Cara Verifikasi Situs di Google Search Console

0
253
Cara Verifikasi Kepemilikan Situs di Google Search Console

Verifikasi situs atau website di google search console bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Verifikasi situs adalah langkah awal untuk menggunakan google search console secara penuh. Verifikasi situs atau website ini bertujan agar google percaya bahwa anda benar benar pemilik situs yang didaftarkan.

Sebelum melakukan verifikasi situs atau website di google search console ini, sebagai langkah pertama anda harus mendaftarkan situs di google search console. Adapun caranya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Baca: Cara Daftar Website Di Google Search Console.

Menggunakan google search console ini memang menjadi alat utama para pemilik situs untuk mengontrol secara penuh kesehatan situs pada google. Untuk itu, anda tidak perlu khawatir dalam membangun situs anda karena fitur alat ini akan memaksimalkan performa situs anda.

Baca Juga:
1. Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google
2. Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress
3. 4 Situs Cek Loading Website Paling Direkomendasikan

Jika anda telah berhasil mendaftarkan website di google search console, maka selanjutnya anda harus melakukan verifikasi situs.

5 Cara Verifikasi Situs di Google Search Console:

  1. Verifikasi dengan Akun Google Analytics
  2. Verifikasi dengan Google Tag Manager.
  3. Verifikasi dengan Upload File HTML
  4. Verifikasi dengan Tag HTML
  5. Verifikasi dengan DNS Record

Sebenarnya metode verifikasi situs ini bisa dilakukan meskipun hanya dengan satu metode saja. Tetapi untuk lebih baiknya, agar anda melakukan verifikasi dari semua metode yang ada pada google search console.

Untuk lebih jelasnya, kita akan membahasnya satu persatu.

1. Cara Verifikasi Situs dengan Akun Google Analytics

Cara yang pertama ini mengharuskan anda memiliki akun google analytic. Saya anggap saya anda sudah memilikinya, jika belum, baca dulu artikel Cara Daftar Google Analytics Untuk WordPress. Untuk melakukan verifikasi situs dengan metode ini caranya sangat mudah.

Jika anda tidak mau meletakkan kode pelacakan pada bagian </head> secara manual maka solusinya adalah menggunakan plugin wordpress.

Salah satu plugin yang bisa anda gunakan adalah plugin Google Analytics Dashboard for WP (GADWP). Lakukan instalasi plugin tersebut dan pada bagian Tracking Code, pilih Analytics untuk Tracking Type, aktifkan penggunaan global site tag gtag.js, dan Code Placementnya pilih HTML Head.

tracking code

Jika anda sudah melakukannya dengan benar, kembali ke google search console dan lakukan verifikasi. Anda akan mendapatkan pemberitahuan verifikasi berhasil.

verifikasi google analytics

2. Cara Verifikasi Situs dengan Akun Google Tag Manager

Langkah pertama tentunya anda harus membuat akun google tag manager langsung di halaman Google Tag Manager.

Setelah Anda mendaftar, lakukan pembuatan akun, isi kolom yang tersedia.

google-tag-manager-tutorial

Masukkan juga nama situs web pada bagian Setup Container, dan pilih Web.

google-tag-manager-tutorial-2

Setelah menyetujui Persyaratan Layanan Google, anda akan diarahkan ke halaman tag manager dan mendapatkan kode pelacakan.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs

Cara melakukan verifikasi situs di google search console dengan metode ini ada dua cara yang mudah.

1. Cara Pertama : Menggunakan Head, Footer and Post Injections

Anda perlu menginstall plugin Head, Footer and Post Injections untuk meletakkan kode google tag manager dibawah kode <Head> dan setelah kode <body>.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs

2. Cara Kedua: Menempatkan Kode Google tag Manager Secara Manual

Cara kedua ini agak rumit bagi pemula. Anda harus menemukan kode <head> dan kode <body>. Biasanya kedua kode tersebut berada pada file header.

Pada dashboard wordpress anda, pilih appearance, lalu pilih theme editor. Temukan file Header pada bagian Theme Files.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs

Setelah anda temukan kode <head>, letakkan kode pertama antara kode <head> dan kode</head>, dan kode kedua setelah kode <body>.

Setelah selesai, kembali ke google search console untuk melakukan verifikasi situs. Jika semua sudah dilakukan dengan benar, maka verifikasi anda akan berhasil.

Screenshot_7

3. Cara Verifikasi Situs dengan Upload File HTML

Cara verifikasi situs dengan Upload File HTML sebenarnya sangat mudah. Saya yakin anda sudah terbiasa untuk mengupload file HTML pada situs anda.

Untuk verifikasi anda akan mendapatkan file html dari google search console yang harus anda upload. Anda terlebih dahulu harus mengunduh file html tersebut dan mengunggahnya pada direktori public_html anda.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs

Bagi yang belum tau caranya, melakukan verifikasi kepemilikan situs dengan cara Upload File HTML secara umum bisa dilakukan dengan dua cara:

1. Cara Pertama: Menggunakan Aplikasi FileZilla

FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. anda perlu mengunduh softwere Filezilla ini di halaman resminya disini.

Install Filezilla pada laptop anda dan login dengan menggunakan akun FTP anda.

Jika anda menginstall wordpress menggunakan Webuzo Panel, lokasi Public_html berada di /home/nama_akun_webuzo/public_html.

Baca Juga:
1. Cara Install Webuzo di VPS CentOS 7
2. Cara Install WordPress di VPS Webuzo
3. Cara Backup Database MySQL WordPress Melalui SSH

Silahkan anda unggah file html tersebut yang anda unduh tadi pada direktori public_html. Jika sudah berhasil, lakukan verifikasi pada google search console.

cara verifikasi kepemilikan situs upload file html

2. Cara Kedua: Upload File HTML Melalui cPanel File Manager

Cara ini mirip dengan cara pertama diatas. Hanya saja, cara diatas menggunakan aplikasi pihak ketiga, sedangakan cara kedua ini anda perlu mengakses cPanel anda untuk mengunggahnya langsung melalui cPanel Manager. Caranya sama dengan cara pertama diatas.

4. Cara Verifikasi Situs dengan Tag HTML

Untuk melakukan verifikasi situs dengan metode ini, caranya mirip dengan cara verifikasi menggunakan google analytics dan tag manager. Kemiripannya yaitu anda harus meletakkan kode tag html tersebut antara kode <head> dan </head> pada teme wordpress anda.

Jika anda ingin melakukannya secara manual, silahkan ikuti langkah – langkah menambahkan kode google analytics atau google tag manager diatas, dan letakkan kode tag htlm yang anda dapatkan dari google search console.

Jika sudah selesai, kembali ke google search console untuk melakukan veriifikasi.

Jika tidak mau repot, anda bisa menerapkan cara alternatif yaitu menggunakan Plugin SEO Yoast.

Baca: Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress yang Tepat

Jika menggunakan plugin SEO by Yoast, masukkan kode tag html tersebut pada bagian General > Webmaster Tools. Paste kode tersebut pada kolom Google verification code.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs

Setelah selesai, kembali ke halaman verifikasi google search console dan klik Verify.

5 .Cara Verifikasi Situs dengan DNS Record

Cara verifikasi dengan metode ini sangat mudah, namun biasanya anda perlu waktu agar kode DNS record tersebut terbaca secara otomatis.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs

Anda akan mendapatkan kode DNS Record dari google search console yang harus anda masukkan pada settingan DNS managenent pada penyedia domain anda.

Jika anda membeli domain dari Nagahoster, anda dapat melakukannya dengan mudah. Login ke akun member Niagahoster anda dan tambahkan TXT Record dengan mengklik Add New Record pada DNS Management seperti gambar dibawah ini.

add txt record

Jika anda menggunakan Cloudflare, kode TXT Record tersebut harus anda tambahkan juga pada cloudflare agar verifikasinya bisa berhasil.

Silahkan login ke akun cloudflare anda dan tambahkan TXT Record pada settingan DNS seperti gambar dibawah ini.

add text record

Jika sudah selesai, kembali ke google search console untuk melakukan verifikasi. Biasanya, verifikasinya tidak langsung berhasil, anda perlu beberapa waktu untuk menunggu kode tersebut terbaca.

Baca : Cara Setting Cloudflare di WordPress Yang Benar

Namun tak perlu khawatir, jika anda sudah menambahkan TXT Record dengan benar maka verifikasi kepemilikan situs dengan metode ini pasti terverivikasi.

Cara Verifikasi Kepemilikan Situs di Google Search Console

Jika anda sudah melakukan semua cara verifikasi situs di google search console dengan benar maka anda akan melihat tampilan verifikasi seperti gambar dibawah ini. Melengkapi kepemilikan situs pada google search console sangat penting. Dengan demikian maka anda adalah pemilik yang terverifikasi pada akun google search console tersebut.

Demikian cara verifikasi situs di Google Search Console. Anda juga bisa lebih meningkatkan performa situs terhadap serangan hacker. Baca: Cara Mengamankan WordPress Dari Serangan Hacker. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here