Home Blogging Wordpress Cara Optimasi Gambar di WordPress Agar SEO Friendly

Cara Optimasi Gambar di WordPress Agar SEO Friendly

343
0
Cara Optimasi Gambar di WordPress Agar SEO Friendly

Cara Optimasi Gambar di WordPress – Untuk membuat blog wordpress lebih SEO friendly, perlu dilakukan optimasi. Salah satunya optimasi gambar wordpress untuk meningkatkan kecepatan loading blog dan lebih SEO friendly. Untuk melakukan optimasi gambar di wordpress bisa dilakukan dengan mudah bahkan dengan bantuan plugin atau tanpa plugin sekalipun. Sebagai tutorial dalam membuat blog menjadi lebih SEO friendly akan kami bahas bagaimana cara melakukan optimasi gambar di wordpress.

Ketika anda membuat artikel di wordpress, biasanya selalu dilengkapi dengan gambar sebagai media interaktif untuk pembaca. Gambar yang digunakan pada sebuah artikel biasanya dipilih dari gambar yang bagus dan menarik, tak lupa juga kesesuaian gambar dengan isi artikel yang sedang dibahas.

Sebagai situs yang mengedepankan kredibilitas, optimasi gambar yang digunakan dalam artikel wordpress haruslah berupa gambar yang bebas dari hak cipta. Di internet banyak sekali situs penyedia gambar gratis berkualitas yang bisa menjadi rujukan anda untuk menemukan gambar-gambar menarik untuk melengkapi konten anda.

Jika anda mahir menggunakan Corel Draw atau Adobe Photoshop, ini adalah sebuah kelebihan yang mungkin belum dimiliki orang lain. Dengan kedua software tersebut tentunya anda bisa membuat atau mendesain sebuah gambar yang menarik untuk digunakan sebagai bahan dalam membuat konten situs. Selain itu, anda juga bisa melindungi karya anda dengan membuat konten yang berhak cipta dengan menambahkan watermark.

Jika seorang penulis membuat konten di wordpress, biasanya kurang memperhatikan optimasi gambar yang digunakan. Seorang penulis hanya melakukan upload tanpa memperhatikan cara optimasi gambar agar lebih SEO terhadap google.

Baca: Cara Membuat Blog yang SEO Friendly Dengan Google

Mulai dari ukuran gambar yang tidak diperhatikan tentu hal ini akan berdampak pada loading blog yang lambat. Selain itu, tidak menambahkan informasi-informasi penting pada gambar akan membuat gambar tersebut susah dikenali google ketika seseorang mencarinya melalui google image.

Dalam menggunakan wordpress, ada beberapa cara optimasi yang biasa dilakukan agar sebuah gambar bisa lebih ramah terhadap google. Mengoptimalkan gambar wordpress adalah salah satu teknik SEO on Page yang akan meningkatkan peluang situs anda berada di halaman depan pencarian google

Untuk itu, pelajari cara optimasi gambar berikut ini agar bisa menjadi rujukan anda dalam mengembangkan sebuah blog.

Cara Mengoptimalkan Gambar di WordPress Agar Lebih SEO Friendly

1. Gunakan Format Gambar Yang Tepat

Optimasi gambar di wordpress yang pertama adalah pemilihan format gambar yang lebih cocok dengan situs anda. JPEG dan PNG adalah format gambar jenis format gambar yang banyak digunakan untuk melengkapi sebuah artikel.

Format gambar JPG banyak dipakai karena selain hasil gambarnya berkualitas (tidak pecah), juga terdapat fitur kompres JPG. Adapun format PNG biasanya digunakan pada gambar vektor, logo, screenshot, dll. Ukuran gambar PNG sedikit lebih besar dari ukuran gambar JPG (JPEG).

Untuk konten situs, ada datu format gambar yang lebih cocok digunakan. Format gambar tersebut adalah format WebP.

WebP adalah format gambar digital terbaru dari Google yang sudah dikembangkan sejak 2010. Hanya mungkin karena tidak dikenal luas, banyak perangkat yang belum mendukung format gambar ini, termasuk laptop yang anda gunakan.

WebP adalah format gambar yang lebih cocok digunakan dalam rangka optimasi gambar di wordpress. gambar dengan ekstensi WebP diklaim bisa mereduksi ukuran gambar sampai 25% dibanding format JPG atau PNG. Sehingga jika anda seorang blogger, penggunaan webp pada gambar yang diunggah akan mempercepat situs yang anda buat.

Baca: Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Plugin WP Rocket

Selain itu, WebP juga mendukung gambar bergerak/animasi, seperti pada format gambar GIF, yang mana tidak bisa dilakukan oleh format JPG dan PNG.

Jika anda banyak menggunakan gambar JPG dan PNG dan ingin mengubahnya menjadi format Webp, wordpress menyediakan plugin kompress gambar ke Webp yang bisa anda gunakan secara gratis.

Unduh plugin WebP Express untuk mengubah gambar menjadi format WebP dengan bantuan modul PHP Imagick dan GD.

