Home Tekno Printer Cara Reset Printer Epson L120 dengan Aplikasi Resetter

Cara Reset Printer Epson L120 dengan Aplikasi Resetter

Masalah printer Epson L120 tidak mau mencetak biasa ditandai dengan lampu kedap kedip bergantian. Ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah printer epson yang tidak bisa mencetak, salah satunya adalah Reset.

Cara Reset Printer Epson L120 – Apakah anda pengguna printer epson L120? Pernah mengalami error sehingga printer tidak bisa memprint? Pernah mengalami lampu indikator yang selalu berkedip-kedip? Jika semua masalah tersebut anda alami, maka anda harus mengetahui bagaimana cara reset printer epson L120 agar printer anda tidak error lagi.

Printer epson L120 adalah salah satu jenis printer yang banyak di gunakan di Indonesia. Mulai dari kalangan mahasiswa, pekerja kantoran, sampai usaha-usaha rumah tangga juga masih menggunakan printer merek Epson L120 ini.

Banyaknya pengguna printer Epson L120 tidak lain karena printer tersebut memiliki kualitas tinggi. Mulai dari hasil cetakan, penggunaan tinta yang irit, sampai mesin yang tahan lama.

Baca Juga: Hasil Cetak Printer Tidak Lurus dan Putus-Putus, Begini Solusinya

Namun meskipun demikian, terkadang printer epson L120 seringkali mengalami error ketika sedang digunakan. Biasanya, printer epson L120 yang error akan menampilkan pemberitahuan service required, lampu indikator yang berkedip, hinggal pemberitahuan waste ink full.

Semua notifikasi tersebut harus kita kenali untuk mengetahui printer sedang dalam masalah yang harus segera ditangani.

Beberapa tahun yang lalu saya pernah juga menggunakan printer merek Epson L120 ini. Tak jarang ketika saya sedang menyelesaikan pekerjaan kantoran, saya mengalami printer epson tersebut error.

Sebagai pengguna yang belum memiliki pengalaman menghadapi printer yang error, saya sangat bingung. Permasalahannya, dari menu maintanance sudah saya lakukan semua sesuai petunjuk yang diberikan, tetapi pada akhirnya printer tersebut masih tidak dapat bekerja sebagaimana biasanya.

Untungnya saat itu saya menghubungi teman kantor lalu saya ceritakan masalah printer epson yang error. Dari situlah saya mendapat pengalaman bagaimana cara mengatasi printer epson L120 yang error dengan berbagai macam notifikasi.

Baca Juga: Cara Reset Printer Canon IP2770 Dengan Canon Resetter

Nah untuk berbagi informasi, saya akan membahas bagaimana cara reset printer Epson L120 ketika muncul pemberitahuan service required, lampu indikator yang berkedip, hinggal pemberitahuan waste ink full.

Cara reset printer Epson ini tidak saja berlaku pada seri L120, tetapi cara ini juga bisa bekerja pada semua seri L seperti Epson L110, L120, L200, L210, L220, L300, L310, L350, L355, L360, L365, L385, L405, L455, L485, L550, L555 dan lainnya.

Penyebab Printer Epson L120 Error

Banyak sekali yang mmenjadi penyebab printer Epson L120 error, begitupula dengan printer epson seri L lainnya. Tetapi yang seringkali menjadi penyebab secara umum adalah masalah software atau bisa saja karena masalah hardware.

Baca Juga: Cara Mengisi Tinta Epson L3110/L3150 Yang Benar

Printer yang error karena masalah software bisa dibilang hanya error ringan saja dan bisa diatasi dengan mudah. Tetapi jika printer tersebut error karena masalah hardware, maka ini adalah kerusakan berat dan untuk mengatasinya perlu keahlian service yang tidak dimiliki banyak orang.

Cara Reset Printer Epson L120

Cara reset printer epson L120 ada dua cara. Cara ini juga bisa digunakan pada printer epson seri L lainnya seperti epson L110, L120, L200, L210, L220, L300, L310, L350, L355, L360, L365, L385, L405, L455, L485, L550, L555.

Untuk cara reset yang pertama, anda tidak perlu menggunakan software atau apliasi tambahan. Artinya, cara ini bisa dilakukan pada error ringan. Biasanya, cara ini lebih sering digunakan jika printer epson L120 mengalami error ink level karena setelah isi tinta atau pemberitahuan bahwa tinta sudah habis.

Adapun cara reset yang kedua, anda harus menggunakan aplikasi tambahan. Ada sebuah aplikasi khusus untuk mereset Epson seri L yang error. Biasanya, cara ini sering digunakan jika printer epson L120 selalu menampilkan lampu indikator yang blinking atau berkedip (waste ink pad counter).

1. Cara Reset Printer Epson L120 Manual Tanpa Software

Cara reset manual bisa dilakukan karena masalah ink level. Biasanya masalh ini ditandai dengan lampu indikator tinta yang hidup lalu diam tetapi printer tidak dapat digunakan untuk mencetak.

Berikut cara reset epson L120 karena masalah ink level.

  1. Hidupkan printer epson L120.
  2. Tekan tombol power dan tombol resume selama 5 detik.
  3. Tekan sekali lagi kedua tombol tersebut selama 3 detik.
  4. Biarkan printer Epson L120 untuk beberapa saat.
  5. Kemudian printer epson akan bekerja kembali dengan normal.
  6. Selesai.


Jika cara reset diatas belum menyelesaikan masalah printer epson L120 yang error, silahkan lanjutkan dengan cara reset menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Cara Reset Printer Epson L1300 Dengan Epson Resetter

2. Cara Reset Epson L120 dengan Aplikasi Epson Resetter

Epson menyediakan sebuah aplikasi epson resetter untuk mengatasi printer epson seri L yang error. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mereset printer Epson L120.

Cara reset epson L120 menggunakan aplikasi resetter.

  • Download aplikasi Epson Resetter
  • Extract dan install di komputer anda.
  • Nyalakan printer Epson L120 dan buka aplikasi Epson Resetter.
  • Selanjutnya klik tombol Select.
  • Pilih L120 atau sesuaikan dengan versi printer epson anda.
  • Pilih menu Particular Adjustment Mode.
  • Centang kotak Main Pad Counter.
  • Klik Initialize lalu klik Ok pada pesan pop-up yang muncul.
Aplikasi-Resetter-Epson-L120

Tunggu sampai prosesnya selesai kemudian restart printer anda. Dengan mengikuti cara diatas dengan benar maka printer anda akan bisa berfungsi kembali untuk mencetak dokumen.

Itulah cara reset printer Epson L120 secara manual maupun menggunakan bantuan aplikasi epson resetter. Kami berharap semoga cara diatas bisa bermanfaat bagi banyak orang. Jika masih ada yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk berkomentar

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA