Cara Setting Cloudflare di WordPress Yang Benar

0
Cara Setting Cloudflare di Wordpress Yang Benar

Cara Setting Cloudflare di wordpress bisa mempercepat loading situs jika cara setting cloudflare di wordpress diterapkan dengan benar. Banyak sekali pengguna wordpress yang menggunakan CDN dalam mengoptimalkan kecepatan situs mereka.

Seorang pemilik situs wordpress selalu berupaya maksimal untuk meningkatkan kecepatan loading situsnya. Situs yang memiliki loading yang cepat akan disenangi pengunjung karena hal ini memudahkan pengunjung dalam membuka semua halaman situs anda.

Kecepatan loading situs tentunya akan sangat berpengaruh terhadap angka bounce rate dan posisi di hasil pencarian google. Oleh karena itu, tidak heran jikalau setiap pemilik situs selalu mencari cara meningkatkan loading situsnya.

Untuk meningkatkan loading situs bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu cara yang paling ampuh adalah menggunakan Cloudflare di wordpress.

Cloudflare CDN adalah Content Delivery Network yaitu jaringan khusus yang dibuat oleh cloudflare dengan menempatkan server di seluruh belahan dunia yang strategis. Tujuan utamanya adalah mengirimkan content situs wordpress dengan lebih cepat dengan cara memilihkan Server terdekatnya.

CloudFlare menawarkan layanannya dengan dasar gratis yang cocok untuk website kecil dan blog. Mereka juga menawarkan rencana berbayar dengan harga mulai dari $20 per bulan untuk pengguna premium.

Cara setting cloudflare di wordpress sangat mudah. Anda hanya perlu mengarahkan DNS hosting ke server cloudflare. Tetapi terlebih dahulu anda harus membuat akun di situs cloduflare.

Secara umum, Cara Setting Cloudflare di WordPress ada 5 langkah yaitu:

  1. Buat Akun di Cloudflare
  2. Menambahkan Situs di Cloudflare
  3. Setting DNS Records
  4. Pilih Cloudflare Plan
  5. Ganti Nameserver

Untuk lebih lengkapnya tentang cara setting cloudflare di wordpress, berikut langkah-langkahnya.

1. Buat Akun di Cloudflare

Silahkan anda kunjungi situs Cloudflare dan buat akun. Setelah itu?silahkan lihat kotak masuk email yang Anda gunakan untuk membuat akun tadi. Anda akan mendapatkan email baru dari CloudFlare untuk memverivikasi akun Anda. Dan silahkan verifikasi terlebih dahulu.

2. Menambahkan Situs di Cloudflare

Cara Setting Cloudflare selanjutnya adalah menambahkan situs ke cloudflare. Setelah akun terverifikasi, silahkan kembali ke dashboard akun CloudFlare anda dan terdapat menu ?Add Site? dan klik menu tersebut. Anda akan melihat kolom untuk memasukkan nama domain Anda. Silahkan masukkan nama domain Anda dan klik ?Begin Scan?.

Tunggu sampai proses begin scan selesai, dan selanjutnya pilih “Continue Setup” untuk melanjutkan proses selanjutnya.

3. Setting DNS Records

Cara Setting Cloudflare selanjutnya adalah Setting DNS Records. Pada bagian ini akan diberikan data DNS record web. Anda bisa menambahkan atau menghapus record sesuai kebutuhan web. Jika anda bingung saran saya biarkan saja default hasil scan tersebut, dan langsung klik tombol Continue.

dns-cloudflare

 

4. Pilih Cloudflare Plan

Cara Setting Cloudflare selanjutnya adalah memilih cloudflare plan. Karena kita akan menggunakan cloudflare secara gratis, maka pada pilihan ini pilih yang FREE / Gratis. Dengan pilihan gratis ini Anda sudah mendapatkan : Basic Security Protection, SSL (Limited Browsers), Fast Website Performance, dan Always Online.

Cloudflare-Plan

 

Jika sudah menentukan pilihan pada ?Free Website? silahkan untuk klik tombol ?Continue?.

5. Ganti Nameserver

Sampai pada langkah diatas, maka status cloudflare akan menampilkan “Pending” bahwa pengaturan yang anda lakukan belum selesai. Untuk menampilkan status Active, maka langkah selanjutnya adalah mengganti Nameserver web anda dengan Nameserver yang diberikan oleh cloudflare.

Jika anda menggunakan diagahoster, maka cara mengganti Nameserver ini sangat mudah. di Panel niagahoster, anda tinggal membuka halaman Pengaturan Domain dan mengganti nameserver seperti gambar dibawah ini.

dns-nameserver

 

Sampai disini tugas anda sudah selesai, dan layanan CDN sudah bisa berjalan, tinggal tunggu proses propagasi dari NS yang lama menjadi NS baru ke server Cloudflare. Jika ingin mengetahui apakah proses propagasi sudah selesai atau belum, maka pada menu Overview akan memperlihatkan status Active yang manandakan proses propagasi telah selesai, dan jika belum maka masih berstatus Pending.

Untuk lebih jelasnya lagi, secara umum cara setting cloudflare di wordpress seperti pada video ini:

Baca Juga: Cara Menghubungkan Domain dengan VPS VULTR

Sampai disini cloudflare sudah berfungsi di situs wordpress anda, Untuk memudahkan pengaturan dari dashboard wordpress, anda bisa mengaktifkan extensions cloudflare di plugin W3 Total Cache atau memasang plugin cloudflare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here