miliki sangat canggih bahkan data yang kita simpan pun tidak bisa diketahui oleh siapapun termasuk mereka sendiri.

Baca: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi di Windows 7/8/10

Tapi namanya penyimpanan internet, selalu ada celah yang bisa membuat peretas masuk mengakses file anda yang berharga. Seringkali kita mendengar berita tentang data-data pribadi para artis mancanegara yang diretas hingga bertebaran di internet.

Dengan mengunci folder di laptop atau komputer maka anda bisa mendapatkan tambahan kemanan yang berlapis dalam mengamankan data-data penting.

3. Lebih Praktis dan Cepat

Ketika anda ingin menyimpan data secara online, anda harus terhubung dengan internet ketika anda ingin mengunggahnya. Setelah itu, anda juga harus terhubung dengan internet ketika akan mengaksesnya dilain waktu. Apalagi jika file yang anda simpan memiliki ukuran yang besar, tentu hal ini bisa menghabiskan kuota atau bandwidth yang besar juga.

Dengan mengunci folder data rahasia di laptop, setidaknya data akan tetap aman dan proses pemindahan file pun akan berlangsung lebih cepat tanpa memakan kuota internet.

Baca: Cara Matikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

Lalu bagaimana cara mengunci folder di laptop dan komputer dengan password? Secara default, Windows 10 tidak menyediakan cara mengunci folder melalui pengaturan bawaan, namun pengguna dapat menggunakan cara manual untuk melakukannya. Pelajari artikel ini untuk mengunci folder di windows 7, 8, dan 10 dengan password.

Cara Mengunci Folder File dengan Password di Windows 7, 8, dan 10

Ada 3 cara mengunci folder yang bisa anda terapkan dengan mudah. Pelajari langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cara Mengunci Folder Tanpa Software

Cara pertama yaitu mengunci folder dengan password tanpa software tambahan. Cara ini sedikit rumit, makanya anda harus mengikuti langkah-langkahnya agar cara ini bisa berhasil anda terapkan.

Berikut cara mengunci folder di Windows tanpa software.

  1. Buka aplikasi Notepad melalui menu Start.
  2. Dapatkan kode kunci folder disini atau disini.
  3. Copy dan paste kode tersebut ke dalam Notepad.
  4. Ganti “PASSWORD” dengan password yang anda inginkan untuk mengunci folder.
  5. Save Notepad tersebut dengan memilih Berkas > Save As
  6. Ganti tipe file yang tertera pada Save As type menjadi Semua berkas (“.”).
  7. Isi nama file tersebut diikuti kata .bat setelah nama. Sebagai contoh, Folder Penting.bat.
  8. Simpan file tersebut di dalam folder yang ingin Anda pasang kunci. Lalu, klik Simpan.
  9. Jalankan berkas .bat dengan cara double klik.
  10. Saat berhasil, akan muncul secara otomatis folder Locker. Ini adalah folder yang terekstraksi dari perintah file .bat yang baru saja Anda buat.
  11. Masukkan semua berkas yang ingin Anda sembunyikan ke dalam Folder Penting.
  12. Jalankan kembali file .bat dan sebuah jendela konfirmasi akan muncul.
  13. Ketik Y kemudian Enter untuk mengonfirmasi perintah kunci. Jika sudah, maka folder tersebut akan tersembunyi.
  14. Apabila Anda ingin mengaksesnya, jalankan file .bat dan masukkan password, lalu Enter.

Cara mengunci folder dengan menggunakan kode seperti diatas bisa berguna untuk memberikan perlindungan tambahan pada folder anda. Namun pada pengguna tingkat lanjut, orang lain masih bisa mengedit berkas .bat bahkan melihat password yang Anda gunakan. Meski begitu, masih ada cara menyembunyikan file di laptop lainnya untuk anda lakukan.

2. Cara Mengunci Folder Dengan Kompres ke ZIP atau RAR

cara-mengunci-folder

Cara ini sangat praktis untuk melindungi data pribadi anda dari akses orang lain. Anda tidak perlu terhubung dengan jaringan internet karena cara ini hanya menggunakan software kompresor seperti Winrar yang sudah banyak dipakai orang. Jika belum punya, tinggal unduh Winrar di link ini.

Untuk mengunci folder, anda perlu melakukan kompress pada folder yang ingin diamankan tersebut. Ketika melakukan kompres, anda bisa mengatur password untuk file ZIP atau RAR hasil kompres tersebut.

Siapapun yang membuka file ZIP tersebut harus memasukkan kata sandi untuk bisa membuka file di dalamnya. Jadi, saking amannya anda harus harus selalu memasukkan kata sandi yang sama setiap mau melakukan akses.

Berikut ini cara mengunci folder dengan software Winrar:

  • Cari folder yang akan dikunci
  • Klik kanan folder tersebut lalu pilih menu Add to archive.
  • Tuliskan nama file arsip dan tentukan format file antara ZIP atau RAR, kemudian pilih menu Set password.
  • Masukkan password yang diinginkan, kemudian verifikasi password pada kolom kedua.
  • Centang pilihan Encrypt file names, agar orang asing tidak akan mengetahui nama-nama file yang terkandung dalam file arsip.
  • Klik tombol OK sekali, lalu klik tombol OK sekali lagi untuk membuat arsip.

Jika sudah selesai, silahkan coba buka file arsip tersebut. Jika anda berhasil mengikuti langkah-langkah di atas, maka file tersebut akan meminta password yang telah anda atur sebelumnya.

3. Mengunci Folder Menggunakan IsyLock

Setelah dua cara diatas, masih ada cara untuk mengunci folder yang lebih ringkas lagi tanpa harus menginstall software seperti pada cara nomor 2 diatas.

IsyLock, sebuah program pengunci folder yang sangat efektif dalam mengamankan data-data penting di windows tanpa akses internet. Program ini akan menyembunyikan folder yang hanya akan terlihat jika anda berhasil memasukkan kata sandinya.

cara-mengunci-folder2

Berikut langkah-langkah untuk mengunci folder menggunakan IsyLock.

  • Unduh IsyLock disini lalu di folder khusus.
  • Double klik file ZIP dan lakukan ekstrak.
  • Buka folder IzyLock hasil ekstrak
  • Double klik pada file EXE di dalam folder.
  • Lakukan password configuration dengan memasukkan kata sandi yang diinginkan sebanyak dua kali, di kolom pertama dan kedua.
  • IzyLock akan membuat sebuah folder bernama LockFolder.
  • Masukkan semua file dan folder yang ingin dikunci pada folder LockFolder.
  • Nah untuk menguncinya, buka kembali jendela IsyLock lalu klik pada gambar gembok sebelah kanan.
  • Jika sudah terkunci, maka tampil gembok yang terkunci serta folder bernama LockFolder yang menghilang.

Kesimpulan:

Cara mengunci folder di Windows sngat mudah. Dengan mengunci folder maka anda tidak perlu khawatir data-data rahasia anda bisa diakses orang lain.

Dengan menerapkan cara diatas anda tidak perlu repot harus terkoneksi dengan jaringan internet ketika akan mengunggah maupun mengakses data-data pribadi anda. Untuk menambah keamanan, gunakan antivirus dengan proteksi file yang lengkap. Baca juga Cara Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka di Windows 10.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA