Home Blogging Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog

Meningkatkan Domain Authority (DA) perlu usaha yang konsisten. Faktor penting yang bisa meningkatkan nilai tersebut adalah Teknik SEO dan Usia Domain.

Domain Authority – Bagaimana cara cepat meningkatkan domain authority? Banyak pemilik blog yang selalu berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan domain authority dengan cepat. Namun kenyataanya, untuk meningkatkan domain authority tidak segampang membalikkan telapak tangan. Terkadang butuh waktu bertahun-tahun untuk melihat adanya kenaikan nilai domain authority.

Meningkatkan domain authority sudah menjadi salah satu target dalam mengembangkan sebuah blog. Meningkatnya domain authority blog akan menjadi sebuah ukuran keberhasilan pemiliknya.

Baca: Cara Membuat Blog Gratis

Kenyataaanya banyak blogger yang tidak peduli dengan skor domain authority. Menurut mereka, domain authority otomatis akan mengikut jika blog sudah mulai banyak pengunjung.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, dengan mengetahui apa itu domain authority maka kita sudah memiliki target-target yang harus dicapai dalam mengembangkan blog.

Baca: Cara Membuat Blog yang SEO Friendly Dengan Google

Apa Itu Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah nilai yang diberikan pada sebuah domain sebagai barometer tingkat kepercayaan dan popularitas situs web berdasarkan rujukan dari mesin pencari. Domain Authority (DA) dikembangkan oleh Moz.

Semakin tinggi nilai domain authority maka semakin populer dan terpercaya blog tersebut terhadap mesin pencari. Artinya, domain authority itu sendiri merupakan faktor penting yang bisa mempengaruhi ranking dari sebuah website.

Fakta Penting Tentang Domain Authority

Domain Authority merupakan nilai yang sangat penting bagi sebuah domain. Moz akan memberikan nilai domain authority dengan rentang 1 – 100. Tetapi meskipun demikian, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui tentang nilai tersebut.

  1. Sangat jarang situs mendapat nilai Domain Authority 100. Jika anda memeriksa, hanya domain dari situs besar seperti Facebook, Google serta Youtube yang berhasil memilikinya. Bahkan, situs Twitter dan WordPress.com pun hanya memiliki nilai DA 94 dan 92.
  2. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai DA. Tapi yang jelas, semua faktor tersebut merupakan teknik SEO yang komprehensif.
  3. Untuk mendapatkan nilai DA tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu upaya secara konsisten serta membutuhkan waktu yang lama.

Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Secara Alami

Semakin tinggi nilai domain authority maka peluang mendapatkan traffic tinggi sangat besar. Google selalu prioritas menampilkan situs-situs yang memiliki nilai domain authority pada hasil pencariannya. Nah karena alasan itulah, anda harus berupaya untuk meningkatkan domain authority.

Berikut ini cara cepat meningkatkan domain authority secara alami tanpa teknik yang dilarang google.

1. Terapkan Teknik SEO yang Benar

Cara meningkatkan Domain Authority secara alami tidaklah lain kecuali menerapkan teknik SEO dengan benar. Jangan menipu google, karena saat ini algoritma google sudah semakin canggih. Google bisa tau mana blog yang menerapkan teknik SEO alami dengan blog yang menggunakan teknik SEO secara manipulasi atau main curang.

Sebagai situs yang mengembangkan nilai domain authority, Moz sudah memberi penjelasan tentang bagaimana cara meningkatkan Domain Authority. Menurut Moz, menerapkan teknik SEO bisa mendongkrak nilai DA secara signifikan.

Baca: Teknik SEO On Page Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Teknik SEO yang dimaksud adalah teknik SEO komprehensif sampai pada hal-hal yang detail. Seperti struktur situs, navigasi yang mudah, breadcrumbs, struktur URL, meta tag, tag header, jumlah kata, kata kunci, tag alt, dll.

2. Perbanyak Artikel Berkualitas

Konten adalah raja. Konten juga ibarat nyawa dari sebuah situs. Tanpa konten, maka sebuah situs dianggap mati atau tidak produktif. Jika sudah demikian, maka jangan pernah mengharapkan nilai DA.

Baca: Cara Memilih Niche Blog Yang Disukai Pengunjung

Untuk meningkatkan nilai Domain Authority blog tidak hanya berdasarkan banyaknya artikel, tetapi lebih kepada apa isi artikel tersebut. Konten berkualitas adalah konten yang informatif, artinya konten yang bisa memberikan kepuasan terhadap pengunjung yang datang mencari informasi di situs anda.

3. Gunakan Media Sosial

Popularitas situs di media sosial memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan domain authority. Media sosial seperti Twitter, YouTube, Instagram, Linkedin dan Facebook serta situs media sosial lain adalah tempat untuk membagikan artikel berkualitas untuk mendapatkan pembaca.

Google memiliki algoritma media sosial, dimana semakin populer situs anda di media sosial maka domain authority akan meningkat seiring dengan peningkatan peringkat pada mesin pencari.

Hal diatas memberi kita informasi berharga tentang pentingnya sosial media. Ringkasnya, pastikan anda selalu membagikan artikel terbaru ke sosial media untuk meningkatkan jangkauan pembaca dan popularitas situs.

Tetapi untuk kenyamanan pengguna sosial media lainnya, hindari terlalu sering membagikan artikel secara berulang-ulang dengan konten yang sama agar tidak dianggap spam.

Internal link akan membantu mesin pencari dalam mengindeks situs anda. Selain itu, internal link juga akan menjadi rujukan pembaca dalam membuka halaman demi halaman berdasarkan konten terkait.

Tetapi terkadang blogger biasa mengabaikan internal link. Padahal internal link itu adalah link yang hanya mengarah pada artikel atau halaman lain dari blog kita sendiri. Semakin banyaknya internal link maka semakin memperbanyak artikel yang bisa diindeks google.

Jika anda perhatikan situs situs besar seperti detik.com, disetiap artikel yang mereka terbitkan banyak sekali internal link yang mereka buat. Teknik ini berguna bukan saja untuk mengundang pembaca melainkan untuk menguatkan posisi mereka di mata Google.

Membuat internal link dalam artikel akan menguntungkan anda sendiri. Sebuah artikel dengan banyak internal link didalamnya cukup mudah untuk masuk ke halaman depan google. Coba saja terapkan teknik internal link ke semua artikel, pasti hasilnya akan jauh lebih baik.

Broken link adalah link yang sudah tidak aktif lagi. Maksundya, jika anda mengakses link tersebut maka hasilnya akan menampilkan halaman error 404.

Jika anda pengguna blogspot, anda bisa memanfaatkan banyak tools dari situs-situs terpercaya yang menyediakan tools broken link checker. Namun jika anda pengguna wordpress, anda bisa mendeteksinya dengan mudah dengan menggunakan plugin broken link checker.

Jika anda tetap saja mempertahankan broken link pada situs anda, maka selanjutnya link tersebut akan dianggap sebagai SPAM oleh Google dan membawa citra buruk kepada blog yang anda kelola. Link yang sudah mati itu harus segera dihapus karena tidak lagi mengarahkan ke mana-mana. Makin dipertahankan, makin membuat peringkat blog anda terjun bebas.

6. Sabar dan Berusaha dalah Kunci Keberhasilan

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa untuk meningkatkan nilai domain authority tidak bisa dilakukan dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi nilai domain authority adalah usia domain itu sendiri.

Sangat mustahil jika anda baru saja membeli domain baru yang tidak pernah didaftar sebelumnya lalu mengharapkan nilai domain authority yang tinggi.

Secara umum, semakin berusia domain tersebut maka peluang untuk mendapatkan nilai domain authority sangat tinggi. Dengan catatan domain tersebut harus aktif pada sebuah situs. Bukan domain yang dibeli lalu tidak dipergunakan.

Jadi, seiring semakin berusianya domain anda, maka lakukanlah hal-hal terbaik seperti yang saya jelaskan pada poin-poin sebelumnya, terutama masalah teknik SEO.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA