Hari Anak Nasional 2019 Turut Diperingati Google Doodle

0

Hari Anak Nasional tahun 2019 diperingati dalam google doodle pada Selasa (23/7/2019) ini. Tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional sesuai keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Di berbagai negara, peringatan hari anak nasional diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain.

Hari Anak Nasional diperingati mengingat bahwa anak-anak Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan berharga bagi bangsa ini. Perayaan hari anak nasional ini bertujuan menghormati hak-hak anak di Indonesia.

Sejarah hari anak nasional berawal dari gagasan Presiden RI kedua, Soeharto. Soeharto melihat bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa, sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) memilih peran keluarga dalam perlindungan anak Indonesia yang menjadi tema Hari Anak Nasional 2019. Keluarga, diharapkan mampu melindungi anak sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

hari-anak-nasional

Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anakan Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan bahwa tema tersebut mengingatkan bangsa Indonesia bahwa kualitas pengasuhan dan keluarga sangat penting dalam perlindungan anak.

“Tujuan Hari Anak Nasional adalah memunculkan kepedulian semua pihak untuk mewujudkan lingkungan yang berkualitas bagi anak. Dan arti penting peningkatan kualitas anak melalui pola pengasuhan yang berkualitas,” kata Pribudiarta beberapa waktu lalu seperti dikutip Antara.

Lewat perlindungan dari keluarga, anak akan tumbuh berkualitas. Tentu saja, kualitas anak-anak akan menentukan Indonesia menjadi bangsa yang kuat atau lemah.

“Anak gembira berarti tidak sakit. Ada unsur kecerdasan di dalamnya. Anak bisa belajar dengan riang,” kata Deputi Tumbuh Kembang Anak KPPA, Lenny N Rosalin yang hadir di kesempatan yang sama.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2019 bakal diadakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa 23 Juli 2019. Acara ini bakal dihadiri 6.500 orang dari seluruh Indonesia. Rencananya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bakal hadir di sini.

Sumber: https://www.liputan6.com/health/read/4018891/hari-anak-nasional-2019-kppa-fokus-pada-peran-keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here