Home Tekno Macbook Fitur-Fitur Baru MacOS Big Sur yang Baru Dirilis

Fitur-Fitur Baru MacOS Big Sur yang Baru Dirilis

MacOS Big Sur sudah resmi dirilis. Ketahui apa saja fitur-fitur baru yang bisa anda nikmati dengan melakukan upgrade ke macOS Big Sur.

Fitur Baru MacOS Big Sur – Dua hari yang lalu tepatnya 12 November 2020, Apple resmi mengumumkan macOS Big Sur untuk semua MacBook dan Mac yang kompatibel per 12 November. Namun sebagai pengguna macbook, kita perlu tau fitur-fitur apa yang baru di macOS Big Sur ini sebelum melakukan upgrade meninggalkan macOS Catalina.

Tepatnya hari ini, saya mendapatkan notifikasi pembaruan macOS big sur dengan kapasitas 12,18 GB. Karena rasa penasaran yang tinggi, saya pun memutuskan segera melakukan upgrade untuk mencicipi macOS terbaru Big Sur.

Baca Juga: Laptop 2 Jutaan Terbaik di Tahun 2020

Jika kita kembali melihat namanya, mengapa macOS baru ini disebut dengan Big Sur? Menurut situs macworld.com, penggunaan nama “Big Sur” tersebut berasal dari salah satu pegunungan di daerah California.

Selain dari itu, macOS Big Sur bukanlah macOS 10.16 seperti yang ditunggu-tunggu selama ini. Big Sur adalah macOS 11 yang baru dirilis Apple selang waktu hampir 20 tahun sejak rilisnya macOS 10.

Perangkat Mac yang Kompatibel Dengan MacOS Big Sur

Adapun perangkat yang kompatibel dengan Big Sur adalah sebagai berikut,

  • MacBook 2015 ke atas
  • MacBook Air 2013 ke atas
  • MacBook Pro akhir 2013 ke atas
  • Mac Mini 2014 ke atas
  • iMac 2014 ke atas
  • iMac Pro 2017 ke atas
  • Mac Pro 2013 ke atas.

Fitur-Fitur Baru di MacOS Big Sur

1. Tampilan yang Lebih Fresh

tampilan macos big sur

Banyak seklai fitur baru MacOS Big Sur yang bisa langsung dinikmati pengguna macOS. Salah satu fitur tersebut adalah perubahan antarmuka pengguna yang signifikan. Mulai dari penyederhanaan bilah alat, tombol, dan menu di semua aplikasinya, termasuk Finder. Ada bilah menu tembus pandang baru, dok yang diperbarui, dan ikon aplikasi yang didesain ulang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi di Windows 7/8/10

MacOS Big Sur memiliki fitur baru pada perubahan semua icon aplikasi di macOS sehingga memiliki bentuk dan ukuran seragam seperti di iOS. Apple juga membawa rangkaian mesin terbangnya (yaitu gunting kecil untuk perintah “potong”) yang digunakan pada tombol dan bilah alat dari iOS dan iPadOS untuk menyatukannya di semua platform Apple.

Di Big Sur, setiap aplikasi Apple asli di Mac akan mendapatkan perombakan antarmuka dan peningkatan kinerja. Misalnya, foto digulir lebih lancar berkat menggunakan API Logam Apple . Selama keynote WWDC 2020 baru-baru ini, Apple menyerukan peningkatan pada aplikasi tertentu secara lebih rinci.

2. Browser Safari Lebih Cepat

browser safari macos big sur

Tak hanya perubahan antarmuka pengguna, browser milik Apple Safari juga mendapatkan peningkatan besar dalam kecepatan, fitur privasi, dan ekstensi di macOS 11.0.

Apple mengklaim bahwa Safari baru akan menjadi sekitar 50% lebih cepat daripada Google Chrome saat memuat halaman web yang sering dikunjungi. Ini juga akan menyertakan halaman awal baru yang dapat disesuaikan yang memungkinkan pengguna untuk menyeret dan melepaskan wallpaper, dan itu akan mendukung ekstensi yang dibuat dengan API WebExtensions standar industri.

Baca Juga: 5 Laptop Gaming Murah Spek Tinggi, Harga 10 Jutaan

Untuk kenyamanan pengguna, Safari merombak sistem tab dengan menampilkan ikon di tab, opsi manajemen tab baru, dan kemampuan untuk mengarahkan kursor ke tab untuk melihat pratinjau halaman.

3. Memoji dan Efek di Aplikasi Pesan

aplikasi pesan di macos big sur

Aplikasi Pesan di MacOS sebelumnya merupakan aplikasi yang lawas, alias tertinggal dari versi iOSnya. Di Big Sur, Apple mengubahnya dengan menggunakan Mac Catalyst dalam mengonversi versi iOS Pesan ke versi yang berjalan di Mac.

Messages sekarang telah meningkatkan pencarian untuk mempermudah menemukan apa yang Anda cari dalam daftar pesan anda. Hasil pencarian dikelompokkan menjadi percakapan dengan istilah pencarian yang disorot, Tautan (URL situs web), dan Foto.

Menariknya lagi, Memoji, Stiker dan efek Memoji juga turut hadir di macOS Big Sur. Dengan menggunakan fitur ini pengguna bisa lebih berekspresi dalam berkirim pesan.

4. Foto

Aplikasi Foto adalah slah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di Mac. Dengan rilisnya macOS Big Sur, aplikasi Foto memiliki lebih banyak tools untuk melakukan editing sederhana. Anda kini bisa menemukan efek Vibrance untuk mengatur intensitas filter dan Portrait Lighting. Selain itu, alat retouch lebih ditingkatkan untuk membuat hasil edit foto anda terlihat jauh lebih baik. Ada juga lebih banyak alat yang dapat Anda gunakan di video.

Baca Juga: 5 Laptop dengan Baterai Tahan Lama dan Tidak Boros

Untuk memberikan lebih banyak konteks pada foto dan video Anda, Foto akan memungkinkan Anda menambahkan dan mengedit teks. Dengan bantuan iCloud, teks akan disinkronkan dengan iPhone dan iPad Anda.

5. Aplikasi Maps

aplikasi maps di big sur

Apple menyadari pentingnya peningkatan fitur dan fungsionalitas aplikasi Maps di macOS Big Sur. Harapannya, dengan aplikasi Maps, pengguna bisa lebih mudah merencanakan perjalanan menggunakan macOS Big Sur.

Melalui fitur baru aplikasi Maps, anda bisa menyimpan lokasi sebagai Favorit. Ini adalah salah satu fitur yang dapat Anda lakukan di iPhone dan iPad, tetapi tidak pernah dapat dilakukan di Mac.

Baca Juga: 5 Laptop Harga 5 Jutaan Spek Tinggi Terbaik 2020

Panduan baru Maps memberi Anda informasi tentang lokasi yang dipamerkan. Ini mungkin berguna bagi wisatawan, tetapi saat peluncuran, panduan hanya akan tersedia untuk London, Los Angeles, New York, dan San Francisco. Lebih banyak panduan sedang dikerjakan, tetapi sementara itu, Maps akan memungkinkan anda membuat panduan Anda sendiri.

6. Aplikasi Catatan

Aplikasi Catatan saat ini memungkinkan Anda menyematkan catatan sehingga selalu muncul di bagian atas daftar Anda. Di macOS Big Sur, anda bisa menutup dan memperluas daftar catatan yang disematkan. Fitur ini akan lebih berguna jika anda memiliki banyak catatan.

Jika Anda ingin membuat catatan anda lebih berfungsi, catatan versi Big Sur memiliki beberapa gaya teks yang dapat anda terapkan.

Hasil pencarian di Catatan sekarang akan menampilkan Hit Teratas untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan.

Cara Update macOS Big Sur

Untuk mengunduh pembaruan, pengguna sudah bisa mengunjungi halaman Software Update dengan meng-klik ikon “Apple” > “System Preferences” > dan klik “Software Update”.

Kesimpulan:

MacOS Big Sur adalah langkah berani untuk Apple yang akan membawa kehidupan baru ke arsitektur sistem operasi Apple yang sekarang berusia 20 tahun sambil semakin mempersatukan semua platform Apple.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA