Home Internet Indihome Cara Pasang Wifi Indihome Dengan Sistem Deposit

Cara Pasang Wifi Indihome Dengan Sistem Deposit

Berlangganan internet indihome memberikan banyak kelebihan. Dengan harga paket internet yang terjangkau anda sudah bisa menikmati berbagai fitur seperti UseeTV dan Netflix.

Cara pasang wifi indihome – Bagi anda yang ingin pasang wifi indihome di rumah, cara pasang wifi indihome 2020 sudah menggunakan sistem deposit. Berbeda dengan cara pasang wifi indihome tahun sebelumnya, sekarang PT. Telkom sudah memberlakukan sistem deposit atau jaminan pembayaran bagi pemasangan baru wifi Indihome.

Sebagai upaya menarik pelanggan, IndiHome biasanya menyediakan promo bagi pelanggan baru dengan harga bulanan yang lebih murah dari biasanya. Tahun lalu, tepatnya 2019 IndiHome menyediakan tiga paket layanan bagi pelanggan baru.

Sedangkan di tahun 2020 ini, paket yang ditawarkan IndiHome antara lain Paket Rumah Ceria 2020, Paket Prestige, Paket Gamer, Paket Bundling Cloud Storage, Paket Bank Himbara, dan Paket Streamix & Phoenix.

Nah bagi anda yang berminat ingin memasang wifi indihome di rumah, pengguna baru indihome dipersyaratkan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu (deposit) sesuai dengan paket layanan yang dipilih.

Apa itu Deposit IndiHome ?

Deposit IndiHome adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan kepada IndiHome setelah mendaftar sebagai calon pelanggan. Adapun biaya yang dibayarkan yaitu tergantung pada paket yang anda pilih. Misalnya paket 10 Mbps, maka biaya deposit biasanya Rp 320.000,-.

Pembayaran deposit IndiHome ini dilakukan secara otomatis berdasarkan informasi pembayaran melalui e-mail atau SMS dari IndiHome. Masa berlaku informasi pebayaran deposit ini hanya 3×24 jam.

Cara Bayar Deposit IndiHome

Pembayaran deposit bisa dilakukan melalui Finpay (melalui menu pembayaran Finpay di ATM, Mbanking, Internet Banking, Pegadaian, Alfamart, POS Indonesia) atau Virtual Account.

Calon pelanggan baru tidak diperbolehkan untuk membayar biaya deposit kepada tim teknisi atau marketing IndiHome.

Pengembalian Biaya Deposit IndiHome

Menurut IndiHome, biaya deposit pelanggan baru bisa dikembalikan jika pelanggan mengajukan pemberhentian langganan serta menyelesaikan semua kewajiban pembayaran yang masih tertunggak.

Selain itu, pengembalian biaya deposit juga bisa dilakukan ketika dalam waktu 14 hari setelah pembayaran deposit tetapi layanan indiHome tidak terpasang dirumah anda.

Cara Pengembalian Biaya Deposit IndiHome

Setelah pelanggan baru melakukan pembayaran dan melakukan deposit pada aplikasi my IndiHome maka pelanggan akan mendapat notifikasi IndiHome belum dapat terpasang. Pelanggan akan dikirimkan link berisi Form Pengembalian Dana melalui e-mail dan SMS, serta permintaan untuk memasukan nomor rekening bank yang aktif.

Setelah menyelesaikan seluruh proses tersebut, dana jaminan pembayaran akan dikirimkan kembali ke rekening pelanggan secara otomatis dalam jangka waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja.

Proses pengembalian dana juga dapat dilakukan dengan mendatangi Plasa Telkom terdekat (khusus untuk pelanggan yang mendaftarkan permintaan berlangganan melalui Plasa Telkom).

Syarat Pasang Baru Wifi Indihome

Untuk pemasangan baru wifi indihome, syarat yang dibutuhkan adalah:

  1. KTP asli
  2. Nomor Handphone
  3. Alamat Email
  4. Uang Deposit

Cara Pasang Wifi IndiHome di Rumah

Cara memasang wifi indihome harus dilakukan dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Untuk mendaftar indihome ada 5 cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Datang ke Plaza Telkom terdekat.
  2. Menelepon CS IndiHome (call center 147).
  3. Menghubungi sales IndiHome.
  4. Melalui website resmi IndiHome.
  5. Melalui aplikasi myIndiHome.
  6. Menghubungi CS Indihome Melalui Facebook dan Twitter

Cara Berlangganan Wifi Indihome

1. Datang Ke kantor Plaza Telkom

Untuk mendapatkan respon yang cepat, saya sarankan anda untuk mendatangi kantor plaza telkom terdekat di kota anda. Disana anda akan mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang cara pasang wifi indihome. Selain itu informasi paket wifi yang akan anda pilih bisa ditanyakan langsung kepada petugas CS Indihome untuk mencegah adanya biaya tambahan pada akhir bulan nanti.

Baca Juga: Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Selain itu, dengan mendatangi kantor palza telkom akan memudahkan anda mengetahui apakah ada ODP indihome yang bisa menjangkau rumah anda. Karena biasanya jika pemasangan wifi di area yang padat penduduk, telkom selalu terkendala dengan ODP yang penuh dan tidak ada sambungan lagi untuk pengguna baru.

Adapun ODP yang bisa menjangkau rumah anda adalah ODP yang tak lebih dari 100 meter karena telkom hanya menanggung kabel telkom gratis sampai 100 meter, selebihnya anda harus membayar harga kabel tersebut per meternya.

Kalau demikian maka solusinya anda harus menunggu beberapa orang di sekitar rumah anda yang ingin memasang wifi untuk mengajukan penambahan ODP baru.

Namun anda tak perlu khawatir, informasi tersebut akan disampaikan langsung oleh CS Indihome langsung kepada anda bagaimanapun kondisinya.

Sebenarnya anda bisa saja menghubungi CS Indihome melalui 147 atau melalui akun sosial media Indihome namun tetap akan dikembalikan pada kontor plaza telkom dimana anda berada.

Sebelum ke plaza, persiapkan dulu syarat yang dibutuhkan untuk pemasangan baru wifi indihome. Jangan lupa membawa KTP asli dan persiapkan uang deposit. Selain itu pastikan juga nomor HP yang akan anda gunakan adalah nomor HP yang aktif.

KTP ini nantinya akan digunakan untuk validasi identitas. Fungsi lainnya adalah untuk swafoto (foto selfie) dan sebagai lampiran dokumen kontrak pemasangan IndiHome.

2. Memilih Paket IndiHome

Jika anda sudah menyampaikan keinginan untuk menjadi pelanggan indihome, maka sambil memberikan informasi terkait pemasangan baru, petugas juga akan memberikan anda lembaran kertas yang berisi paket WiFi Indihome. Silahkan pilih paket tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Paket yang anda pilih akan menjadi paket perlangganan wifi indihome anda yang akan dibayar tiap bulannya.

Baca Juga: Password Admin ZTE F660/F609 Terbaru

Saya pribadi memilih paket indihome kecepatan 20 Mbps karena paket tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan pengguna diatas 10 orang. Jika tak ingin biaya langganan yang mahal, anda juga bisa memilih paket 10 Mbps dengan harga 300 ribuan per bulan.

Nantinya, anda juga bisa melakukan upgrade maupun downgrade paket internet indihome dengan mudah.

Baca Juga: Cara Downgrade Paket IndiHome

3. Mengisi Formulir Pendaftaran Indihome

Setelah menentukan paket yang akan dipilih, CS Indihome akan memberikan anda lembar kertas yang berisi formulir pendaftaran calon pelanggan baru. Silahkan isi formulir tersebut sesuai arahan dari petugas dan jangan lupa mengisi nomor HP dan email dengan benar.

Untuk kepentingan pemansangan jaringan, biasanya petugas akan meminta denah rumah untuk mengetahui titik pemasangan wifi secara tepat. Silahkan anda berikan informasi dan gambarkan denah dari jalan raya ataupun tempat umum yang mudah ditemui.

Jika isian formulir sudah lengkap, anda akan diminta untuk berswafoto sambil memegang KTP. Swafoto ini nantinya juga akan masuk sebagai lampiran dokumen kontrak IndiHome.

4. Membayar Deposit Indihome

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pemasangan wifi indihome tahun ini sudah menggunakan sistem deposit untuk meningkatkan kualitas layanan. Untuk nilai deposit biasanya senilai dengan biaya paket yang anda pilih.

Link deposit akan anda dapatkan melalui SMS resmi dari Telkom sesaat setelah petugas telkom menginput data-data anda melalui sistem. Biasanya, link deposit akan expired setelah 3×24 jam. Jadi pastikan anda melakukan deposit sebelum 3×24 jam.

Baca Juga: Password Admin FiberHome Terbaru Modem GPON HG6243C

Sebelumnya anda akan mendapat telefon dari petugas indihome pusat untuk mengonfirmasi apakah nomor telepon anda benar, kebenaran data-data pelanggan, serta mengingatkan anda untuk segera melakukan deposit.

Sesudah melakukan deposit, Anda akan mendapatkan email berupa pemberitahuan bahwa deposit Anda sudah berhasil.

5. Tunggu Teknisi Datang

Jika deposit sudah selesai, selanjutnya anda tinggal menunggu teknisi datang kerumah untuk melakukan survey jaringan dan melakukan pemasangan wifi indihome dirumah anda. Pastikan anda berada dirumah agar proses pemasangan wifi tidak mengalami kendala.

Kapan teknisi akan datang kerumah anda?

Pertanyaan ini jelas ada di benak anda jika beberapa jam kemudian teknisi tak kunjung datang. Biasanya, teknisi akan kerumah anda berdasarkan antrian. Selain itu, terkadang juga peralatan wifi yang dibutuhkan seperti kabel atau router yang sedang kosong bisa menjadi kendala teknisi untuk kerumah anda.

Pengalaman pribadi ketika saya memasang wifi indihome setelah mendaftar pagi hari melalui plaza telkom, teknisi datang kerumah pada sore hari. Ternyata kebanyakan teknisi indihome melakukan pemasangan wifi pada sore hari karena jika siang hari terlalu terik matahari untuk melakukan instalasi dari ODP ke rumah anda.

6. Pemasangan WIfi Indihome di Rumah

Setelah teknisi datang, mereka akan melakukan pengecekan ODP yang kosong. Jika masih ada dan tidak ada kendala, maka anda sudah bisa mengunakan jaringan wifi indihome setelah teknisi melakukan instalasi.

Prosesnya terbilang sangat cepat, setelah tarik kabel dari ODP, router diaktifkan dan dilakukan pengaturan pada router tersebut agar bisa terhubung ke internet sesuai dengan nomor pelangan anda. Setelah itu selesai.

Nah, itulah cara memasang WiFi IndiHome terbaru berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jika masih ada yang kebingungan dan perlu ditanyakan, silahkan langsung tuliskan di kolom komentar.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA