Home Internet Indihome Cara Remote Router Fiberhome Agar Bisa di Akses Dari Jarak Jauh

Cara Remote Router Fiberhome Agar Bisa di Akses Dari Jarak Jauh

Cara remote router/modem Fiberhome – Banyak yang mencari bagaimana cara remote jarak jauh router fiberhome GPON HG6243C milik Indihome. Cara ini berguna agar pemilik wifi Indihome bisa mengakses router atau modem fiberhome yang ada di rumah meskipun berada diluar jangkauan wifi. Nah jika memang anda ingin mengetahui bagaimana cara remote modem fiberhome dari jarak jauh, baca artikel ini sampai selesai dan ikuti panduannya dengan lengkap.

Setiap pemasangan baru Indihome, anda akan diberikan perangkat wifi dengan sistem sewa perbulan. Perangkat tersebut berguna untuk membuat jaringan wifi dirumah agar perangkat anda bisa terhubung dengan jaringan internet.

Baca Juga: Cara Pasang Wifi Indihome Dengan Sistem Deposit

Perangkat yang diberikan Indihome disebut Router. Nah router ini bermacam-macam mereknya. Yang paling sering digunakan Indihome adalah router merek Fiberhome karena terkenal awet dan tahan lama serta memiliki fitur dan fungsionalitas yang lengkap daripada merek lainnya.

Jaringan internet yang aktif dirumah anda terlebih dahulu diatur melalui router fiberhome tersebut. Pengaturan ini termasuk pengaturan remote management dari telkom, pengaturan SSID, dan pengaturan password fiberhome.

Baca Juga: Password Admin FiberHome Terbaru Modem GPON HG6243C

Router fiberhome biasanya hanya bisa diakses melalui jaringan wifi dari router tersebut. Artinya, jika anda berada diluar jangkauan wifi yang dipancarkan dari router fiberhome milik anda, maka anda tidak bisa mengakses router tersebut melalui 192.168.1.1.

Namun pada beberapa merk router fiberhome saat ini sudah dilengkapi dengan fitur remote management. Dengan fitur tersebut, pemilik wifi bisa mengakses router fiberhome meskipun berada jauh dari jangkauan wifi miliknya. Artinya, pemilik bisa mengakses router fiberhome dari manapun dia berada.

Namun pada kenyataanya pada saat instalasi, teknisi indihome tidak melakukan pengaturan tersebut. Teknisi hanya akan melakukan instalasi sampai wifi dirumah anda aktif dan bisa digunakan.

Baca Juga: Cara Upgrade Speed Indihome Terbaru

Adapu fitur remote management hanya diaktifkan agar teknisi telkom bisa melakukan perbaikan jaringan anda dari jarak jauh jika sewaktu-waktu jaringan wifi di rumah anda sedang bermasalah.

Nah sebagai pemilik wifi, ada baiknya untuk mengkatifkan pengaturan remote management dari jarak jauh agar router fiberhome di rumah anda bisa diakses dari mana saja, tentunya melalui bantuan jaringan internet.

Cara Remote Router Fiberhome Dari Jarak Jauh Tanpa Jaringan Wifi

Cara remote modem atau router fiberhome ini bisa dilakukan dengan bantuan DNS dynamic noip. Agar modem fiberhome bisa diakses dari jarak jauh, anda harus menggunakan dynamic DNS dengan menggunakan IP address modem fiberhome yang aktif di rumah anda.

Berikut ini cara remote router fiberhome agar bisa diakses dari jarak jauh:

  1. Login ke Modem Fiberhome menggunakan password Admin
  2. Aktifkan fitur Remote Control melalui tab menu Security
  3. Buat DNS Dynamic di situs noip.com
  4. Buka tab menu Application
  5. Lengkapi pengaturan DDNS Settings dengan DNS Dynamic dari noip.com
  6. Selesai.

1. Login di Router Fiberhome Menggunakan Password Super Admin

Untuk membuat pengaturan remote management, pastikan dulu anda bisa mengakses router fiberhome menggunakan password ADMIN. Jika anda tidak tau master password admin fiberhome, baca artikel tentang Password Admin FiberHome Terbaru Modem GPON HG6243C.

2. Aktifkan Fitur Remote Control Pada Router Fiberhome

Secara default, fitur remote control pada router fiberhome tidak diaktifkan. Nah untuk mengaktifkan fitur ini anda harus bisa login sebagai master admin seperti pada langkah pertama.

Aktifkan terlebih dahulu fitur tersebut, kemudian klik Apply.

3. Buat DNS Dynamic di Situs noip.com

Selanjutnya, buka situs noip.com untuk mendapatkan DNS Dynamic yang berlaku 30 hari jika anda pengguna gratis. Anda bisa membuat tiga DNS Dynamic hanya dengan akun noip gratisan.

Selanjutnya, DNS ini akan expired dalam waktu 30 hari dan harus anda perbaharui kembali jika masih ingin menggunakan fitur remote management.

Cara Mendapatkan DNS Dynamic di Situs noip.com

  1. Buka situs noip.com disini.
  2. Pada tab sebelah kiri, pilih No-IP Hostnames
  3. Pilih Create Hostname
  4. Pada kolom Hostname, buat hostname yang mudah diingat
  5. Pada bagian domain, pilih ddns.net
  6. Pilih DNS Host (A) pada bagian Record Type
  7. Kolom IPv4 Address isi dengan IP address yang didapatkan dari router fiberhome
  8. Abaikan pengaturan Wildcard dan MX Records
  9. klik Create Hostname

Contohnya lihat pada gambar berikut.

Cara Mendapatkan IP Address dari Router Fiberhome

  1. Login router Fiberhome sebagai Admin
  2. Dari menu Status, pilih WAN Status
  3. Copy IP address pada baris Internet
  4. Selanjutnya, gunakan IP address tersebut pada kolom IPv4 address pada saat membuat hostname di situs noip.com
IP Address Router Fiberhome

4. Lengkapi Pengaturan Remote Management Dengan DDNS Dynamic dari Situs noip.com Agar Router Bisa Diakses Dari Jarak Jauh

Selanjutnya adalah mengisi pengaturan pada tab menu DDNS Settings pada router Fiberhome. Caranya sebagai berikut:

  1. Dari menu Applications, pilih DDNS Settings
  2. Lengkapi DDNS Settings berupa Username, Password, Host, WAN Interface, dan DDNS Provider

Untuk mengisi kolom tersebut, berikut penjelasannya.

  • Username: Gunakan username yang digunakan pada saat membuat akun noip.com.
  • Password: Gunakan password akun noip.com yang anda buat.
  • Host: Gunakan hostname yang anda buat di situs noip.com (langkah3 diatas), misalnya modemfiberhome.ddns.net.
  • WAN Interface: Gunakan WAN Interface yang aktif pada router fiberhome, biasanya yang aktif adalah WAN “INTERNET”
  • DDNS Provider: karena DNS dynamic anda dapatkan dari situs noip.com, maka pada kolom ini pilih saja www.no-ip.com.

Jika pengaturan tersebut sudah terisi dengan benar, maka selanjutnya anda harus menunggu ip address terpropagasi secara penuh pada DNS dynamic yang anda buat tadi melalui situs noip.com

Jika sudah terpropagasi, maka selanjutnya anda bisa mengakses router fiberhome dari jarak jauh meskipun diluar jangkauan jaringan wifi anda dengan menggunakan jaringan internet seluler.

Kekurangan cara ini terletak pada akun anda di situs noip.com. Pertama, hostname yang dibuat hanya bisa digunakan sampai 30 hari saja. Setelah itu anda harus membuat hostname baru dengan mengganti hostname yang lama.

Kedua, pada akun noip gratis anda hanya bisa membuat DNS sebanyak 3 hostname. Jika anda membutuhkan hostname lebih dari itu, anda harus bayar.

Ketiga, pastikan router anda tidak pernah mati atau dimatikan. Karena IP Address router fiberhome sifatnya dynamic maka jika router fiberhome mati, IP address akan berubah dan anda harus mengaturnya secara manual melalui situs noip.com

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA