Home Internet Google Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP Gajian Ratusan Juta

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP Gajian Ratusan Juta

Bagaimana cara menjadi youtuber pemula hanya dengan modal HP? Banyak youtuber pemula yang sudah sukses dengan penghasilan jutaan rupiah perbulan hanya dengan modal Hp, bahkan channel mereka pun memiliki banyak subscriber.

Nah sekarang giliran anda, bagaimana cara menjadi youtuber pemula modal HP saja? Jika orang lain bisa mengapa anda tidak bisa? Faktanya, banyak youtuber pemula yang hanya iseng-iseng mengunggah video di youtube namun menghasilkan banyak uang perbulannya. Artinya, mereka bisa sukses tanpa memiliki perlengkapan untuk membuat konten video seperti para youtuber lainnya.

Untuk menjadi seorang youtuber pemula sangat mudah. Mau yang muda, dewasa, bahkan orang tua pun banyak yang sukses mendapatkan gajian puluhan juta dari youtube hanya karena channelnya yang membahas tentang aktivitas sehari-hari.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah proses. Dalam sehari ada 24 jam untuk anda yang mau berkreativitas membuat konten video bermanfaat sehingga bisa menarik penonton untuk menjadi subscriber anda.

Cara menjadi youtuber pemula hanya modal HP saja itu susah-susah gampang. Mengapa demikian? Susahnya bisa jadi karena anda belum terbiasa dengan bidang ini. Terus gampangnya jika nanti kalian sudah terbiasa dengan youtube, maka bisa jadi aktivitas ini akan menjadi rutinitas harian anda.

Apalagi jika semua konten yang diunggah melalui channel youtube anda sudah menghasilkan uang, tentunya rasa semangat pun semakin besar. Bayangkan hanya buat konten lalu bisa menghasilkan uang, sebuah aktivitas yang jarang kena sinar matahari tetapi bisa menghasilkan banyak uang.

Cara menjadi youtuber pemula modal Hp itu tidak masalah. Intinya bagaimana anda bisa kreatif dalam menuangkan ide-ide menjadi sebuah konten video yang menarik dan bermanfaat. Yang penting anda jujur dalam membuat konten serta selalu mengedepankan adab-adab ditengah masyarakat.

Dengan sendirinya channel anda akan mendapat subscriber, sedikit-sedikit tapi pasti. Youtube tidak sama dengan platform konten yang lain karena youtube sudah memiliki peminat tersendiri dalam jumlah yang besar di Indonesia.

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP Bisa Gajian Puluhan Hingga Ratusan Juta

Meskipun hanya bermodalkan Hp, tetapi anda bisa menjadi youtuber sukses dengan berjuta subscriber yang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta perbulannya.

Berikut ini cara menjadi youtuber pemula hanya bermodal HP dengan jutaan subscriber.

1. Miliki HP Smartphone yang Mumpuni

Untuk menjadi youtuber pemula modal HP yah pastinya anda juga harus memiliki sebuah smartphone. Smartphone yang bagus untuk membuat sebuah konten youtube adalah smartphone yang memiliki kualitas kamera yang bagus serta bisa merekam suara lebih jernih.

Selain itu, spesifikasi teknis lainnya juga wajib anda perhatikan seperti RAM dan dan memori penyimpanan yang besar. Tentu anda tidak ingin performa smartphone melambat ketika sedang merekam sebuah video karena permasalahan RAM yang rendah.

Baca: 5 HP Huawei Harga 2 Jutaan Terbaru

Selain itu media penyimpanan juga harus bisa menampung berbagai macam video yang anda buat. Karena biasanya semakin tinggi resolusi sebuah video maka kapasitas filenya juga semakin besar.

Kemudian baterainya, pilihlah smartphone yang kapasitas baterainya bisa bertahan hingga beberapa jam dalam merekam sebuah video.

Anda bisa menemukan sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau.

2. Buat Channel Youtube

Untuk menjadi seorang youtuber, pastinya anda harus memiliki sebuah channel youtube. Bagaimana bisa jika anda tidak memilikinya? Sebenarnya dengan satu akun google, anda sudah punya akun youtube. Namun agar bisa mengunggah konten yang anda buat, anda harus membuat sebuah channel youtube.

Untuk cara membuat channel youtube saya sudah menuliskannya tersendiri pada sebuah artikel. Baca cara membuat channel youtube yang menghasilkan uang dari internet untuk membuat channel youtube anda.

Tak hanya sampai disitu, anda harus menguasai semua fitur yang ada pada channel youtube anda. Semua fitur yang ada pada channel sangat berguna untuk menarik penonton sehingga bisa menjadi subsriber anda.

Contohnya apa? Di pengaturan channel ada fitur header, foto profil, dll. Semua fitur tersebut akan membuat channel anda semakin terlihat professional.

3. Miliki Kemampuan Editing Dasar

Untuk menghasilkan sebuah video yang menarik, maka ada sebuah proses yang disebut dengan Editing. Proses ini akan membuat video anda semakin menarik dengan tambahan-tambahan efek serta transisi.

Baca: Software Desain Grafis Terbaik dan Paling Terkenal

Proses ini juga akan menghilangkan bagian-bagian video yang dirasa kurang penting atau tidak layak untuk ditonton. Selain itu, melalui proses editing pula anda bisa menambahkan musik sebagai backsound video yang akan diunggah.

Kemampuan editing dasar itu seperti memotong video, menambahkan lagu, memberikan efek, transisi, dll.

Untuk mengedit sebuah video tidak harus menggunakan software professional seperti Adobe Premier, Sony Vegas, Final Cut Pro, Filmora, dll. Dengan menggunakan sebuah HP anda juga bisa melakukan editing pada sebuah video.

Baca: Aplikasi Android Untuk Memotong dan Menggabungkan Video

Melalui play store anda bisa dapatkan berbagai aplikasi editing video dari yang gratis hingga yang berbayar. Yang jelasnya, wajib hukumnya anda memiliki kemampuan dasar editing video untuk membuatnya semakin menarik.

4. Siapkan Peralatan

Sebagai youtuber pemula anda bisa menggunakan Hp untuk merekam video. Pada tahap ini siapkan diri anda sehingga bisa percaya diri ketika berbicara didepan kamera.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas video usahakan anda memiliki pencahayaan yang bagus walau haya mengandalkan sinar matahari. Kedepannya jika channel anda sudah berkembang anda bisa menggunakan peralatan yang lebih professional.

5. Buat Rancangan Konten yang Segar

Selanjutnya barulah anda fikirkan apa konsep konten video yang akan dibuat. Misalnya anda ingin membuat konten video gaming, tutorial, motivasi, dll. Youtube memiliki banyak niche yang bisa anda ikuti.

Pada step ini hindari membuat konten yang sama persis dengan konten yang dibuat oleh youtuber lain. Usahakan selalu mencari ide unik dan menarik yang sedang digandrungi masyarakat saat ini. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan google trends untuk mengetahui apa yang sedang trending saat ini.

Dalam mencari ide, anda bisa menyempatkan diri untuk melihat konten dari youtuber Bisa jadi anda menemukan ide kreatif setelah melihat video dari youtuber lain. Tapi ingat, jangan membuat video yang sama persis.

6. Buat Konten yang Lebih Personal

Untuk meningkatkan subscriber channel youtube anda, cobalah bikin konten yang sifatnya lebih personal. Seperti apa? contohnya seperti video nge-vlog. Banyak aktivitas-aktivitas haruan yang bisa menjadi bahan nge-vlog anda.

Misalnya jika anda gemar memancing, anda bisa memanfaatkan hobi ini untuk meningkatkan subscriber channel anda. Banyak sekali channel yang memiliki ribuan hingga puluhan ribu subscriber hanya dengan mengunggah video memancing tanpa editing sama sekali.

Apalagi jika video yang anda buat sudah melewati tahap editing tentu akan semakin menarik.

Membuat konten seperti nge-vlog bisa menunjukan sentuhan personal sekaligus memberikan hiburan dan edukasi yang bermanfaat bagi penonton.

7. Gunakan Teknik SEO Youtube

Menjadi youtuber bukan sekedar rekam, edit lalu upload video. Ingat, pengguna youtube bukan hanya anda, ada jutaan channel dengan video yang mungkin lebih menarik dari konten yang anda buat.

Pastikan video yang anda buat bisa dilihat banyak orang dengan menggunakan teknik SEO Youtube.

Bagaimana itu SEO Youtube?

SEO Youtube tidak seperti SEO di Blog. Secara umum SEO Youtube sangat simple. Anda hanya perlu menggunakan judul video yang deskriptif serta pastikan anda menggunakan tag dan kata kunci yang relevan di deskripsi video sesuai kata kunci yang akan dicari calon subsriber anda.

Baca: Cara Membuat Blog yang SEO Friendly Dengan Google

8. Monetize Channel Dengan Adsense

Monetize channel adalah membuat semua konten video yang anda unggah agar bagaimana bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program periklanan Google Adsense.

Baca: Cara Cepat Diterima Google Adsense

Sebagai youtuber pemula anda tidak bisa langsung memikirkan hal ini. Permasalahannya untuk mengikuti program adsense ada syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah channel. Syarat tersebut adalah jumlah subscriber harus lebih dari 1.000 dan 4.000 waktu jam tonton.

Agar channel anda bisa segera memenuhi syarat tersebut, usahakan perbaiki konten anda. Buatlah video dengan durasi yang labih panjang dan menarik agar bisa mendapatkan 4.000 waktu jam tonton. Setelah itu barulah anda bisa mendaftarkan channel anda pada program google adsense.

Sebagai channel yang masih baru, program yang selalu menjadi incaran pertama adalah google adsense. Kedepannya jika channel anda sudah berkembang, anda bisa mengembangkan sumber pendapatan dari sponsorship atau endorsement.

9. Jalin Koneksi dengan Content Creator Lainnya

Sebagai pendatang baru di Youtube, anda harus pintar-pintar menjalin koneksi dengan content creator lainnya. Dengan begitu anda bisa meminta bantuan mereka dan juga lebih mudah untuk membuat video kolaborasi.

Melalui video kolaborasi, penonton dari channel rekan YouTuber anda akan menonton video yang anda buat. Tentunya hal ini bisa berdampak positif bagi perkembangan channel anda.

Kesimpulan:

Menjadi seorang youtuber adalah impian banyak orang meskipun itu hanya dengan modal Hp. Terutama, jika anda Youtuber pemula dan akan membangun channelnya, pastinya akan banyak mengalami tantangan demi tantangan, sebelum anda benar-benar mendapatkan gajian Youtube dari Adsense.

Jangan minder pada mereka yang sudah berhasil mendapatkan uang dengan jutaan rupiah dari Youtube, tapi lihatlah bagaimana proses mereka membangun sebuah channel dari nol. Bahkan seorang youtuber sekelas Atta Halilintar dan Ria Ricis saja memulai dari channelnya dari 1 subscriber, dan itulah proses.

Cara bersaing yang sehat adalah meningkatkan kualitas konten yang anda buat. Usahakan selalu buat konten yang bermanfaat, mendidik, dan tentunya memberikan manfaat bagi orang banyak.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA