Home Sosial Media Cara Merekam Video Call WhatsApp

Cara Merekam Video Call WhatsApp

Cara Merekam Video Call WhatsApp – Banyak pengguna android maupun iPhone yang belum tau bagaimana cara merekam video call atau panggilan video di whatsapp. Jelasnya karena whatsapp tidak menyediakan fitur rekam video call secara gratis untuk penggunanya. Namun jika anda sering melakukan video call dan ingin mendokumentasikan aktivitas tersebut sebagai video pribadi, anda dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi perekam video.

Video call adalah salah satu fitur yang membuat whatsapp memiliki pengguna terbanyak di dunia. Meskipun fitur video call juga tersedia di berbagai platform media sosial dan chatting, kebanyakan pengguna internet lebih tertarik menggunakan video call di whatsapp.

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru

Fitur video call di whatsapp awalnya hanya digunakan untuk melakukan video secara pribadi. Namun seiring peningkatan fitur whatsapp, kini fitur tersebut sudah bisa digunakan untuk melakukan video call secara konferensi.

Kemudahan dalam menggunakan fitur video call whatsapp semakin menjadikan aplikasi ini banyak diinstall pengguna smartphone termasuk pengguna Android dan iPhone. Selain itu, pengguna tidak akan dikenakan biaya sama sekali ketika menggunakan fitur video call.

Baca Juga: Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Tidak Bisa Login

Anda bisa menikmati layanan video call whatsapp kapanpun anda mau. Asalkan dengan satu syarat, perangkat smartphone harus terhubung dengan internet alias harus online.

Namanya video call, jelas aktivitas ini akan menghabiskan banyak kuota internet. Jika anda hanya menggunakan paket internet seluler, maka persiapkan kuota internet anda sebanyak mungkin. Tentunya anda pasti kesal jika paket internet anda habis pada saat sedang melakukan panggilan video.

Seiring semakin seringnya pengguna melakukan aktivitas video call, banyak pengguna yang mempertanyakan bagaimana cara merekam video call di whatsapp. Sebenarnya untuk merekam aktivitas apapun pada layar smartphone bisa dilakukan dengan aplikasi perekam layar. Termasuk juga jika pengguna ingin merekam video call di aplikasi whatsapp.

Baca Juga: Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Bagi anda pengguna whatsapp yang gemar melakukan video call, anda bisa mendokumentasikan aktivitas anda dengan merekam video call whatsapp menggunakan aplikasi perekam video.

Manfaat Merekam Video Call WhatsApp

Banyak sekali manfaat jika pengguna merekam video call whatsapp, diantaranya:

  1. Sebagai kenangan tertentu terhadap seseroang atau keluarga.
  2. Sebagai dokumentasi informasi penting.
  3. Sebagai bahan share.
  4. dan masih banyak lagi.

Sebagai tambahan informasi, saya akan berikan tutorial bagaimana cara layar Hp termasuk untuk merekam aktivitas video call di whatsapp.

Cara Merekam Video Call WhatsApp Tanpa Aplikasi

Pengguna whatsapp bisa merekam video call di whatsapp tanpa aplikasi tambahan. Banyak smartphone android saat ini yang sudah dilengkapi dengan fitur perekam layar sendiri. Jadi, pengguna tidak perlu aplikasi tambahan jika ingin merekam aktivitas layar termasuk video call.

Baca Juga: Cara Membuka Banyak Akun WhatsApp Dengan Aplikasi Franz 5

Untuk menemukan fitur tersebut, anda bisa mencarinya melalui fitur pencarian aplikasi. Pada beberapa tipe merk smartphone, fitur ini bisa ditemukan melalui pengaturan manajemen aplikasi.

Namun bagi pengguna smartphone yang tidak memiliki fitur tersebut, anda bisa merekam video call dengan bantuan aplikasi.

Cara Merekam Video Call WhatsApp Dengan Aplikasi Perekam Video Call

Untuk merekam video call di whatsapp, pengguna android bisa menggunakan aplikasi perekam layar.

1. DU Recorder

Aplikasi Perekam Video Call DU Recorder

Aplikasi ini sebenarnya bukan hanya untuk merekam video call di whatsapp saja. Semua aktivitas di layar smartphone bisa direkam oleh aplikasi DU Recorder kedalam file video mp4.

Berikut cara layar Hp Android dengan aplikasi DU Recorder.

  • Install DU Recorder dari Play Store / APK Pure
  • Buka aplikasi DU Recorder, maka akan muncul ikon aplikasi di pojok.
  • Ketika melakukan video call di whatsapp, tap aplikasi tersebut
  • Tap untuk mulai merekam video
  • Untuk berhenti, tap stop atau tanda silang.
  • Secara otomatis hasil perekaman akan tersimpan di penyimpanan hp.
  • Selesai.

2. Az Screen Recorder

Untuk merekam aktivitas layar HP android, anda bisa menggunakan aplikasi Az Recorder. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta pengguna.

Dengan aplikasi ini anda bisa merekam video call secara gratis tanpa watermark bahkan tanpa iklan. Hasil rekaman video yang sangat bagus, serta kualitas hasil rekaman juga lebih berkualitas dengan resolusi Full HD atau QHD.

Berikut cara merekam saat video call di whatsapp dengan aplikasi Az Recorder.

  • Install Az Recorder dari Play Store / APK Pure
  • Buka aplikasi Az Recoreder, dan icon warna merah akan timbul pada sisi layar
  • Buka whatsapp untuk melakukan video call
  • Tekan tombol yang berwarna merah dengan ikon kamera untuk mulai merekam.
  • Bila ingin berhenti, buka panel pemberitahuan dan tap Stop.
  • Hasil rekaman video akan tersimpan otomatis di galeri hp.
  • Selesai.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi perekam video call atau perekam layar Hp. Namun sebenarnya semuanya memiliki fungsi yang sama. Kedua aplikasi diatas adalah aplikasi perekam layar yang paling mudah digunakan.

Cara Merekam Video Call WhatsApp di iPhone

Untuk pengguna iPhone, cara merekam video call di whatsapp tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Pada iOS 11, fitur perekam layar sudah tersedia sebagai bawaan sistem.

Berikut cara merekam saat video call di whatsapp.

Cara-Merekam-Video-Call-WhatsApp-di-iPhone
  • Buka Pengaturan di iPhone.
  • Gulir ke bawah, pilh menu Control Center.
  • Buka Customize Controls, aktifkan Screen Recording ke atas (Include).
  • Buka whatsapp untuk melakukan video call
  • Untuk merekam layar, silahkan buka control panel dengan menggesek layar keatas.
  • Tekan fitur Screen Recording, dalam hitungan waktu 3 detik layar iPhone akan mulai direkam.
  • Untuk berhenti, cukup tekan/sentuh tombol Stop.
  • Selesai.

Hasil rekaman video akan otomatis tersimpan pada galeri iPhone.

Penutup

Demikianlah informasi tentang cara merekam panggilan video (video call) dari aplikasi chatting whatsapp. Harapan saya semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk hal-hal yang baik.

Jika anda memiliki pertanyaan tentang informasi diatas, atau mungkin anda punya cara lain untuk merekam video call, silakan kirimkan melalui kolom komentar di bawah artikel ini.

Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet, Teknologi dan teknik SEO yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama masalah Laptop/PC dan aplikasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA