Logo Kalo Sara Telenga Saramami Adat Tolaki

0
Logo Kalo Sara Telenga Saramami Adat Tolaki

Kali ini saya coba berbagi Logo Kalo Sara Adat Tolaki, Sepertinya Logo Kalo Sara ini jarang sekali di google, sehingga menyusahkan kita ketika ingin membuat undangan pernikahan versi adat suku Tolaki Sulawesi Tenggara. Untung saja kalau logo tersebut sudah kita punya sebelumnya, tetapi kalau belum ada tentunya ini sangat menyusahkan kita. Oke sebelum itu ada baiknya kita ulas sedikit tentang suku tolaki di Sulawesi Tenggara.

Tolaki adalah salah satu suku yang ada di Sulawesi Tenggara mendiami daerah yang berada di sekitar kabupaten Kendari dan Konawe. Suku Tolaki berasal dari kerajaan Konawe. Dahulu, masyarakat Tolaki umumnya merupakan masyarakat nomaden yang handal, hidup dari hasil berburu dan meramu yang dilaksanakan secara gotong-royong.

Hal ini ditandai dengan bukti sejarah dalam bentuk kebudayaan memakan sagu (sinonggi/papeda), yang hingga kini belum dibudidayakan atau dengan kata lain masih diperoleh asli dari alam.

Raja Konawe yang terkenal adalah Haluoleo (delapan hari). Masyarakat Kendari percaya bahwa garis keturunan mereka berasal dari daerah Yunan Selatan yang sudah berasimilasi dengan penduduk setempat, walaupun sampai saat ini belum ada penelitian atau penelusuran ilmiah tentang hal tersebut.

Kini masyarakat Tolaki umumnya hidup berladang dan bersawah, maka ketergantungan terhadap air sangat penting untuk kelangsungan pertanian mereka. untunglah mereka memiliki sungai terbesar dan terpanjang di provinsi ini. Sungai ini dinamai sungai Konawe. yang membelah daerah ini dari barat ke selatan menuju Selat Kendari.

Di bidang kebudayaan, terdapat budaya Kalo Sara Hukum Adat yang menjadi pedoman bertingkah-laku anggota masyarakat Tolaki kuno hingga generasinya saat ini. Barangsiapa yang tidak mematuhi hukum adat tersebut dipercaya akan mendapatkan kutukan. Juga, dapat disaksikan pementasan sakral budaya Tarian Lulo.

Tarian ini bisanya digunakan untuk penyembahan pada dewa dan leluhur dan orang tua atau raja yang sudah meninggal. Selain itu, masyarakat Tolaki di kerajaan Padangguni yang masih tradisional itu menguasai ilmu meteorologi dan geofisika (Matanggawe), perhitungan waktu (Bilangari), dan seni bangunan.

Nah berikut ini Logo Kalo Sara Telenga Saramami adat Suku Tolaki.

Logo Kalo Sara Adat Tolaki

Namun jika logo tersebut digunakan untuk menggunakan undangan, logo kalo sara tersebut seringkali dibubuhi kata “Telenga Saramami” seperti gambar berikut.

logo kalosara Telenga Saramami

Nah itulah Logo Kalo Sara Adat Tolaki, semoga bisa membantu. Salam Tolaki..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here