Cara Setting Plugin Yoast SEO di WordPress

0
596
Cara Setting Plugin Yoast SEO di Wordpress

Cara setting plugin yoast SEO di wordpress perlu diterapkan setelah menginstall wordpress. Melakukan pengaturan atau setting Plugin yoast SEO di wordpress ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi plugin yoast SEO wordpress dan bisa lebih meningkatkan SEO wordpress itu sendiri.

Plugin yoast SEO adalah salah satu dari beberapa plugin SEO yang memiliki banyak fitur dalam meningkatkan popularitas situs di mesin pencari google. Hampir rata-rata pengguna wordpress yang menggunakan plugin Yoast SEO ini meraih posisi terbaik di hasill pencarian google.

Plugin Yoast SEO wordpress adalah plugin yang banyak digunakan pemilik wordpress karena fitur SEO yang dimilikinya. Berbicara tentang SEO WordPress, Plugin ini selalu menjadi pembicaraan hangat dikalangan pecandu SEO.

Tentunya banyak alasan mengapa pemilik situs menggunakan plugin yoast SEO ini. Dari beberapa penelusuran kami, banyak artikel yang mengulas keberhasilan plugin yoast SEO ini membawa artikel hasil pencarian menuju pada halaman depan google. Hal itu tidak terlepas dari fungsi plugin yoast SEO yang akan membawa situs ke posisi yang lebih baik.

Plugin wordpress SEO by yoast adalah plugin yang cukup banyak digunakan oleh pemilik website, hal tersebut karena fungsi dan fitur SEO yang dimilikinya cukup lengkap dengan pengaturan seo yoast yang mudah.

Bagaimana tidak, plugin ini sudah sangat teruji dalam meningkatkan SEO wordpress hanya dengan beberapa langkah pengaturan tertentu.

Dengan menggunakan plugin ini, maka website anda siap untuk bersaing dengan jutaan website lainnya yang berusaha menempati posisi terdepan halaman pencarian google.

Mengapa Harus Plugin Yoast SEO ?

Plugin wordpress SEO ini telah mengintegrasikan banyak fitur plugin lain yang diketahui oleh Joost de Valk (misalnya plugin Meta Robots , plugin RSS Footer, dan banyak lainnya).

Banyak dari para blogger yang sebelumnya menggunakan plugin All in One SEO Pack berpindah menggunakan plugin wordpress SEO by yoast ini.

Hanya saja salah satu permasalahannya karena plugin ini menawarkan banyak fitur maka pengaturan plugin wordpress SEO by yoast agak rumit bagi orang awam.

Untuk alasan diatas, saya akan memberikan bagaimana cara instal dan setting plugin pada wordpress. Dengan membaca semua penjelasan ini, semoga anda mendapatkan pengetahuan yang anda inginkan.

Anda dapat mengoptimasi bagian homepage blog maupun bagian artikel pada blog. Cara Setting Plugin WordPress SEO By Yoast ini memang akan sangat membantu anda memaksimalkan SEO.

Apa Fitur Plugin Yoast SEO ?

Seperti yang sudah saya jelaskan, plugin Yoast SEO memiliki fitur yang dimiliki yang sangat cukup lengkap untuk meningkatkan SEO sebuah situs. Berikut ini beberapa fitur plugin Yoast SEO.

  1. Mengubah SEO Title dan Meta Description pada setiap postingan
  2. Konfigurasi Meta Robot
  3. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex
  4. XML Sitemap
  5. Breadcrumbs
  6. Permalinks
  7. Meta Robot
  8. Google snippet
  9. Fitur analysis

Instal Plugin Yoast SEO

Tentunya sebelum menlakukan pengaturan Yoast SEO, terlebih dahulu anda harus menginstal plugin yoast SEO pada wordpress anda. Untuk menginstallnya sangat mudah, yaitu:

  1. Akses dashboard WordPress kemudian pilih menu Plugins.
  2. Klik tombol Add New yang ada di bagian atas halaman.
  3. Pada Kolom pencarian, tuliskan “yoast SEO”. Setelah ketemu, klik install.
  4. Aktifkan plugin tersebut dan masuk pada halaman setting yoast SEO

Cara Setting Plugin Yoast SEO di WordPress

Adapun Cara Setting Plugin Yoast SEO, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Baca Juga:
1. Cara Install Webuzo di VPS CentOS 7
2. Mengatasi Nginx Error 404 Setelah Ganti Permalink
3. Niche Blog Terbaik Untuk Google Adsense

Jika anda baru pertama menginstal plugin ini, anda akan dihadapkan pada tampilan configuration wizard seperti gambar berikut ini.

yoast-seo-welcome

Anda tinggal melengkapi configuration wizard tersebut sesuai data data yang diminta. Setelah itu lanjutkan kelangkah selanjutnya.

1. Setting General Yoast SEO

Dibagian General, tab Features silahkan sesuaikan dengan pengaturan berikut ini:

SEO analysis: On
Readability analysis: On
Cornerstone content: On
Text link counter: On
XML sitemaps: On
Ryte integration:Off
Admin bar menu: Off
Security: On

Setelah selesai, kita pindah ditab webmaster. Pada bagian ini anda harus mengisi kode dari google webmaster tools dan bing webmaster tools, yandex, dan baidu. Jika anda belum memiliki kode tersebut, silahkan anda membuatnya terlebih dahulu. Jika sudah klik Save changes. Perhatikan Gambar berikut ini.

yoast-seo-webmaster

Setelah selesai, saatnya kita mengatur bagian Search Appearance. Untuk bagian general sesuaikan seperti gambar berikut.

yoast seo setting

Setelah bagian diatas selesai, selanjutnya anda akan mengatur bagian Content Type. Pengaturan disini sangat penting karena jika terjadi kesalahan pengaturan maka akan berdampak pada index website anda.

Baca Juga:
1. Ciri-Ciri Blog yang Akan Ditolak Google Adsense
2. Plugin SEO WordPress Terbaik dan Gratis
3. Cara Menurunkan Bounce Rate di WordPress

Secara default, anda akan memiliki jenis Post, Pages & Media. Jika anda menggunakan lebih banyak jenis kustom di WordPress, Anda akan melihat bagiannya di sini.

Disini Anda dapat menentukan SEO untuk bagian posting, halaman, dan media blog WordPress Anda. Untuk bagian Content Type, pengaturannya sebagai berikut:

2. Pengaturan Post Yoast SEO

Show Pos in search results : Yes
Title template: %%title%% | %%sitename%%
Meta description template: Isi dengan keyword
Date in Snippet: Show
Preview Yoast SEO Meta Box: Show

3. Pengaturan Laman (Page) Yoast SEO

Title template: %%title%%
Meta description template: Isi dengan keyword
Date in Snippet: Hide
Preview Yoast SEO Meta Box: Show

4. Pengaturan Media & Attachment URLs Yoast SEO

Redirect attachment URLs to the attachment itself: Yes

5. Pengaturan Kategori (Category) Yoast SEO

Title template: Biarkan
Meta description template: kosongkan
Yoast SEO Meta Box: Show

6. Pengaturan Tag (post_tag) Yoast SEO

Title template: Biarkan
Meta description template: kosongkan
Yoast SEO Meta Box: Hide

7. Pengaturan Format (Post_Format) Yoast SEO

Format-based archives: Disabled

8. Pengaturan Category URLs Yoast SEO

Remove the categories prefix: remove

Pada bagian arsip, sesuaikan dengan pengaturan berikut:

Author-archives-settings
Date-archives-settings
Author-archives-settings

9. Pengaturan Breadcrumbs Yoast SEO

Enable Breadcrumbs : Enabled

Anchor text for the Homepage: Home
Prefix for the breadcrumb path: Arsip Untuk|
Prefix for Archive breadcrumbs: Hasil Pencarian
Error 404: Halaman Ini Kosong

10. Pengaturan Sosial Media Yoast SEO

Di plugin yoast SEO terbaru kini telah ditambahkan fitur Google Knowledge Graph. Ini akan menampilkan profil media sosial Anda di mesin pencari kapan pun seseorang menelusuri nama merek Anda.

Untuk Konfigurasinya sangat mudah Cukup tambahkan semua profil media sosial Anda dalam format yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Sampai disini sebenarnya Cara Setting Plugin WordPress SEO sudah selesai, adapun yang lain hanya pengaturan pelengkap saja.

Baca Juga:
1. Alasan Menggunakan WordPress Bagi Pemilik Situs
3. Menghapus Kolom URL Di Kotak Komentar WordPress
4. Rahasia Sukses Menjadi Blogger Professional

Mungkin anda bertanya mengapa tidak ada cara setting XML sitemap. Di plugin SEO yoast versi 7.4.2, pengaturan XML sitemap sudah dihilangkan. Hanya saja, anda tinggal mengatur dibagian general XML sitemap menjadi ON.

Itulah Cara Setting Plugin Yoast SEO di WordPress yang tepat. Saya berharap semoga dengan mengaktifkan plugin SEO Yoast, WordPress Anda menjadi web terbagus dimata mesin pencari sehingga semua artikel bisa mendominasi di halaman top 10 Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here