Home Internet Hasil Cetak Printer Tidak Lurus dan Putus-Putus, Begini Solusinya

Hasil Cetak Printer Tidak Lurus dan Putus-Putus, Begini Solusinya

Hasil Cetak Printer Tidak Lurus – Apakah hasil cetakan printer tidak lurus atau putus-putus? Atau mungkin juga hasil print garis tabel yang tidak lurus? Bisa jadi printer anda mengalami masalah yang perlu diatasi sesegera mungkin agar bisa kembali digunakan dengan baik.

Hasil print tidak lurus atau putus-putus seringkali menjadi masalah bagi beberapa merk printer. Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi printer yang pastinya akan memberikan pengaruh besar terhadap hasil cetakan yang diinginkan. Biasanya printer yang masih dalam kondisi baru akan memberikan hasil cetakan yang sangat baik daripada printer yang sudah berusia.

Namun meskipun demikian, kondisi printer tersebut tidak mutlak menjadi penyebab hasil print yang tidak lurus bahkan putus-putus. Banyak juga printer yang sudah berusia namun masih memberikan hasil cetakan yang sangat bagus bahkan sangat memuaskan.

Baca Juga: Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Jadi semuanya terletak pada kondisi printer. Semakin baik kondisi printer itu maka semakin mudah untuk mendapatkan hasil cetakan yang diinginkan.

Selain masalah usia, penggunaan printer yang terus-menerus juga bisa menjadi salah satu penyebab hasil printer tidak lurus bahkan putus-putus. Yang jelas, semakin sering printer digunakan, maka semakin sering pula dirawat jika anda masih ingin mendapatkan hasil cetakan yang memuaskan.

Jika printer anda mengalami masalah pada hasil cetak yang tidak lurus dan putus-putus, anda tidak perlu khawatir. Dalam beberapa kasus masalah hasil cetak yang tidak lurus dan putus-putus masih bisa diselesaikan dengan gampang.

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Printer Tidak Lurus dan Putus-Putus dengan Membersihkan Pita Encoder

Hasil cetak yang tidak lurus bahkan putus-putus tentu sangat menjengkelkan ketika anda sedang mencetak sebuah tabel. Untuk mengatasi maasalah ini, anda perlu membersihkan bagian tertentu pada printer. Biasanya, cara ini berhasil dilakukan pada printer merk Canon Pixma.

Berikut ini cara memperbaiki hasil cetakan printer yang tidak lurus atau putus-putus dengan membersihkan pita trasnparan printer canon.

1. Buka Penutup Atas Printer

Untuk engakses bagian dalam printer, pastikan anda bisa membuka cover atau penutup printer pada bagian atas untuk canon IP 2770 atau canon MP287 dan sejenisnya. Pada bagian ini terdapat cartridge yang otomatis akan berada pada posisi tengah ketika cover dibuka.

2. Bersihkan Pita Transparan (Encoder)

Siapkan tisu untuk membersihkan pita transparan yang berada pada bagian atas cartridge. Karena fungis dari pita transparan ini sangat besar, maka anda perlu berhati-hati dalam mebersihkan pita tersebut. Lakukan secara perlahan lahan dengan tisu yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mengisi Tinta Epson L3110/L3150 Yang Benar

Jika anda tidak tau bagian mana yang disebut dengan pita trasnparan, perhatikan gambar berikut ini.

Pita encoder yang kotor disebabkan karena sisa-sisa tinta yang terciprat ppada saat printer mencetak dokumen. Selain itu, banyaknya tinda pada pita encoder bisa jadi disebakan karena kebocoran catridge yang sangan banyak. Semakin kotor pita tersebut maka akan mempengaruhi hasil cetakan pada printer tersebut.

3. Pastikan Tidak ada Sisa Tinta Pada Pita Encoder

Usahakan untuk membersihkan pita ini dengan benar-benar bersih untuk mendapatkan hasil cetakan yang memuaskan. Biasanya, sedikit saja sisa tinta yang masih melengket pada pita ini akan memberikan dampak hasil cetakan yang tidak maksimal.

4. Pasang Kembali Penutup Printer

Jika anda sudah pastikan pita encoder sudah benar-benar bersih, tutup kembali cover printer. Jika sebelumnya anda melepas catridge jangan lupa untuk memasangnya kembali sperti pada keadaan semula. Ingat, untuk printer merk canon, catridge warna ada pada sebelah kiri dan catridge ada pada sebelah kanan.

5. Test Hasil Print

Jika semua sudah selesai, silahkan coba memprint sebuah dokumen yang berisi garis atau tabel. Jika memang penyebab hasil cetakan tidak lurus atau putus-putus karena pita encoder yang kotor maka seharusnya hasil cetakan sudah baik. Namun jika cetakan masih memberikan hasil yang tidak memuaskan, anda perlu memperbaikinya menggunakan software bawaan.

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Printer Tidak Lurus dan Putus-Putus Menggunakan Software Bawaan Printer

Jika cara diatas belum memberikan hasil yang maksimal, anda perlu memperbaiki masalah tersebut menggunakan sofware bawan printer. Software tersebut sudah dilengkapi dengan menu maintanance jika sewaktu-waktu printer mengalami masalah pada hasil cetakan.

Baca Juga: Cara Reset Printer Epson L1300 Dengan Epson Resetter

Caranya:

1. Sambungkan Printer ke Komputer/Laptop

Seperti biasanya ketika ingin memprint, pastikan komputer atau laptop masih tersebung melalui kabel konektor printer (USB).

2. Buka Software Printer

Melalui control panel anda bisa mengakses sotware printer sesuai dengan merk dan seri yang anda gunakan. Selain itu, sotware tersebut bisa anda akses dengan mudah melalui start menu pada windows.

3. Gunakan Menu Maintanance

Jika sudah membuka software tersebut, anda bisa membuka menu maintanance melalui menu printing preferences. Pada bagian maintanance pilih/tekan tombol Print Head Alignment. Printer akan mecetak hasil print dengan nilai head alignment.

4. Masukan Hasil Cetak yang Paling Bagus

Hasil dari cetakan itu terdapat beberapa pilihan angka dan contoh garis. Anda harus memilih angka terbaik dan selanjutnya masukkan angka yang kamu pilih pada kolom yang telah disediakan.

Itulah cara mengatasi hasil cetakan printer yang tidak lurus atau putus-putus. Pada beberapa kasus dan merek printer cara ini cukup ampuh mengatasi masalah tersebut. Namun jika semua cara diatas sudah dilakukan berulangkali namun tetap tidak memberikan hasil, pertimbangkan untuk segera mengganti catridge yang lebih baru.

Cakra Bumi
Cakra Bumihttps://www.bumianoa.com
Spesialis penulis tutorial Internet dan Teknologi yang paling sering dicari oleh khalayak ramai, terutama hp dan aplikasi Android. Mulai dari masalah HP, masalah aplikasi, tips dan trik, game mobile, gadget dan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

WAJIB DIBACA