Cara Meningkatkan Pengunjung Blog yang Jarang Update

0
108
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara meningkatkan pengunjung blog bisa dilakukan meskipun anda tidak selalu menerbitkan artikel baru. Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog ini sudah banyak dibahas para master SEO sebelumnya, jadi tulisan ini hanya sekedar mengingatkan kembali apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan pengunjung blog.

Kita menyadari bahwa sebagian dari kita melakukan aktivitas blogging hanya sebagai pengisi waktu luang saja. Ada aktivitas penting yang mesti kita lakukan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Namun meski demikian, usaha kita dalam membangun sebuah situs tentunya tidak harus disia-siakan. Kita bisa melakukan optimasi blog meskipun kita juga tetap harus menjalankan aktivitas diluar rumah.

Salah satu yang sering dikhawatirkan adalah soal pengunjung blog. Apakah pengunjung blog kita akan bertambah seiring bertambahnya artikel dan usia blog itu sendiri. Namun kenyataanya tidak selalu demikian. Ada juga blog yang tidak memiliki pengunjung ketika tidak diutak atik lagi.

Diluar sana, banyak blog yang kita temui telah terbengkalai karena sudah jarang mengupdate artikel. Biasanya, semakin jarang artikel blog diupdate maka pengunjung pun bisa menurun. Karena tantangan kehidupan nyata dan kehidupan sebagai blogger tidak bisa berjalan beriringan maka banyak yang memutuskan untuk berhenti ngeblog.

Bagi pengguna wordpress, membiarkan blog terbengkalai adalah sebuah kerugian. Masalahnya, anda menyewa hosting perbulan atau pertahun dengan harga yang mahal. Namun, jika blog tersebut tidak diurus maka biaya sewa hosting tersebut hanya terbuang sia-sia.

Untuk menghindari terjadinya kerugian itu, maka cara yang mesti dilakukan adalah tidak membiarkan blog tersebut terbengkalai meskipun anda jarang mengupdate artikel. Kemudian, mengoptimasi agar blog tersebut selalu dibanjiri pengunjung dengan artikel-artikel yang ada di situs anda.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa trik yang mesti diterapkan. Salah satunya adalah bagaimana menerapkan cara meningkatkan jumlah pengunjung blog tetap stabil meskipun anda jarang mengpdate artikel.

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog ini sudah banyak diterapkan para blogger yang sukses. Namun, sebagai kompetitor anda tidak boleh tinggal diam. Meningkatkan pengunjung blog adalah misi nomor satu dalam membangun sebuah blog.

Nah kembali pada topik awal, bagaimana sebenarnya meningkatkan pengunjung blog meskipun anda jarang menguppdate artikel?

Ada beberapa teknik yang mesti diterapkan untuk mewujudkan hal tersebut. Tetapi teknik ini bukan berarti anda mengabaikan teknik optimasi SEO yang lainnya.

Cara meningkatkan pengunjung blog meskipun jarang mengupdate artikel bisa dilakukan dengan menerapkan teknik berikut ini.

1. Buat Artikel yang Selalu Dicari

Buatlah artikel tentang informasi yang akan selalu dicari orang. (Baca: Jenis Konten Yang Paling Banyak Dicari Orang). Artikel tersebut dapat menarik banyak pengunjung blog dengan jangka waktu yang lama. Selain itu, jenis artikel seperti itu akan menambah kepercayaan pengunjung sebagai referensi. Usahakan juga untuk membuat artikel pilar dalam situs anda.

Baca Juga:?
1. Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted
2. Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress yang Tepat
3. Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Artikel yang akan selalu dicari orang seperti artikel Tutorial, Cara-Cara, Resep, dll. Hindari membuat artikel berita atau gosip jika situs anda bukan situs berita yang mencari pengunjung melalui google news.

2. Selalu Update Artikel Yang Sudah Ada

Meningkatkan jumlah pengunjung blog tidak selalunya harus menerbitkan artikel baru. Mengupdate artikel yang lama juga bisa mendatangkan pengunjung baru. Mengupdate artikel misalnya anda membuat tutorial, pada saat diterbitkan masih dengan cara lama, tetapi cara tersebut sudah tidak berlaku lagi karena sudah ada cara versi terbaru. Artikel yang demikian harus diupdate agar selalu memberikan informasi yang terbaru pula.

Baca Juga:
1. Mengatasi Komentar SPAM di WordPress dengan Disqus
2. 4 Situs Cek Loading Website Paling Direkomendasikan
3. Cara Mengetahui Lokasi Server Website
4. Apa Manfaat Melakukan Blogwalking?
5. Cara Mengoptimalkan SEO pada WordPress

Mengupdate artikel lama juga bisa dilakukan dengan mengecek kesehatan postingan seperti memperbaiki salah ketik, mengecek link yang sudah tidak berfungsi. Atau, jika anda terlampau lama baru membuka dashboard wordpress, maka akan banyak tumpukan komentar yang masuk kesitus tersebut. Anda bisa meluangkan waktu untuk memoderasi kementar teresebut secara seleksi. Dengan demikian maka artikel kita akan semakin berkualitas dari waktu kewaktu hingga akhirnya mendapat ranking di google.

3. Jangan Abaikan Promosi

Walaupun kita jarang memposting artikel baru, setidaknya jangan pernah abaikan promosi blog. Dengan promosi maka akan menarik orang untuk mengunjungi blog kita yang sudah diisi dengan artikel-artikel terbaik dan terlengkap yang dibutuhkan banyak orang.

Promosi memegan peranan penting dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Promosi artikel adalah salah satu unsur SEO Off Page, artinya optimasi yang dilakukan diluar dari halamn situs anda sendiri.

Melakukan promosi blog akan memberikan banyak keuntungan, Anda bisa mendapatkan audience tertarget yang minatnya sesuai dengan isi artikel anda. Jika mereka tertarik, tidak menutup kemungkinan mereka bisa menjadi pembaca setia anda.

4. Optimalkan SEO On Page

Salah satu cara meningkatkan pengunjung blog dalam rentang waktu yang lama adalah dengan cara menerapkan teknis SEO On Page secara benar dan maksimal. Cara ini akan membuat blog anda merangkak memasuki halaman depan pencarian google.

Baca Juga:
1. Apa Itu SEO? Pengertian SEO Dan Manfaat SEO
2. Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google
3. Cara Menurunkan Bounce Rate di WordPress

Salah satu teknik yang bisa diterapkan adalah memaksimalkan link antar postingan. Link antar postingan akan memberikan rujukan lain dari halaman anda terhadap pembaca. Selain itu, peningkatan jumlah internal link akan membuat ranking situs anda semakin meningkat. Dari salah satu sumber terpercaya, bahwa meningkatkan jumlah link antar postingan bisa meningkatkan angka Domain Authority dan Page Authority.

Hal tersebut biasanya akan diiringi oleh peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan. Nah dengan menerapkan cara ini maka anda bisa mendapatkan pengunjung blog dalam jumlah yang banyak.

Nah itulah cara membuat blog agar tidak kehilangan pengunjung meskipun kita jarang update artikel. Sebenarnya mudah saja, tetapi seringkali tidak menjadi prioritas kita makanya jangan heran kalau pengunjung blog bisa saja semakin menurun ketika kita jarang memposting artikel tetapi mengabaikan cara diatas. Salam, admin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here