Google Luncurkan Google One, Pengganti Google Drive Berbayar

0
79

Google kini mengumumkan peluncuran?Google One. Tepatnya pada hari ini, Selasa 15 Mei 2018 pengumuman tersebut muncul dihalaman https://one.google.com. Google One adalah layanan penyimpanan cloud untuk pengguna berbayar, sekaligus menggantikan paket penyimpanan Google Drive berbayar.

Menurut pihak google,?Google One hanya akan tersedia secara terbatas. Jika penggunanya memiliki paket penyimpanan Drive berbayar, otomatis paket Anda akan di-upgrade ke Google One dalam beberapa bulan mendatang.

Apakah google drive akan dihapus?

Google menjelaskan bahwa layanan barunya ini tak akan mengubah penyimpanan cloud yang telah lebih dulu eksis yakni google drive. Google Drive tetap menawarkan ruang penyimpanan gratis 15GB, namun untuk versi berbayar, otomatis ditingkatkan.

Menurut Pavni Diwanji selaku Vice President Google One yang dikutip dari google blog bahwa Semua paket penyimpanan Google Drive konsumen berbayar akan ditingkatkan ke Google One. Perubahan ini tidak memengaruhi pelanggan bisnis G Suite.

Google One hadir dalam beberapa paket berbayar mulai 100GB hingga 30TB. Dari sejumlah paket tersebut ada satu paket baru yang tak tersedia di paket berbayar Google Drive, termasuk peningkatan ruang dengan tarif bulanan tetap.

Dihimpun dari Techcrunch, berikut tarif berbayar bulanan Google One untuk sejulah paket yang ditawarkan:

100GB: 1,99 dolar Amerika/bulan
200GB: 2,99 dolar Amerika/bulan (paket baru)
2TB: 9,99 dolar Amerika/bulan (semula 19,99 dolar Amerika/bulan)
10TB: 99,99 dolar Amerika/bulan
20TB: 199,99 dolar Amerika/bulan
30TB: 299,99 dolar Amerika/bulan

Di lain pihak, dijelaskan Google One Product Manager Brandon Badger, peningkatan layanan ini sesuai dengan kebutuhan penyimpanan berbasis online pengguna. Mereka kini memiliki lebih banyak perangkat, merekam lebih banyak video, hingga kualitas 4K, dan membagikan file tersebut dengan ke lebih banyak anggota keluarga.

“Kami mencari solusi dengan rencana ini [Google One] untuk mengakomodasi [kebutuhan] itu,” kata Badger kepada Techrunch.

Saat artikel ini diterbitkan google one belum tersedia di Indonesia. Rencananya, Google One akan dilepas secara bertahap dimulai dari Amerika Serikat. Bagi pengguna yang memiliki paket penyimpanan Google Drive berbayar akan otomatis ditingkatkan dan menerima email notifikasi dalam beberapa bulan mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here