Home Tekno Komputer Cara Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Cara Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Folder tidak bisa dibuka – Dalam menggunakan windows, pengguna seringkali menemukan masalah folder yang tidak bisa dibuka atau Folder Is Not Accessible. Entah apa penyebabnya, tiba-tiba saja beberapa atau bahkan semua folder tidak mau terbuka ketika masuk di file explorer.

Masalah ini biasa ditandai dengan icon folder yang juga ikut berubah menjadi blank atau warna putih. Bahkan pada beberapa kasus, folder di windows 10 bisa menjadi file berekstensi exe.

Sebagai pengguna biasa, tentunya masalah ini sangat membingungkan. Biasanya, masalah folder yang tidak mau terbuka disebabkan karena file explorer yang error, bug, atau bisa juga karena virus.

Windows adalah salah satu Operating System (OS) yang paling banyak digunakan di dunia. Berdasarkan data dari Netmarketshare, jumlah PC yang menggunakan Windows 10 untuk operating systemnya sebanyak 50,99%, kemudian pengguna windows 7 sebanyak 30,34%.

Folder tidak bisa dibuka

Sebagai OS yang memiliki pengguna terbanyak di dunia, tentunya windows selalu berupaya untuk mengatasi masalah-masalah pada windows itu sendiri. Seperti adanya bug yang mengakibatkan masalah pada file explorer. Hal tersebut tentunya menjadi sasaran perbaikan pada update versi windows.

Meskipun windows tetap akan memberikan update versi terbarunya, namun untuk mengatasi folder yang tidak bisa dibuka, windows tetap memberikan beberapa cara yang sangat mudah.

Penyebab Folder Tidak Bisa Dibuka (Folder Is Not Accessible) di Windows 10

Masalah folder yang tidak bisa dibuka pada windows biasanya disebabkan beberapa hal, yaitu:

  1. File Explorer yang error
  2. Bug pada system operasi
  3. Memori penuh
  4. File Cache
  5. File sistem yang corrupt/terhapus
  6. Virus

Cara Mengatasi Folder yang Tidak Bisa Dibuka Pada Windows 10

1. Restart File Explorer

Untuk mengatasi folder tidak bisa dibuka pada windows, sebagai cara pertama cobalah restart aplikasi file explorer. Biasanya, masalah ini seringkali karena file explorer yang error atau berhenti bekerja sehingga semua fungsionalitas didalamnya tidak berfungsi termasuk dengan folder itu sendiri.

Masalah pada file explorer seringkali bermacam-macam mulai dari Explorer yang not responding, folder tidak bisa dibuka, bahkan File Explorer keluar sendiri.

Untuk restart file explorer, caranya:

Klik Kanan Task Bar, dan pilih Task Manager

Folder tidak bisa dibuka

Pada tab Processes, cari proses bernama File Explorer.

Folder tidak bisa dibuka

Jika sudah direstart, maka file explorer akan terbuka kembali. Jika tidak, coba buka secara manual menggunakan tombol Windows + E.

Pada beberapa kasus, masalah ini sudah bisa terselesaikan sampai disini. Tapi jika masih belum terbuka, coba cara lain berikut ini.

2. Buat Shortcut File Explorer

Cara memperbaiki folder yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan membuat shortcut baru di dekstop. Shortcut ini akan berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses file explorer. Tetapi jika ada icon file explorer di task bar, sebaiknya hapus dulu shortcut yang lama. Caranya klik kanan icon file explorer > pilih Unpin from taskbar.

Untuk membuat shortcut, buka halaman depan desktop, klik kanan > pilih New > Shortcut.

Folder tidak bisa dibuka

Isi kolom tersebut dengan :

C:\Windows\explorer.exe

Setelah itu akan muncul sebuah icon baru windows explorer di desktop. Untuk menampilkannya di taskbar, anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada shortcut tersebut lalu pilih Pin to taskbar.

Folder tidak bisa dibuka

Selanjutnya, anda bisa membuka file explorer melalui icon tersebut. Biasanya cara ini mampu untuk mengatasi folder yang tidak bisa dibuka dengan melakukan double klik.

3. Restore File Explorer Defaults

Cara mengatasi folder tidak bisa dibuka di windows 10 bisa juga dengan mengembalikan file explorer pada pengaturan default.

Unruk mereset pengaturan file explorer, berikut caranya.

  • Buka Windows Exploler
  • Kemudian klik tab View > arahkan cursor ke menu Options > klik Change folder and search option.
Folder tidak bisa dibuka

Setelah jendela folder options terbuka, pilih tombol Restore Defaults. Maka sema pengaturan file explorer akan otomatis kembali pada pengaturan standarnya.

Folder tidak bisa dibuka

Selanjutnya, silahkan tutup jendela file explorer options lalu buka kembali aplikasi file Explorer kemudian coba akses folder yang ada di dalamnya. Biasanya, masalah folder yang tidak bisa dibuka sudah bisa selesai.

4. Bersihkan File Cache/Sampah

Cache adalah kumpulan informasi yang tersimpan pada komputer dari penggunaan aplikasi, baik itu aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. File Cache ini berfungsi dalam meningkatkan kinerja perangkat menjadi lebih cepat dan responsif.

Tetapi semakin banyaknya file cache yang tersimpan tentu akan membuat harddisk menjadi cepat penuh. Untuk itu, perlu secara berkala untuk membersihkan file cache di windows untuk mengosongkan harddisk pada komputer itu sendiri.

Untuk masalah folder yang tidak bisa dibuka seringkali disebabkan oleh memori yang penuh sehingga menyebabkan adanya bug pada file explorer. Maka untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk bersihkan file cache.

Berikut ini cara menghapus file cache di windows 10.

  • Tekan tombol windows (bisa juga klik start) lalu pilih icon setting.
membersihkan cache karena folder tidak bisa dibuka
  • Pilih menu system.
membersihkan cache karena folder tidak bisa dibuka
  • Kemudian pada taskbar dibagian kiri, pilih tab Storage.
  • Lalu Anda lihat pada kolom Storage Sense dan klik Free up space now.
  • Selanjutnya, klik tombol Removes Files.
membersihkan cache karena folder tidak bisa dibuka
  • Selesai.

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan cache pada windows seperi aplikasi CCleaner.

5. Restart Komputer

Jika cara diatas belum menyelesaikan masalah folder yang tidak mau terbuka, coba restart komputer anda. Bisa saja ada proses yang tidak berjalan secara normal di latar belakang sehingga menyebabkan terjadinya error pada aplikasi file exporer.

Baca Juga: Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Untuk restart ulang pada windows 10 caranya sangat mudah.

restart komputer

Setelah proses restart selesai, cobalah buka kembali file explorer. Biasanya, foleder yang tidak mau terbika sudah bisa teratasi.

6. Update Windows

Windows selalu melakukan update untuk memperbaiki bug pada sistem yang seringkali menimbulkan berbagai masalah, salah satunya termasuk pada aplikasi Explorer.

Untuk melakukan update windows, pastikan perangkat anda terhubung dengan internet. Sebagai saran, jika ingin melakukan update sebaiknya gunakan koneksi internet Wifi karena biasanya update windows membutuhkan kuota yang besar. Tetapi jika laptop anda tidek bisa connect dengan wifi, coba baca artikel Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi di Windows 7/8/10.

Untuk melakukan update caranya sangat mudah. Anda bisa mengetik kata “update” pada search bar > lalu pilih Check for update > klik Check for update untuk download update terbaru.

Tunggu proses update sampai benar-benar selesai. Jika file updatenya besar, maka bisa membutuhkan waktu lama, tetapi tergantung juga pada koneksi internet anda. Semakin kencang semakin cepat pula selesai.

Baca Juga: Cara Matikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

Setelah selesai, jangan lupa restart perangkat anda agar semua file update bisa langsung bekerja.

update windows

7. Gunakan System File Checker

Cara ini digunakan untuk memeriksa apakah ada file dari aplikasi explorer ada yang error atau corrupt. Nah untuk menfeteksinya, gunakan tools SFC (System File Checker).

Hebatnya tools ini, ketika terdeteksi ada kerusakan pada file tersebut, sistem Windows akan memperbaikinya secara otomatis.

Caranya:

Buka CMD dengan akses administrator > ketik perintah: sfc /scannow > tekan enter.

sfc

Tunggu hingga proses selesai lalu restart komputer.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi folder yang tidak bisa dibuka di Windows 10, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA