Home Blogging SEO Cara Setting Plugin Yoast SEO Wordpress (Update Versi 14.3) 2020

Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress (Update Versi 14.3) 2020

Cara setting plugin yoast seo sudah banyak dibahas bagi mereka yang sudah berhasil menerapkan cara setting plugin yoast seo juga. Namun karana plugin yoast seo ini selalu update, makanya anda perlu menyesuaikan cara setting plugin yoast seo sesuai versi saat ini. Sebenarnya tidak banyak perbedaan dengan versi sebelumnya, namun beberapa update versi terakhir dari plugin yoast seo membawa beberapa perubahan yang perlu disesuaikan.

Plugin Yoast SEO adalah plugin wordpress yang digunakan untuk mengoptimalkan performa situs terhadap mesin pencari. Sampai saat ini, plugin yoast seo adalah plugin terbaik untuk meningkatkan kualitas SEO sebuah blog. Fiturnya yang lengkap membuat plugin ini bisa mengoptimalkan situs anda. Untuk lebih jelasnya tentang fitur plugin yoast kunjungi halaman resminya disini.

Menggunakan plugin Yoast SEO berfungsi untuk mengoptimalkan sebuah situs agar lebih ramah terhadap mesin pencari.

Banyak yang salah kaprah dengan plugin yoast ini. Mereka menganggap bahwa dengan memakai plugin yoast seo situs mereka bisa menguasai halaman pertama pencarian google.

Sebenarnya tidak masalah dengan pernyataan ini namun ada yang perlu dipahami. Ada sedikit kekeliruan dengan anggapan tersebut.

Plugin yoast seo hanya bisa memaksimalkan situs anda terhadap mesin pencari, bukan membuat situs anda mendapatkan halaman teratas di pencarian google. Untuk mendapatkan posisi terbaik pada hasil pencarian itu google sendiri yang menentukan berdasarkan kualitas situs dan konten anda.

Kesalahan Dalam Menggunakan Plugin Yoast SEO

Dari kesalahan ini makanya banyak pengguna plugin yoast yang merasa kecewa karena tidak mendapatkan posisi nomor satu di hasil pencarian google.

Perlu diketahui bahwa Yoast bukanlah bagian dari google. Tetapi yoast hanya berupaya agar situs anda selalu sesuai dengan algoritma google.

Menggunakan plugin wordpress yoast seo ini hanya bersifat opsional saja, jika anda mau silahkan dipakai. Tapi jika anda punya keahlian tentang seluk beluk seo maka tidak perlu lagi anda pakai plugin ini.

Menggunakan yoast seo tidak langsung membuat situs anda ramah terhadap mesin pencari. Perlu diingat bahwa ilmu SEO itu luas, dan plugin yoast ini hanyalah bagian kecil dari ilmu SEO.

Cara Install Plugin Yoast SEO di WordPress

Cara instal plugin yoast SEO sama dengan cara install plugin lain di wordpress anda.

Secara singkat, caran install plugin Yoast SEO seperti ini:

  • Login ke dashboard WordPress anda
  • Caru tab menu Plugins > Add New
  • Pada kolom pencarian plugin, tuliskan Yoast SEO
  • Klik tombol Install Now, dan aktifkan.
  • Selesai

Bagian-Bagian Plugin Yoast SEO

Jika plugin Yoast SEO sudah aktif, anda akan melihat sub menu yoast seo yaitu:

  1. General, berisi dashboard yoast SEO, Features dan Webmaster Tools
  2. Search Appearance, berisi pengaturan General, Content Types, Media, Taxonomies, Archieves, Breadcrumbs, dan RSS.
  3. Social, berisi pengaturan Open Graph akun media sosial khususnya Facebook, Twitter dan Pinterest.
  4. Tools, berisi menu peralatan plugin yoast SEO
  5. Premium, berisi Yoast SEO Extensions bagi pengguna premium.
  6. Redirects, berisi alat untuk pengalihan halaman error.

Pengaturan Lengkap Plugin Yoast SEO di WordPress

Ada dua langkah untuk melakukan pengaturan plugin wordpress yoast SEO. Kedua langkah pengaturan tersebut harus anda lakukan agar plugin ini lebih maksimal dalam meningkatkan kinerja website anda di mesin pencari.

Ada dua langkah cara setting plugin Yoast SEO yaitu:

  1. Cara setting Yoast SEO dengan Configuration Wizard
  2. Cara setting Yoast SEO Melalui Menu General

Langkah 1: Cara Setting Menggunakan Configuration Wizard

1. Masuk ke Menu General

menu-general-yoast-seo-
General Setting Yoast SEO

Jika plugin yoast seo sudah anda aktifkan, silahkan masuk ke menu general dan klik configuration wizard.

2. Menu Environment

menu-environment yoast seo
Menu Environment Yoast SEO

Pada menu Environment, pilih My site is live and ready to be indexed. Artinya situs anda sudah live dan siap diindeks oleh mesin pencari.

Jika situs anda masih acak-acakan dan belum siap diindeks mesin pencari, pilih saja My site is under construction and should not be indexed.

Setelah menentukan pilihan, selanjutnya pilih Next.

3. Menentukan Jenis Website

memilih jenis website yoast seo
Menentukan jenis website

Dibagian ini anda perlu menentukan jenis website anda. Pilihlan sesuai jenis website anda, tetapi kebanyakan pasti memilih blog. Jika sudah, selanjutnya pilih Next.

4. Perwakilan Website Anda

Perwakilan-Website-Anda yoast seo

Jika website anda hanyalah milik pribadi, maka pilih Person dan nama yang akan digunakan otomatis diambil dari user website anda.

Namun jika website anda adalah milik perusahaan, silahkan lengkapi namanya termasuk logo dari perusahaan tersebut. Lengkapi juga profil media sosialnya.

Selanjutnya klik Next.

5. Search Engine Visibility

Search-engine-visibility yoast seo
Search engine visibility

Bagian ini sangat penting jika situs anda ingin ditampilkan pada mesin pencari google. Melalui bagian ini, plugin Yoast SEO akan mengindeks semua postingan anda.

Dari kedua pilihan dibagian ini, silahkan pilih YES untuk Posts dan juga Pages. Mengingat kedua jenis postingan ini adalah unsur penting dari sebuah blog atau website.

6. Multiple Authors

Multiple-authors yoast seo
Multiple Authors

Sesuaikan dengan website anda, jika memiliki banyak penulis maka pilih YES. Opsi ini cocok bagi website berita atau portal-portal yang memang harus memiliki penulis yang banyak.

Namun tidak terbatas disitu saja, sebuah blog yang mengulas berbagai informasi seperti tutorial wordpress juga bisa saja memiliki beberapa penulis yang berkontribusi pada situs anda.

Jika website anda hanya memiliki satu orang penulis, pilih saja NO.

7. Title Settings

Pengaturan-judul yoast seo

Di bagian ini anda bisa mengatur Nama Situs atau Judul Utama blog anda dengan memilih jenis separator yang akan digunakan. Nantinya, separator ini akan berguna sebagai pembatas antara Judul Halaman dan Nama Situs pada halaman postingan.

Sebagai contoh, nama situs ini adalah “Bumianoa.com” dan saya memilih separator ” | “, maka pada tampilan judul artikel saya akan terlihat seperti ini:

Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress Terbaru | Bumianoa.com

8. Belajar SEO dengan Yoast

Continue-learning
Belajar SEO dengan Yoast

Anda bisa berlangganan artikel yoast SEO dengan mendaftarkan alamat email anda pada bagian ini.

9. Selesai

selesai pengaturan plugin seo
Pengaturan yoast seo selesai

Sampai disini pengaturan yoast SEO sudah selesai. Namun agar plugin Yoast SEO ini lebih berkinerja, perlu anda mengatur berbagai optimasi yang dibutuhkan situs anda.

Langkah 2: Cara Setting Yoast SEO Melalui Menu General

Langkah kedua dari cara setting plugin yoast SEO ini adalah melakukan pengaturan pada bagian-bagian penting pada setiap menunya. Semua pengaturan pada langkah ke dua ini akan memberikan pengaruh besar terhadap tampilan situs anda dimesin pencari serta pangaruh terhadap hasil indeks dan peringkat situs dimesin pencari.

Jadi, langsung saja kita ke pengaturan plugin Yoast SEO lebih yang lengkap.

1. Pengaturan Features Yoast SEO

Masuk dashboard, pilih tab Features.

General-Yoast-SEO
Pengaturan Features Yoast SEO

Silahkan atur seperti pada gambar diatas.

Perhatikan bagian yang Off, berikut penjelasannya.

  • Readability Analysis: Fitur ini lebih cocok digunakan pada website berbahasa Inggris.
  • Ryte Integration: Ryte adalah tools pihak ketiga mitra Yoast yang berguna untuk menganalisa situs anda. Meskipun tersedia versi gratis namun fiturnya sangat terbatas. Anda perlu berlangganan untuk menggunakannya.
  • Admin bar menu: Pilihan ini akan mengizinkan plugin Yoast untuk membuat menu tersendiri pada bagian atas dashboard wordpress anda.

Silahkan lihat kembali, jika memang fitur yang dimatikan tersebut berguna untuk anda, silahkan aktifkan kembali.

Jangan lupa save kalau sudah selesai.

2. Webmaster Tools Verification

Webmaster-Tools-verification
Webmaster Tools Verification

Pada bagian ini anda harus memverifikasi kepemilikan situs anda pada empat mesin pencari populer di dunia yaitu Google, Bing, Baidu dan Yandex. Fitur ini akan menambahkan meta tag verifikasi di homepage website anda.

Misalnya, saat anda mendaftarkan situs di google search console, google akan memverifikasi kepemilikan situs anda. Salah satu metodenya menggunakan Tag HTML. Nah anda bisa menggunakan tag HTML tersebut untuk memverifikasi situs pada plugin yoast.

Baca: Cara Meningkatkan Visitor Organik Google

Namun anda bisa mengabaikan bagian ini jika anda yakin bahwa kepemilikan situs anda sudah terverifikasi pada empat jenis mesin pencari tersebut.

3. Search Appearance / Tampilan Hasil Pencarian Halaman Depan

Search-Appearance-Yoast-SEO pengaturan plugin seo
Search Appearance

Fitur ini sangat penting untuk mengatur tampilan hasil pencarian situs anda di mesin pencari. Bagian ini akan memberi informasi kepada mesin pencari tentang identitas situs anda, seperti Judul SEO, Deskripsi Situs, dan informasi Schema.

Pengaturan plugin yoast seo ini mirip pada pengaturan pada langkah 1, namun bagian ini lebih detail lagi dengan melengkapi deskripsi situs.

4. Pengaturan Content Types

Pengaturan-Content-Types pengaturan plugin seo
Settings for single Post URLs

Bagian ini berisi dua pengaturan sekaligus, yaitu pengaturan Halaman Postingan dan Pengaturan Page.

1. Pengaturan Single Post URLs

Anda harus menentukan cara google menampilkan tampilan hasil pencarian halaman postingan dari situs anda.

Show Posts in search results? Pilih YES. Jika NO, maka halaman postingan anda tidak akan muncul di hasil pencarian yang dikirim melalui seitemap.

Date in Google Preview pilih YES. Ini penting untuk menampilkan tanggal postingan situs anda karena pembaca akan mencari artikel terbaru di hasil pencarian.

tanggal postingan
Tanggal postingan

Yoast SEO Meta Box, pilih YES agar pengaturan yoast SEO untuk setiap halaman muncul ketika anda membuat postingan.

SEO Title, terapkan seperti pengaturan diatas.

Meta Description, isikan Excerpt agar yoast otomatis membuat deskripsi postingan berdasarkan kutipan dari paragraph pertama postingan anda. Isi kolom tersebut dengan %%Excerpt%%.

Melakukan pengaturan content types yoast seo yang tepat juga bisa membuat situs anda mendapat google sitelink dengan cepat.

2. Settings for single Page URLs

Settings-for-single-Page-URLs
Settings for single Page URLs

Bagian ini akan mengatur tampilan Pages situs anda. Sesuaikan pengaturan situs anda dengan pengaturan pada gambar diatas.

5. Media & Attachment URLs

Media-attachment-URLs

Semua gambar pada wordpress akan memiliki halaman khusus yang akan menampilkannya. Halaman tersebut dinamakan Attachment URL.

Pilih YES untuk mengaktifkan fitur ini.

6. Taxonomies

Tab Taxonomies berisi pengaturan Kategori, Tags, dan Formats.

Pada pengaturan kategori, anda bisa memilih untuk menampilkan kategori pada hasil pencarian atau tidak.

Saya sendiri memilih untuk menampilkan kategori pada hasil pencarian karena hal itu semakin memperbanyak halaman situs yang terindeks google.

Categories

Untuk Tags, saya sendiri memilih untuk tidak menampilkan di hasil pencarian.

Tags
Tags Setting

Dan begitupun juga dengan Formats.

Untuk Category URLs, pilih Remove.

Jika anda tidak menghapus category URLs, maka /category/ akan muncul pada URL kategori di situs anda.

Contohnya:

https://www.bumianoa.com/category/uncategorized/

Namun jika dihapus, maka tampilannya seperti ini:

https://www.bumianoa.com/uncategorized/

7. Archives

Anda harus berhati-hati dalam mengatur halaman ini, karena kesalahan pengaturan akan mengakibatkan duplikat kontent. Dampaknya, situs anda bisa kena penalti Google.

Silahkan anda ikuti pengaturan ini jika memang membuat bingung.

Archives-settings-1 pengaturan plugin seo
Archives settings
Special-Pages-1 pengaturan plugin seo
Special Pages

8. Pengaturan Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah elemen penting dalam sebuah situs. Breadcrumbs berfungsi untuk menampilkan letak sebuah halaman postingan.

Breadcrumbs disebut juga sebagai navigasi sekunder.

Menggunakan breadcrumbs akan menambah nilai SEO terhadap tampilan situs anda dihasil pencarian.

breadcrumb
Breadcrumb pada hasil pencarian

Plugin Yoast SEO dilengkapi dengan fitur breadcrumb. Untuk menampilkannya, anda tinggal mengaktifkannya.

breadcrumbs pengaturan plugin seo
breadcrumbs setting

9. Pengaturan RSS Feed

Untuk menghindari artikel anda digunakan orang lain melalui feed RSS, sebaiknya lindungi dengan menyertakan nama penulis, nama situs, dan url lengkap pada feed RSS anda.

Kolom Content to put before each post in the feed, isi dengan:

Sumber: %%BLOGLINK%%

Kolom Content to put after each post in the feed, isi dengan:

Artikel %%POSTLINK%% pertama kali ditulis oleh %%AUTHORLINK%% dan telah diterbitkan di %%BLOGLINK%%. Hak cipta oleh %%BLOGLINK%%.

Nanti hasilnya akan seperti ini:

Artikel Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress Terbaru pertama kali ditulis oleh Fiank Pratama dan telah diterbitkan di Bumianoa.com. Hak cipta oleh Bumianoa.com.

Dengan menggunakan fitur ini maka RSS feed anda bisa menampilkan informasi asli dari situs anda.

10. Pengaturan Media Sosial

Jika situs anda adalah personal, untuk melengkapi informasi akun media sosial bisa dilakukan dari halaman profil user.

Caranya, dari dashboard wordpress, pilih Users > Your Profile.

Silahkan lengkapi akun media sosial yang anda gunakan.

Namun jika situs anda adalah Perusahaan atau Organisasi, anda bisa langsung melengkapi profil media sosial melalui tab accounts ini.

Untuk pengaturan tab Facebook, isikan Facebook App ID dan gunakan gambar default yang akan digunakan jika ada postingan yang dibagikan orang tetapi tidak memiliki gambar pada artikelnya.

Contoh tampilan Facebook jika dibagikan:

Contoh tampilan Open Graph Twitter:

11. Tools Yoast SEO

Plugin Yoast SEO juga dilengkapi dengan beberapa tools yang mungkin anda butuhkan. Beberapa tools yang ada di plugin yoast SEO adalah:

  1. Import and Export: Tools ini berguna bagi anda yang mau migrasi dari plugin SEO lain. Anda bisa mengimpor pengaturan pada plugin sebelumnya ke plugin Yoast SEO. Anda juga bisa mengexport kata kunci ke Microsoft Excel yang digunakan pada semua postingan anda.
  2. File Editor: Tools ini sangat berguna bagi anda yang ingin melakukan perubahan file .htaccess dan file robots.txt di server anda langsung dari Dashboard WordPress anda.
  3. Bulk Editor: Tools ini berguna untuk melakukan edit cepat pada judul situs dan deskripsi postingan, baik per halaman maupun banyak halaman sekaligus.
  4. Text Link Counter: Tools ini berguna untuk menghitung semua link yang ada di situs anda.
  5. Internal Linking: Ketika membuat postingan, plugin yoast SEO akan memberi link terkait yang bisa anda sematkan sebagai internal link yang relevan. Namun fitur ini hanya tersedia untuk plugin yoast seo versi premium.

Nah sampai disini cara setting plugin YOAST SEO sudah selesai. Tinggal selanjutnya bagaimana anda melakukan optimasi pada setiap artikel yang ingin dipublikasikan melalui yoast metabox yang akan tersedia pada saat anda menulis artikel.

yoast metabox
yoast metabox

Jika anda mengalami kesulitan pada saat melakukan setting yoast SEO, jangan sungkan untuk mengirimkan pertanyaan melalui kolom komentar atau halaman kontak.

Plugin Yoast SEO Premium

Plugin yoast seo juga menyediakan versi premium. Bagi yang serius meningkatkan kualitas SEO blog anda, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli yoast SEO premium.

yoast-seo-premium
Yoast SEO Premium

Menggunakan plugin yoast seo premium adalah strategi yang tepat dalam memaksimalkan kualitas SEO On Page sebuah situs. Salah satunya saya sudah membuktikan kinerja dari plugin wordpress SEO ini. Salah satu teknik cara cepat mendapat sitelink google bisa dilakukan dengan menggunakan plugin yoast seo ini. Jadi jangan terlalu berfikir panjang jika memang anda punya tujuan untuk menguasai halaman pertama hasil pencarian google.

Kami berharap artikel cara setting plugin wordpress yoast seo ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda semua.

Salam penulis.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

2 COMMENTS

  1. Kalau kategori breadcrumb yang muncul salah kira2 kenapa ya mas?
    Misal kategori posting sudah betul, contoh kategorinya Tips
    tapi di breadcrumb malah muncul kategori lain, misal jadi Kecantikan atau malah tidak ada ketgori dan ada juga yang baca tag bukan kategori

    Baru ngeh pas edit2 postingan di localhost, dan setelah online di server juga ada yang begitu ternyata dan keindex google url breadcrumb nya salah 🙁

  2. Kemungkinan penempatannya salah.
    Atau dalam kasus lain, fitur breadcrumnya double. Coba cek fitur template, apakah menyediakan Breadcrumb. Kalau Iya, ngu usah pakai breadcrumb Yoast.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA