Menampilkan bisnis di Google adalah cara membuat bisnis semakin maju. Mengapa, Karena google bisnis akan menampilkan bisnis di google melalui hasil pencarian. Hal ini tentu lebih memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis anda.

Google menyediakan layanan gratis bagi siapa saja yang ingin menampilkan bisnisnya di google pencarian. Keunggulan layanan ini karena google bisnisku terhubung langsung dengan Google Maps yang akan menampilkan lokasi bisnis anda.

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini membuat para pebisnis berlomba-lomba untuk menambahkan bisnis mereka di google dan mempromosikan bisnis mereka secara online. Promosi online tentu memiliki jangkauan yang lebih luas dengan menyasar semua pelanggan.

Untuk melakukan promosi online, Google adalah layanan yang tepat untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Bukan tanpa alasan, berdasarkan data dari sumber terpercaya, diketahui jumlah penelusuran di google pertahun mencapai 2 milyar dari seluruh dunia. Angka yang sangat fantastis mengingat google adalah situs pencari yang sangat populer.

Data ini tentunya sangat berharga bagi para pebisnis. Melihat jumlah penelusuran di google yang sangat tinggi maka menambahkan bisnis di Google akan menjadi media promosi yang sangat berpotensi menjaring konsumen.

Lalu bagaimana caranya agar bisnis kecil yang kita kelola bisa tampil di halaman mesin pencari Google? Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan, salah satu cara paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan layanan Google Bisnisku (Google My Business). Dengan menggunakan layanan ini, otomatis anda sudah menambahkan bisnis anda di google.

Apa Itu Google Bisnis (Google My Business )?

Google Bisnisku atau Google My Business adalah layanan gratis dari Google untuk para pelaku bisnis maupun organisasi agar dapat menampilkan informasi bisnis mereka secara online yang terhubung langsung dengan beberapa layanan Google, seperti Google Penelusuran dan Google Maps.

Dibawah ini adalah tampilan bisnis dari situs Bumianoa.com.

tampilan-google-bisnis
Tampilan Google Bisnis Bumiaanoa.com

Melihat penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa dengan menggunakan layanan google bisnisku maka para pebisnis juga akan mendapatkan layanan secara otomatis dari Google Penelusuran dan Google Maps.

tampilan-google-bisnis-di-google-maps
Tampilan Google Bisnis di Google Maps

Keunggulan Layanan Google Bisnis (Google My Business)

Google bisnisku hadir dengan banyak keunggulan. Layanan google ini sepenuhnya dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin menampilkan bisnisnya di google.

Ada beberapa keunggulan google bisnisku:

1. Layanan Google Bisnisku Gratis

Layanan Google bisnisku hadir memberikan layanan untuk para pebisnis dengan sepenuhnya gratis. Fitur gratis ini sudah termasuk fitur-fitur hebat didalamnya. Anda tinggal memaksimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut tanpa harus memikirkan biaya berlangganan aplikasi.

2. Memudahkan Konsumen Menemukan Alamat Bisnis Anda

Akun Google bisnisku akan menampilkan informasi bisnis anda di hasil Pencarian Google dan Goole Maps jika sudah terverifikasi. Fitur ini akan lebih memudahkan pengguna menemukan bisnis anda dan produk apa yang anda jual. Begitu juga jika ada produk terbaru ataupun penawaran harga akan sangat mudah pelanggan temukan dari hasil pencerian google.

3. Tampilan Lebih Baik di Google Search

Akun Google bisnisku sudah terintegrasi langsung dengan google penelusuran. Jika informasi bisnis anda sudah tampil di google, maka jangan kaget karena tampilan informasi bisnis anda akan lebih baik. Pada hasil penelusuran, informasi anda akan muncul pada sisi sebelah kanan hasil pencarian dengan informasi yang lengkap yan dibutuhkan pelanggan termasuk. Tampilan tersebut juga akan memuat seberapa banyak pelanggan yang mengulas bisnis anda dengan tampilan rating.

4. Google Bisnisku Menampilkan Informasi yang Berguna bagi Pelanggan

Akun Google bisnisku akan menampilkan informasi yang berguna seperti Alamat bisnis anda yang terhubung langsung dengan google maps untuk mengarahkan pelanggan ke tempat bisnis anda. Selain itu, informasi jam buka, ulasan, produk terbaru, penawaran harga, promo di google pencarian. Hal ini tentu akan lebih mendekatkan bisnis anda kepada pelanggan. Pelanggan akan mudah menemukan informasi anda dan lebih mudah lagi untuk bertransaksi.

5. Menampilkan Fasilitas Insight

Google bisnisku dilengkapi dengan fasilitas insight untuk menganalisa karakter pelanggan. Banyak informasi berharga yang dapat anda peroleh dari fitur insight antara lain:

  • Cara pelanggan menelusuri bisnis Anda
  • Kueri yang digunakan untuk menemukan bisnis Anda
  • Tempat pelanggan melihat bisnis Anda di Google
  • Tindakan pelanggan
  • Permintaan petunjuk arah
  • Jumlah Panggilan telepon dari pelanggan
  • Tampilan foto dari pelanggan anda
  • Jumlah foto yang di tampilkan oleh pelanggan anda

6. Fitur Ulasan (Review)

Google bisnis dilengkapi dengan fitur ulasan pelanggan yang bisa menjadi barometer tingkat kepuasan pelangan pada bisnis anda. Anda dengan mudah bisa langsung menanggapi ulasan pelanggan ataupun menghapus ulasan yang tidak sesuai dengan kebijakan google.

 Ulasan pelanggan google bisnisku

7. Bisa Diakses dengan Smartphone

Sebagai layanan google, google bisniku juga bisa diakses dengan smartphone dengan menginstall aplikasi Google Bisnisku melalui Play Store:

Google My Business
Google My Business
Developer: Google LLC
Price: Free

ataupun bisa juga anda install melalui App Store:

Google My Business
Google My Business
Developer: Google LLC
Price: Free

Nah jika diatas sudah dibahas beberapa keunggulan google bisnisku, maka selanjutnya adalah bagaimana cara menampilkan Bisnis anda di Google dengan aplikasi Google Bisnisku (Google My Business).

Cara Menampilkan Bisnis Di Google Penelusuran dan Google Maps

Untuk menampilkan bisnis di google penelusuran dan google maps, adan perlu menerapakan cara membuat google bisnis berikut ini.

1. Buka aplikasi Google Bisnis

Langkah pertama, siapkan akun gmail anda dan kunjungi halaman Google Bisnis di business.google.com. Jika anda belum login, klik mulai.

2. Cari dan kelola bisnis Anda

Jika anda baru menggunakan google bisnis, anda akan langsung dihadapkan pada halaman Cari dan kelola bisnis Anda. Pada tahap ini, silahkan masukkan nama bisnis anda dengan lengkap. Contoh, Rumah Makan Putri. Jika sudah jelas dan lengkap, klik berikutnya.

nama-bisnis

Google akan memperjelas status bisnis anda dengan pertanyaan Apakah Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor? Pilih YA.

google-bisnis

3. Masukkan Informasi Alamat Bisnis Anda

Lengkapi informasi alamat bisnis anda dengan jelas dan detail. Hal ini akan berguna untuk dua hal yaitu, pertama sebagai alamat tujuan google mengirimi anda surat yang berisi kode verifikasi bisnis, dan kedua sebagai alamat bisnis yang akan tampil di google untuk informasi kepada pelanggan ada.

Jika sudah melengkapi format isian alamat diatas, pastikan lagi alamat bisnis anda menggunakan google maps agar lebih jelas dan detail.

lokasi-bisnis-google-maps

4. Lengkapi Informasi Area Layanan Bisnis Anda

Jika alamat sudah jelas, sekarang lengkapi area layanan bisnis anda. Jika anda juga melayani pelanggan diluar lokasi anda, pilih ya. Kemudian anda harus mengisi area layanan bisnis anda. Misalnya jika bisnis anda berlokasi di Jakarta, anda bisa menambahkan daerah mana saja yang bisa anda jangkau dengan pengiriman. Jika online shopping maka sebaiknya pilih jangkauan se-Indonesia.

area-layanan-bisnis-Anda
area-layanan-google-bisnis

5. Tambahkan Kategori Bisnis Anda

Informasi kategori Bisnis akan membantu pelanggan menemukan bisnis anda jika mereka sedang mencari bisnis seperti milik Anda. Kategori digunakan untuk mendeskripsikan bisnis dan menghubungkan Anda dengan pelanggan yang menelusuri layanan yang Anda tawarkan. Misalnya, jika kategori utama Anda adalah “Restoran pizza”, Google akan menampilkan bisnis Anda di hasil penelusuran lokal untuk orang-orang yang menelusuri “Restoran”, “Restoran Italia”, atau “Pizza” di wilayahnya. Perlu diingat bahwa kategori Anda hanya salah satu dari banyak faktor yang dapat memengaruhi peringkat lokal di Google.

kategori-bisnis

6. Lengkapi Informasi Kontak Bisnis Anda

Informasi kontak bisnis akan membantu pelanggan dengan mudah menemukan bisnis anda. Meskipun ini hanya (opsional) namun informasi ini sangatlah penting. Selain nomor kontak, tambahkan juga alamat situs anda untuk mengarahkan pelanggan mengekplor bisnis anda.

informasi-kontak-bisnis

Jika sudah selesai, klik berikutnya dan informasi penyelesaian akan akan muncul.

Nah sampai disini informasi cara membuat google bisnis dan bisnis anda sudah masuk pada akun google bisnisku. Selanjutnya masuk pada tahap verifikasi bisnis anda. Google Bisnis akan mengirimkan anda surat yang berisi kode verifikasi Bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here