2. Lakukan Kompres Gambar

Optimasi gambar yang kedua adalah melakukan kompres gambar. Untuk mengurangi ukuran gambar, sebuah gambar wajib dikompress terlebih dahulu. Tetapi yang perlu diperhatikan jangan melakukan kompress gambar sehingga membuat kualitas gambar tersebut menjadi rusak.

Untukmelakukan kompres gambar, anda bisa menggunakan beberapa cara.,

1. Kompres Gambar dengan Aplikasi

Banyak sekali aplikasi kompress gambar yang bisa anda gunakan, dari yang berbayar hingga yang gratisan. Beberapa kompress gambar diantaranya seperti:

  • Adobe Photoshop
  • Affinity Photo
  • Gimp
  • Paint
  • JPEGmini

Baca: Aplikasi Kompres Foto Terbaik di Android

2. Kompress Gambar Online

Jika tak mau repot meggunakan aplikasi, gunakan saja alat kompress gambar online yang banyak tersedia di internet. beberapa diantaranya yaitu:

  • TinyPNG
  • Compressor.io
  • Optimizilla
  • JPEGMini
  • Kraken
  • ImageOptim

3. Kompress Gambar dengan Plugin

Sebagai pengguna wordpress, anda bisa terbantu dengan menggunakan plugin kompress gambar. Plugin tersebut tersedia dari versi gratis hingga versi berbayar.

Beberapa plugin kompres foto WordPress yang kami rekomendasikan yaitu:

  • ShortPixel
  • Image Optimizer
  • ImageRecycle
  • EWWW Image Optimizer
  • Optimus Image Optimizer
  • Imagify Image Optimizer
  • WP Smush
  • Dan masih ada banyak lagi.

3. Resize Gambar Sesuai Kebutuhan

Jangan menggunakan gambar yang tidak sesuai dengan ukurannya masing masing. Misalnya anda ingin menggunakan gambar utama artikel yang berukuran 1024 x1024 px lalu anda menggunakan gambar yang berukuran 2000 x 2000 pixel tentu hal ini akan memperberat loading blog anda.

Maka sebelum itu, resize gambar yang hendak digunakan dengan ukuran yang sesuai. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti adobe photoshop atau aplikasi online lainnya.

Atau, anda bisa menggunakan fungsi resize gambar di wordpress dengan bantuan modul PHP. Caranya, buka media > library dan cari gambar yang akan anda resize. Pilih edit image dan anda bisa melakukan beberapa hal, misalnya crop, resize dan memutar gambar.

Editor Gambar di WordPress

4. Lengkapi Informasi Gambar

Melengkapi informasi gambar adalah salah satu cara mengoptimalkan gambar di wordpress. Dengan informasi gambar yang digunakan, google akan mengenali gambar tersebut dari informasinya.

Misalnya gambar tersebut adalah gambar “laptop” lalu anda memberi nama sebagai gambar “bunga”. Maka ketika seseorang mencari gambar bunga di google, gambar tersebut berpeluang muncul yang ternyata menampilkan gambar sebuah laptop.

Dari sini kita ketahui pentingnya untuk melengkapi gambar dengan informasi yang kaya. Ada 3 cara optimasi gambar dengan memberikan informasi yang lengkap, yaitu:

1. Menambahkan Teks Alternatif (Alt Text)

Google akan mengenal sebuah gambar berdasarkan teks alternatif yang diberikan padanya. Jika anda menggunakan sebuah gambar pada artikel, biasanya alternatif teks berisi dengan kata kunci yang ditargetkan sesuai dengan kata kunci artikel.

Untuk melengkapi alternatif teks, buka media > library dan pilih gambar yang akan anda lengkapi informasinya.

2. Gunakan Judul Gambar yang Sesuai

Judul gambar diambil dari nama file tersebut. Misalnya nama filenya adalah “laptop”, maka judul gambar tersebut adalah “laptop”. Usahakan membuat nama file yang tepat dengan mengandung kata kunci yang ingin ditarget. Nama file tersebut akan membantu google menampilkan gambar anda di Google Image.

Optimalkan judul gambar dengan menggunakan tanda penghubung antar kata agar google tidak membacanya sebagai kata-kata yang terpisah.

3. Berikan Caption Pada Gambar

Mengoptimalkan gambar di wordpress dengan caption akan memberikan informasi gambar kepada pengunjung. Selain itu, caption juga membantu google mengetahui tentang gambar apa yang muncul pada laman tersebut.

Ketika menggunakan wordpress dalam membuat artikel, penambahan caption gambar sangat mudah. Anda bisa menemukannya pada baris kecil langsung dibawah gambar.

Kesimpulan:

Melakukan optimasi gambar di wordpress adalah hal wajib jika anda menginginkan situs yang SEO friendly. Dengan optimasi gambar tersebut, google bisa mengenal konten situs anda dengan mudah dan membuat pembaca mendapatkan informasi bermanfaat dari situs anda.

Leave a Reply