Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

0
323
Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Cara meningkatkan pengunjung organik blog harus dilakukan karena dengan meningkatkan pengunjung organik, blog akan disukai google. Pengunjung organik adalah pengunjung yang murni berasal dari google search engine, atau dengan kata lain pengunjung organik adalah pengunjung yang datang ketika menuliskan kata kunci di google.

Apa itu Pengunjung Organik atau Traffic Organic ?

Istilah pengunjung organik atau traffic organik adalah jumlah pengunjung yang datang ke sebuah website melalui mesin pencarian baik itu google, yahoo, yandex, dan lain-lain.

Google sangat menyukai pengunjung organik karena pengujung tersebut datang ke situs kita atas dasar kesadaran sendiri melalui kata kunci yang mereka cari dari kolom pencarian.

Semakin banyak trafik dari google maka semakin besar pula blog anda masuk di halaman satu google. Sehingga bisa dikatakan blog dengan trafik organik tinggi mempunyai kualitas SEO yang baik.

Kalau ada pengunjung organik, berarti ada pengunjung non organik. Ya benarr..

Apa itu Pengunjung Non organik?

Pengunjung non organik adalah kebalikan dari pengunjung organik pastinya. Dimana pengunjung yang datang ke situs anda bukan berasal dari hasil pencarian atau mesin telusur. Pengunjung yang datang ke situs anda karena mendapati link artikel anda di tempat lain, misalnya di Facebook, Twitter, dll.

Misalnya ada seseorang yang membagikan artikel anda, lalu pengunjung membuka link tersebut kemudian menuju ke halaman situs anda maka dikatakan pengunjung non organik.

Misalnya lagi ketika anda melakukan blogwalking dengan menuliskan URL dikotak komentar, maka pengunjung yang datang dari sana dikatakan juga pengunjung non organik.

Baca : Sumber Lalu Lintas Traffic Situs WordPress

Ada beberapa istilah lalu lintas untuk pengunjung non organik, diantaranya:

1. Pengunjung Refferal

Pengunjung ini datang ke situs anda karena mendapati link situs yang diikutkan pada program promosi. Misalnya anda melakukan promosi di Facebook, Google Adwords, Twitter Ads, dll.

2. Dirrect Visitor

Dirrect visitor ini biasa juga dikatakan pengunjung langsung yaitu mereka yang mengunjungi situs anda dengan menuliskan url situs anda langsung di address bar. Dikatakan pengunjung non organik juga karena mereka sengaja mengetik langsung url sehingga tertuju pada halaman suatu blog tanpa membidik kata kunci yang dicari.

Pengunjung dari search engine yang banyak, mengindikasikan bahwa semakin banyak keyword yang dibidik tepat sasaran. Oleh karena alasan itu para blogger lebih mementingkan untuk lebih meningkatkan sasaran pada pengunjung organik.

Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Blog Sampai 200%

Meningkatkan pengunjung blog sampai 200% adalah impian semua blogger. Dimana semakin tinggi jumlah kunjungan situs tersebut maka banyak keuntungan yang akan didapat. Bukan saja keuntungan dari rupiah, tetapi kredibilitas situs anda di mata pengunjung dan mesin pencari itulah yang lebih utama.

Ada beberapa hal yang perlu anda terapkan jika anda ingin meningkatkan pengunjung organik situs anda sampai 200%. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh blogger sebelumnya, dimana dari awalnya mereka hanya memiliki beberapa pengunjung saja, tetapi setelah menerapkan poin-poin dibawah ini dengan tepat maka pelan tapi pasti jumlah pengunjung akan merangkak sampai 200%.

1. Terapkan Teknik SEO yang baik

Cara meningkatkan pengunjung organik yang pertama adalah menerapkan teknik SEO, cara yang paling wajib jika anda ingin situs anda semakin ramai. Menerapkan teknik SEO juga akan mengantarkan blog anda menguasai halaman depan google pencarian. Dengan begitu maka anda akan mendulang lalu lintas organik ke situs anda.

Berbicara tentang teknik SEO ini terbagi dalam dua klasifikasi, yaitu teknik SEO On Page dan SEO Off Page. Mulailah dari dalam situs anda dengan menerapkan semua teknik SEO on Page kemudian pelan pelan terapkan juga SEO Off Page.

2. Buatlah Artikel yang Tidak Akan Berhenti Dicari

Meningkatkan pengunjung organik blog berikutnya adalah membuat artikel seperti ini akan membuat blog anda selalu eksis terus menerus. Hal ini tentunya terkait dengan pemilihan niche blog dari awal. Anda harus pintar-pintar menentukan niche blog yang isi artikelnya tak lapuk oleh hujan, tak lekang oleh panas.

Baca: Jenis Konten Yang Paling Banyak Dicari Orang

Untuk mendapatkan banyak pengunjung, sebaiknya buatlah artikel abadi. Artinya artikel yang tidak hanya akan dicari pada saat-saat tertentu misalnya artikel tentanng batu akik yang hanya akan booming dalam bebrapa waktu saja.

Buatlah artikel seperti Tutorial WordPress, Cara, Teknik, dll. Artikel seperti itu pasti akan selalu ada orang yang mencarinya. Itulah yang menyebabkan trafik blog stabil meskipun jarang update.

3. Buatlah Konten yang Paling Banyak Dicari

Membuat jenis konten yang paling banyak dicari orang sangat ampuh meningkatkan pengunjung blog dengan cepat. Bedanya dengan poin ke dua hanya persoalan jangka waktu saja. Membuat artikel yang paling banyak dicari akan membuat situs anda selalu ramai dikunjungi orang setiap hari.

Buatlah artikel unik dan original yang banyak dicari orang seperti “cara meningkatan pengunjung blog”.

Baca: Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Anda perlu menggunakan fitur google trends untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari dalam rentang waktu tertentu. Google keyword planner juga siap membantu anda untuk mendapatkan kata kunci yang masih rendah tingkat persaingannya.

4. Bangun Kepercayaan Blog Anda Kepada Pembaca

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya adalah soal kepercayaan pembaca. Berbicara soal kepercayaan itu susah susah gampang. Susahnya ketika anda masih berusaha untuk membangun kepercayaan itu. Sisi gampangnya adalah ketika pembaca sudah percaya dengan apa yang anda tulis, maka pembaca tersebut akan selalu datang mengunjungi situs anda atas kesadarannya sendiri.

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted

Buatlah artikel sesuai dengan keahlianmu dan berikan solusi atas masalah yang membingungkan banyak orang. Dengan begitu maka orang orang akan selalu mengunjungi situs anda untuk mencari solusi atas masalah yang didapatinya.

Jika anda ahli dalam menguasai SEO, berikanlah penjelasan dan solusi terkait dengan penerapan teknik SEO yang benar. Dengan begitu orang akan menilaimu dan menjadikanmu sebagai rujukan untuk mengatasi masalah penerapan SEO.

Jangan sesekali anda mengecewakan pembaca anda, karena yang namanya kepercayaan sama halnya seperti kertas. Jika sudah kusut, maka susah untuk mengembalikannya seperti semula.

Lakukanlah seperti itu dengan konsisten, maka akan menambah jumlah pengunjung organik, meskipun tidak seberapa tetapi tetap membantu. Lama kelamaan akan semakin banyak orang yang mempercayaimu dan merujuk blog mu sebagai bahan referensi mereka.

5. Selalu Update Artikel yang Sudah Usang

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya adalah selalu mengupdate artikel. Untuk mengupdate artikel tidak selamanya kita harus menerbitkan artikel baru. Mengupdate artikel yang sudah ada bisa saja dengan cara memperbaiki salah ketik, mengecek link yang sudah tidak berfungsi, atau sekalian memperbaharui informasi yang ada didalamnya.

Dengan demikian maka artikel kita akan semakin berkualitas dari waktu kewaktu hingga akhirnya mendapat ranking di google

6. Optimalkan Penggunaan Link Antar Postingan

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya adalah mengoptimalkan link antar postingan. Link antar postingan akan menjadi rujukan bagi mesin pencari untuk merayapi situs anda. Cara ini adalah salah satu cara untuk membuat posisi anda di google tidak menurun walaupun anda jarang memposting artikel.

Mengapa demikian, karena jika ada salah satu halaman yang berada di halaman atas google dan halaman tersebut melink halaman lainnya, maka ini adalah petunjuk yang akan digunakan oleh robot google untuk menampilkan artikel anda yang terlink pada halaman yang pertama tadi. Dengan begitu maka posisi anda di google bisa dibilang akan bertahan lama.

7. Tingkatkan Waktu Loading Blog

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya adalah soal waktu loading blog. Meningkatkan waktu loading blog sangat mempengaruhi posisi situs anda di hasil pencarian. Bagaimana anda mau meningkatkan jumlah pengunjung organik jika situs anda lambatnya minta ampun.

Baca: Cara Menurunkan Bounce Rate di WordPress

Sebagai algoritma baru, Google akan selalu memprioritaskan blog yang memiliki waktu loading yang cepat untuk menempati posisi depan hasil pencarian.

Untuk meningkatkan loading blog anda dapat menggunakan plugin gratis maupun berbayar. Salah satu plugin berbayar yang kami rekomendasikan adalah plugin WP Rocket. Anda dapat mempercepat loading website dengan Plugin WP Rocket tanpa menghabiskan waktu untuk melakukan pengaturan pada blog anda.

Jika anda menggunakan plugin WP Rocket, anda dapat mengikuti Cara Setting Plugin WP Rocket Di WordPress.

Anda dapat mengetahui kecepatan blog Anda di Pingdom Website Speed Test, GTMetrix, atau google Page Speed Insight. Kalau waktu untuk mengaksesnya cepat, anda bisa melangkah ke cara berikutnya. Jika sebaliknya, cari penyebabnya.

8. Buat artikel Diatas 1000 Kata

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya yaitu membuat artikel panjang diatas 1000 kata. Membuat artikel panjang atau diatas 1000 kata akan membuat situs anda terlihat unik di mata google. Google akan menilai bahwa artikel anda adalah artikel yang lengkap dengan sajian ulasan yang lebih detail.

Google akan selalu menampilkan artikel yang berkualitas di hasil pencariannya. Jika artikel anda dianggap berkualitas, maka sudah pasti artikel anda berada di hasil pencarian teratas yang akan mendulang pengunjung organik secara terus menerus.

Artikel yang panjang juga akan membuat pengunjung penasaran untuk membaca artikel anda sampai selesai. Semakin lama pengunjung di situs anda maka nilai angka bounce rate anda akan menurun. Kita semua tahu bahwa semakin kecil angka bounce rate maka kualitas situs tersebut semakin baik. Bounce rate adalah persentase seberapa lama pengunjung bertahan disitus anda.

9. Sebaiknya Gunakan Kata Kunci Panjang Sebagai Target

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya adalah soal kata kunci. Kata kunci berekor panjang atau Long Tail Keyword adalah kata kunci yang anda gunakan yang terdiri dar tiga kata atau lebih.

Mengapa Menggunakan Long Tail Keyword (LTK)?

Kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata tingkat persaingannya sangat tinggi. Banyak situs-situs senior yang menggunakan kata kunci tersebut. Saya hanya khawatir situs anda kurang mampu bersaing secara instant. Akibatnya situs anda hanya akan berada di posisi paling belakang.

Dengan menargetkan long tail keyword maka peluang blog Anda masuk halaman 1 Google lebih besar. Mengapa? Karena biasanya Long Tail Keyword tidak dilirik oleh blogger-blogger besar sehingga persaingannya rendah di halaman 1 Google.

Pengunjung yang datang dari Long Tail Keyword memang tidak banyak. Namun, jika Anda menargetkan banyak Long Tail Keyword, hasilnya akan besar. Seperti pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

10. Jangan Membohongi Google

Cara meningkatkan pengunjung organik blog selanjutnya adalah soal kejujuran. Google itu canggih, Google tahu teknik yang anda terapkan untuk memanipulasi hasil pencarian. Jangan pernah gunakan teknik-teknik yang curang hanya untuk mengejar posisi teratas hasil pencarian. Hal ini akan sangat buruk bagi situs anda jika terdeteksi.

Meningkatkan jumlah pengunjung organik sebaiknya dilakukan degan cara etis karena ini menyangkut dengan kredibilitas google itu sendiri.

Lebih baik ciptakan konten hebat yang membantu pengguna dan memberikan solusi atas apa yang mereka cari. Imbas positifnya akan menggerakkan lalu lintas organik lebih banyak dari cara kotor yang pernah ada.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung organik situs anda sampai 200%. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here